08/01/2019

Penyebab Beli Kartu Perdana Baru Tidak Bisa dipakai WhatsApp

Ada sebagian pengguna Smartphone yang mengalami tidak bisa mengaktifkan Akun WA (WhatsApp) setelah membeli SIM Card atau kartu perdana baru. Sebenarnya apa yang terjadi dan bagaimana solusinya?

Gagal install WhatsApp kartu SIM baru

Sebenarnya ada beberapa penyebab aktifasi nomor Sim card tidak dapat digunakan untuk WA, seperti nomor HP Sudah digunakan dan masih aktif untuk aplikasi WhatsApp, masalah aplikasinya sendiri atau saat itu koneksi internet tidak stabil atau terputus.

Namun permasalahan menjadi lain kalau koneksi internet di smartphone sudah bagus, aplikasi WhatsApp-nya juga baru saja meng-install dan kartu Perdana baru saja membeli dari Konter.

Penyebab Nomor SIM Card tidak dapat Daftar WhatsApp


Seperti diketahui, bahwasanya setiap pemilik nomor selular dari produk provider seperti Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan lainnya mempunyai masa aktif dalam durasi yang telah ditentukan oleh masing-masing layanan.

Saat ada seseorang yang Nomor Selularnya sudah tidak aktif dan melebihi masa tenggang, tentunya semua layanan akan dihentikan oleh provider.

Disaat itulah, ketika SIM Card tidak aktif atau sudah kadaluarsa dalam kurun waktu 4 sampai 6 Bulan maka pihak provider akan menjual Ulang Nomor selular tersebut.
Baca Juga tips WA berikut:


Lalu apa hubungannya dengan problem diatas ?

Kala kita beli Nomor perdana yang baru, lalu ingin digunakan mendaftar WhatsApp dan ternyata tidak bisa dilakukan, maka besar kemungkinan nomor yang kita beli tersebut masih digunakan oleh akun WA lain. Lho kok bisa ?

Logikanya begini, Disaat seseorang mendaftar WA menggunakan nomor telepon dan belum menghapus akun miliknya, meskipun nomor yang digunakan untuk membuat akun WA tersebut sudah tidak digunakan lagi atau kadaluarsa, tetap saja WhatsApp di ponsel pemiliknya akan tetap bisa digunakan.

Kecuali disaat orang tersebut sudah mereset ulang smartphone miliknya atau menginstall ulang whatsApp dari ponselnya. Disaat itulah ketika ingin mengaktifkan kembali akun harus melalui prosedur keamanan yakni verifikasi nomor yang akan dikirimi oleh pihak WhatsApp berupa deretan kode yang harus dimasukkan.




Nah, saat anda mengalami permasalahan beli kartu SIM selular namun tidak bisa digunakan WA, ada kemungkinan nomor tersebut masih digunakan orang lain untuk menjalankan WhatsApp.

Lalu bagaimana solusinya ?

Salah satu solusinya adalah menunggu orang pertama yang dulunya pemilik nomor yang anda beli tersebut mencopot akun WA miliknya, mereset ponselnya atau berganti smartphone.

Disaat itulah pemilik nomor lama yang sudah anda beli tidak akan bisa lagi mendaftar ke WhatsApp karena verifikasinya dari nomor yang sudah anda pegang saat ini.

Bisa juga anda memberitahukan ke orang tersebut, bisa melalui SMS atau telpon langsung, bicara saja kalau nomor tersebut adalah milik anda dan ingin digunakan untuk mendaftar akun WhatsApp.

Tentunya tidak mudah memang untuk kasus yang satu ini, hanya saja kita tidak akan pernah tahu apakah Kartu perdana yang kita beli bekas milik orang lain ataukah masih fresh belum ada pemilik sebelumnya.

Semoga jawaban atas permasalahan kartu perdana baru nomornya tidak dapat digunakan untuk mendaftar aplikasi WhatsApp bisa bermanfaat. Kalaupun pembaca ada solusi lain yang berhasil, silahkan share melalui kolom komentar di bawah ya.


Emoticon Emoticon