16/10/2017

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba yang Sebaiknya Anda Pahami

DetikInfo.com - Apa Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba?. Saat ini banyak sekali perusahaan yang mengembankan bisnisnya dengan sistem waralaba. Seperti yang kita tahu, sistem ini mengijinkan pemilik modal untuk bisa ikut mendirikan usaha dengan manajemen dan merk dagang sesuai yang sudah disiapkan perusahaan induk. Kita bisa lihat mulai dari minimarket, restoran, hingga usaha minuman pinggir jalan, telah banyak yang menggunakan sistem waralaba ini. 

apakah Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Waralaba/francise?

Nah, jika Anda tertarik untuk bergabung dengan bisnis waralaba, ada baiknya Anda mengenali dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Keuntungan Bisnis Sistem Waralaba


Baca Juga


Jika Anda masuk dalam sebuah jaringan bisnis waralaba, maka setidaknya Anda akan diuntungkan dalam beberapa hal. Apa sajakah itu? 

1. Brand Sudah Terkenal

Jika Anda tak punya skill apapun dalam membangun bisnis mulai dari nol dan tak tahu akan berbisnis dalam bidang apa, namun Anda memiliki modal yang cukup, maka waralaba adalah pilihan yang tepat.

Bisnis waralaba ini umumnya sudah memiliki brand dengan reputasi terkenal di tengah masyarakat. Dengan terkenalnya sebuah brand ini, proses pemasaran pun akan semakin mudah. Masyarakat yang sudah percaya dengan brand tersebut pun akan menjadi konsumen potensial dan pelanggan Anda. 

2. Manajemen Bisnis Sudah Bagus

Sebuah bisnis waralaba biasanya tak dibangun dalam waktu yang singkat. Selain itu, bisnis waralaba ini umumnya sudah memiliki sistem manajemen yang bagus dan profesional. Jika Anda bergabung dengan salah satu cabangnya, maka semua sistem manajemen akan langsung dihandle oleh pusat. Hal ini tentunya semakin memudahkan Anda yang tak memiliki kemampuan dan keahlian manajemen bisnis apapun. 

3. Keuntungan yang Mungkin Lebih Besar

Bisnis waralaba memang terlihat besar dan sukses dari luar. Sehingga orag awam akan menganggapnya memiliki keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain. Tapi Anda perlu mengerti bahwa keuntungan bisnis waralaba ini harus dibagi antara Anda dan pihak pemegang brand dengan besaran yang telah ditentukan. Selain itu, keuntungan juga harus dipotong dengan pajak, gaji karyawan, biaya operasional, dan biaya tak terduga. 

Kekurangan Bisnis Sistem Waralaba


Setelah kita membicarakan mengenai keuntungan bisnis waralaba seperti di atas, Anda juga wajib mempertimbangkan beberapa kekurangan dari bisnis ini. Nah, berikut ulasan selengkapnya:

1. Pembagian Keuntungan yang Tidak Seimbang



Meskipun Anda pemilik modal, tapi umumnya pembagian keuntungan jauh lebih besar diberikan kepada pihak waralaba. Ini harus menjadi pertimbangan Anda untuk menentukan kira-kira dalam berapa lama modal yang Anda setorkan bisa kembali. 

2. Mitra Waralaba Tak Punya Kendali dalam Bisnis


Karena semua urusan manajemen mulai dari hulu hingga hilir sudah diatur oleh pihak pusat, maka mitra waralaba tidak memiliki kendali penuh pada bisnis yang ia beli. 

Mitra waralaba sudah terikat dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pusat sejak pertama kali bergabung dengan bisnis ini. Jadi misalkan Anda suatu saat ingin mengadakan perombakan dan inovasi, Anda akan terbentur dengan peraturan tersebut. 

3. Terikat dengan Pemasok Tetap

Seorang pengusaha biasanya akan mencari pemasok barang yang menawarkan harga lebih murah, sehingga keuntungan yang didapatkan jauh lebih maksimal. Tapi berbeda dengan waralaba. Anda sudah terikat dengan pihak pemasok yang sebelumnya telah ditentukan oleh pusat waralaba. Anda sebagai mitra tidak bisa membeli atau memasok barang dari pihak lain. 

4. Mudah Terpengaruh Reputasi Waralaba Lain

Jika sebuah cabang waralaba memiliki reputasi baik, unit usaha waralaba Anda juga akan mendapatkan reputasi yan serupa. Tapi sebaliknya, jika satu unit usaha waralaba saja terkena reputasi buruk, maka Anda juga akan terdampak karena sama-sama memiliki 1 brand. 

5. Biaya Modal Waralaba

Bisnis waralaba selalu menarik fee kepada mitra mereka dan semakin besar waralaba tersebut, tentunya akan semakin besar modal yang Anda butuhkan untuk bergabung. Selain itu, biasanya pihak waralaba juga akan menarik biaya rutin untuk berbagai keperluan seperti pelatihan dan pembaharuan kontrak.

Bagaiamana sekarang sudah ada gambaran terkait bisnis waralaba? Nah, itulah informasi terkait keuntungan dan kelemahan bisnis waralaba yang idealnya Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk bergabung.


Emoticon Emoticon