29/07/2017

Bisakah QR kode WhatsApp disimpan dipakai Login ulang?

Setelah sebelumnya admin pernah membahas tentang cara mengakses QR Code untuk masuk ke aplikasi WhatsApp versi Web maupun Versi PC, Kini admin akan menjawab pertanyaan yang banyak dilontarkan teman saya yaitu apakah bisa kita menyimpan BarCode atau QR Code WA untuk digunakan di waktu yang lain tanpa harus melakukan scan ulang?, Unutk menjawab pertanyaan itu admin sendiri telah membuat uji coba dan mau tahu hasilnya gimana?, simak terus ulasannya di bawah ini.

Bisakah QR kode WhatsApp disimpan dipakai Login ulang?

Bila anda sudah familiar dengan aplikasi WhatsApp (WA) yang ada di Browser Chrome (Versi Web) dan juga versi installer PC pastinya juga sudah bisa melakukan scan code QR yang tampak di layar PC melalui antarmuka aplikasi whatsApp.

Bila anda perhatikan, di setiap Code QR yang tampil di WhatsApp akan selalu berubah per sekian menit. Tadinya admin ingin melakukan riset apakah bisa Barkode tersebut dipotret atau disimpan menjadi sebuah image yang di kemudian waktu bisa digunakan kembali tanpa harus melakukan scan QR dari tampilan yang ada di layar Komputer.

Setelah admin ambil gambar kode QR tersebut dan saya coba buka kembali WhatsApp web namun dengan menggunakan Barcode dari image yang tadinya saya simpan ternyata apa yang terjadi?, saya tidak bisa masuk dan ada peringatan di layar ponsel agar masuk dari halaman web dan melakukan scan QR code dari halaman tersebut.

Baca juga :
Cara Membuka 1 Akun WhatsApp di beberapa PC
> Cara menjalankan WhatsApp web dari Chrome android

Jadi intinya kita tidak akan bisa masuk dengan menggunakan QR kode WA yang kita simpan karena setiap menit kode tersebut akan berubah. Hal tersebut demi menjaga keamanan akun dari para pengintip ataupun orang yang suka usil ingin mengakses akun WA kita tanpa permisi.



Bisakah masuk ke dua aplikasi sekaligus dalam satu waktu dalam satu perangkat PC?, misalnya kita punya browser chrome untuk akses whatsapp web dan juga sudah menginstall versi WA untuk Windows di PC?, Jawabannya adalah tetap tidak bisa untuk membuka keduanya secara bersamaan.

Bila anda sudah pernah memasang WA di PC namun juga ingin mengakses akun dari browser Chrome maka salah satunya harus keluar dahulu untuk memberi akses aplikasi lainnya. Keduanya masih tetap bisa berjalan tanpa melakukan scanner QR code lagi asal ketika waktu pertama login sudah memberi centang opsi 'keep me signed in'.

Kesimpulan dari sedikit ulasan pengalaman admin ketika menympan file gambar QR Code dan ingin menggunakan kembali kode tersebut ternyata tidak bisa sama sekali. WA menjamin keamanan setiap penggunanya untuk mengakses akun dari perangkat Komputer manapun asal saling bergantian tidak ddalam waktu bersamaan melakukan akses di satu akun WA.

Semoga sedikit ulasan admin diatas bisa bermanfaat untuk pembaca DetikInfo yang sudah menggunakan aplikasi WhatsApp, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon