12/10/2017

Agar Berat Badan Kembali Ideal Pasca Melahirkan, Baca Tips Berikut ini!

DetikInfo.com - Membuat Berat Badan kembali ideal setelah melahirkan. Sebagian besar wanita akan merasa was-was dengan berat badan mereka setelah melahirkan. Ketakutan akan bertambahnya berat badan membuat para ibu ini mencari cara untuk menurunkan berat badan mereka dan membuatnya kembali ideal. Nah, agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

Agar Berat Badan Kembali Ideal Pasca Melahirkan

Selain merasa tidak PeDe terhadap berat badan yang meningkat pasca melahirkan, Biasanya para Ibu juga merasa perlu untuk menjaga penampilan dihadapan suami tercinta supaya tampil lebih cantik dan tidak terlalu mencolok kelebihan berat badan yang naik secara drastis.

Untuk itu bagi para Ibu yang beru saja melahirkan putra-putrinya dan merasa berat badan meningkat secara drastis, perlu beberapa tips kesehatan yang bisa mengembalikan bentuk dan berat bedan agar terlihat ideal kembali.

Tips agar Berat Badan Kembali Ideal Pasca Melahirkan


1. Minum air putih

Seperti yang kita tahu bahwa air putih memiliki banyak manfaat. Hal ini berlaku untuk Anda yang sedang menyusui, tubuh Anda memerlukan lebih banyak cairan daripada biasanya. Dan apabila Anda kekurangan cairan maka akan mengakibatkan dehidrasi, yang memperlambat pembakaran kalori dalam tubuh. Jadi, pastikan setidaknya Anda minum satu gelas air putih setelah menyusui sang bayi.

Baca Juga


2. Tidak usah diet berlebihan

Diet yang berlebihan dikhawatirkan akan mempengaruhi ASI yang akan Anda berikan kepada bayi, maka lebih baik hindari cara yang satu ini untuk membuat tubuh Anda kembali ideal. Daripada diet, lebih baik Anda menghindari makanan yang penuh dengan lemak dan gula tetapi tidak memiliki nutrisi yang cukup. Seperti kue, minuman manis, maupun minuman yang mengandung soda. Serta tetap aturlah pola makan Anda.

3. Bergeraklah atau olahraga



Tidak perlu olahraga yang berlebihan, cukup ajak bayi Anda jalan-jalan dengan stroller mengililingi taman atau komplek untuk mencari udara segar. Hal ini juga dapat menghindari Anda dari stres pasca melahirkan, namun sebelumnya Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, kapan saatnya Anda diperbolehkan untuk berolahraga.

4. Sebaiknya makan hanya dengan porsi kecil, namun sering

Selama menyusui Anda akan membutuhkan lebih banyak nutrisi, pilihlah makanan sehat dengan porsi kecil tetapi dengan durasi yang sering. Dan jangan lupakan jam waktu makan Anda. Jika Anda melewati jam makan, besar kemungkinan Anda akan merasa lapar dan memilih makanan yang malah mengandung lemak tinggi.

Faktanya ketika Anda lapar, proses pembakaran kalori yang terdapat pada tubuh Anda akan menjadi lebih lambat.

5. Hindari cemilan yang tidak sehat

Pilihlah cemilan seperti buah segar atau sereal tanpa pemanis. Menghindari cemilan yang tidak sehat adalah upaya agar berat badan kembali ideal pasca melahirkan. Cobalah untuk tidak memakan keripik, soda, dan makanan yang mengandung kalori tinggi tetapi tidak memiliki nutrisi yang cukup. 

6. Rajin menyusui sang bayi

Wajib bagi Anda sebagai seorang ibu untuk menyusui sang bayi, ditambah lagi sebagian besar wanita sudah membuktikan bahwa dengan menyusui dapat mengembalikan berat badan ideal mereka. Selama Anda memberikan ASI eksklusif untuk bayi, maka sudah terjadi pengurangan timbunan lemak dalam tubuh.

7. Tidur atau istirahat yang cukup 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu yang hanya tidur selama kurang dari lima jam dalam sehari menunjukkan bahwa mereka memiliki peluang kenaikan berat badan dibandingkan dengan ibu yang memiliki waktu tidur yang cukup (yakni selama 7 jam sehari). Maka dapat disimpulkan, jika Anda kurang tidur, maka berat badan Anda akan naik.

Mulailah untuk mengatur jadwal tidur bayi Anda, karena jika segala sesuatu dilakukan dengan teratur itu akan lebih memudahkan Anda.

Demikianlah beberapa tips untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal Anda pasca melahirkan. Jangan sampai Anda fokus menurunkan berat badan dan mengabaikan sang buah hati, ya. Tetap jadikan bayi Anda prioritas utama. Selamat mencoba.


Emoticon Emoticon