30/07/2017

Cara menjalankan WhatsApp Web dari Chrome Android

Dari beberapa artikel sebelumnya admin telah membahas tentang seluk beluk whatsApp versi Web dan juga yang installer untuk PC Windows. Ada teman admin yang bertanya, apakah bisa WA web dijalankan melalui browser chrome di HP Android?, mengapa sewaktu mengakses dari browser smartphone walau alamatnya sudah benar namun tidak tampil QR Code layaknya di PC?. Sebenarnya bisa lho kalau tahu caranya, yuk simak ulasan tips menjalankan aplikasi WA dari peramban chrome android di bawah ini.

Cara menjalankan WhatsApp Web dari Chrome Android

Penggunaan browser di PC dengan di smartphone memang berbeda antarmukanya, Hal tersebut dikarenakan adanya dimensi layar yang jauh berbeda diantara kedua perangkat tersebut.

Ketika kita membuka suatu alamat situs dari browser yang terinstall di komputer tentunya semua menu seperti side bar (tampilan kolom samping) dari isi situs tersebut akan terlihat dan dengan mudah satu sorotan mata pengunjung bisa melihat beberapa kolom tanpa harus melakukan scroll kebawah terlalu banyak.

Beda dengan versi PC, Browser yang dijalankan di sebuah smartphone akan menampilkan suatau halaman situs dengan versi Mobile yaitu dimensi panjang dan lebar view halaman akan disesuaikan menurut tingkat pengaturan si pembuat situs masing-masing. Setiap kolom dan tab harus dijelajahi dengan sedikit usaha melalui scroll vertikal sehingga terlihat memanjang kebawah. Bahasa keren untuk situs yang bisa berjalan secara mobile friendly adalah responsif.

Baca:
Cara membuka 1 akun WhatsApp di beberapa Komputer
Cara Melihat QR Code WhatsApp

Nah, berkaitan dengan tampilan mobile dan tampilan model desktop PC itulah yang menyebabkan ketika anda membuka browser Chrome untuk mengakses akun WhatsApp versi Web tidak akan tampak di layar.

Bukan anda yang salah mengetikkan alamat situsnya namun memang pihak pembuat situs, yang dalam hal ini pihak whatsApp (google) memang tidak mengijinkan QR Code tampil pada versi Mobile.

Cara Akses WhatsApp Web dari browser Android


Lalu bagaimana jalan keluarnya agar kita dapat melakukan akses whatsApp dari browser chrome di ponsel android?, tenang saja, mudah sekali caranya, simak tips singkatnya di bawah ini.



1. Persiapkan Ponsel android yang sudah terpasang aplikasi google chrome. Bila belum punya silahkan download dari play store.

2. Buka browser chrome lalu masuk ke situs WA versi web yaitu di https://web.whatsapp.com

pengaturan pemilihan situs desktop di browser

3. Ketika mengakses situs tersebut andda tentu tidak akan mendapati tampilan layaknya di layar komputer dan juga QR Code tidak tampak si layar. Apa yang harus dilakukan? simak kelanjutannya di nomor 4 bawah ini..hehe

4. Silahkan masuk ke opsi menu di browser chrome, letaknya pada pojok kanan atas sendiri kemudian pilih (centang) opsi 'ubah situs desktop'

tampilan Whatsapp web di browser android

5. seketika itu pula browser akan otomatis malakukan refresh halaman dan akan muncul situs WhatsApp web persis seperti di tampilan PC, anda tinggal memperbesar dan mengecilkan halaman dengan cara mencubit layar agar QR Code tampak jelas dan siap untuk di pindai.

Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan pemindaian QR Code di layar tersebut? kan akunnya juga ada i ponsel itu beserta kamera pemindainya?

Jawabannya tentu anda harus menggunakan ponsel lain untuk masuk ke akun tersebut. Misalnya anda punya 2 ponsel android, yang satu berisi aplikasi WhatsApp yang setiap hari anda gunakan, lalu ponsel yag satunya itulah yang digunakan untuk mengakses akun WA dari versi web melalui browser chrome.

Jadi kesimpulannya ponsel anda yang satunya menggunakan WA berupa aplikasi dan ponsel satunya lagi bisa menjalankan akun WA anda menggunakan browser chrome. Nantinya ketika anda lupa tidak membawa salah satu ponsel ketika berpergian akan ada penggantinya untuk mengakses WhatsApp dari ponsel yang satunya lagi, mudah sekali bukan?

1 komentar

Walah kalau nomor hpnya uda ilang gimana? Kan jadi gak bisa login dari hp lain piye masukin kode verifikasi


Emoticon Emoticon