10/03/2018

Mengatasi Sinyal Xiaomi Sering Naik Turun / Hilang

Tips mengatasi sinyal HP Xiaomi Lemah / Hilang - Kejadian menjengkelkan kalau sedang asik Main HP Xiaomi misal untuk berkirim pesan atau main internet tiba-tiba Terputus karen sinyal hilang ataupun tidak stabil, sinyal cenderung naik turun dan menjadikan koneksi data internet juga mengalami problem.

memperbaiki tangkapan sinyal HP XIAOMI

Beberapa penyebab hilangnya sinyal selular di HP Xiaomi bisa dilihat dari tanda di layar, tentunya sinyal dengan garis bar full semakin baik kualitas serta lancar untuk kebutuhan telepon, SMS maupun koneksi data internet via jaringan selular.

Penyebab Sinyal HP Xiaomi Hilang atau Naik Turun

Adapun beberapa penyebab timbulnya masalah tangkapan sinyal di HP Xiaomi bukan hanya karena masalah Hardware saja maupun sistem. Nah untuk lebih jelasnya apa saja penyebab Hilangnya tangkapan sinyal di HP Xiaomi bisa sobat simak berikut ini.

1. Jarak BTS atau antena Pemancar

Kalau perihal yang satu ini pastinya sangat penting sekali, mengingat semakin jauh tower BTS pemancar tentunya semakin kecil pula kesempatan Ponsel untuk menerima sinyal selular.

2. Sistem dan Hardware di Xiaomi error

Adanya kegagalan sistem di HP xiaomi juga bisa berakibat melemahnya tangkapan sinyal dari antena pemancar. Begitu pula kalau yang bermasalah sudah hardware-nya atau perangkat penangkap serta penguat sinyalnya tentu kinerja alat tersebut akan turun drastis kekuatan serta daya jangkaunya.

Baca Juga Tips Xiaomi berikut :

3. Perubahan pada pengaturan Jaringan

Mungkin anda secara tidak sengaja mengulik beberapa setelan yang ada di menu koneksi jaringan dan tanpa sadar mengubah mode jaringan tidak dalam mode otomatis, semisal anda hanya memilih mode 4G only, maka tangkapan sinyal akan terhenti dan sulit untuk dideteksi oleh sistem.

4. Pengaruh Cuaca

Adanya pengaruh cuaca yang ekstrem seperti Hujan lebat juga mempengaruhi kekuatan tangkapan sinyal di smartphone Xiaomi sobat.

5. Masalah firmware

Firmware di HP xiaomi yang sedang mengalami masalah juga berakibat hilangnya sinyal. Banyak kejadian melakukan upgrade dengan ROM yang tidak direkomendasikan juga bisa berakibat pada jaringan sinyal di ponsel.

6. Sinyal Provider sedang Down

Sudah biasa terjadi untuk performa yang lebih baik dan perawatan antena BTS diperlukan service berkala, untuk itulah terkadang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tiba-tiba sinyal di HP xiaomi sobat hilang dan ternyata bila di cek di ponsel tipe lain dengan kartu provider yang sama juga demikian adanya. Jadi kalau hal tersebut terjadi bukan di ponsel anda saja bisa karena adanya maintenance oleh pihak provider di area BTS sekitar sobat.

Cara mengatasi Sinyal Xiaomi Naik-turun / Hilang

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan ketika mendapati ponsel Xiaomi kehilangan daya tangkap sinyal atau bahkan tanda sinyal di layar hilang sama sekali, mari simak tips berikut ini:

1. Refresh dengan Mode pesawat

Untuk pertama kali dalam mengecek apakah tangkapan sinyal bagus atau tidak dengan melakukan refresh jaringan tanpa merestrt ponsel.

Caranya coba aktifkan mode terbang (plane mode), setelah seluruh jaringan terputus, silahkan nonaktifkan kembal mode terbang dan tunggu ponsel anda mendeteksi sinyal.

Cara ini sangat jitu untuk melakukan refresh kondisi dan kekuatasn sinyal di ponsel android apapun itu mereknya.

2. Restar HP Xiaomi

Bilamana anda tidak ingin memakai mode pesawat dan memastikan sistem juga fresh, silahkan matikan dan muat ulang ponsel anda.

Dengan cara merestart sistem dan menyalakannnya kembali bisa membuat beban RAM dan sistem di HP Xiaomi semakin ringan sehingga diharap proses tangkapan sinyal juga semakin baik.

3. Ganti Mode jaringan

Silahkan pastikan pengaturan koneksi jaringan di HP xiaomi anda sudah benar dengan settingan Otomatis. Silahkan cek ke pengaturan > kemudian pilih Jaringan selular > Mode jaringan > pilih mode yang otomatis.

Jadi dengan tipe mode jaringan otomatis 4G/WCDMA/GSM nantinya apabila ada peralihan jangkauan sinyal dari provider HP xiaomi akan mengallihkan mode jaringannnya seccara otomatis.

4. Cari tempat terjangkau sinyal



Adapun tempat berdiam anda ketika memegang HP Xiaomi sangat berpengaruh pada daya tangkap sinyal dari antena pemancar. Misalnya anda berada di dalam gedung penuh dengan tembok beton akan lebih bagus mencoba mencari celah atau agak keluar area tersebut supaya kekuatan sinyal tangkapan menjadi lebih kuat.

5. Cek Sim Card

Bilamana anda memakai salah satu kartu dari provider tertentu misal anda pakai kartu Simpati dan tiba-tiba Sinyal di ponsel melemah atau bahkan hilang maka bandingkan dengan sinyal yang didapat teman didekat anda yang juga menggunakan kartu Simpati.

Apabila tangkapan sinyal ponsel teman anda bagus maka cobalah untuk melepas kartu dari HP xiaomi dan menancapkannya ke ponsel teman.

Bila ternyata di ponsel teman sinyal juga tidak ada bisa berarti kartu anda rusak dan bila sinyal bagus maka yang bermasalah adalah di ponsel Xiaomi anda.

6. Reset pengaturan Xiaomi

Bila semua langkah diatas sudah tidak mampu mengatasi masalah padahal anda juga dekat dengan antena pemancar, Opsi melakukan reset sistem (factory reset) HP Xiaomi adalah langkah yang bisa anda ambil.

7. Flashing HP Xiaomi

Dan apabila dengan mereset saja tidak menyelesaikan error sinyal di HP Xiaomi, maka jalan keluar terakhir adalah dengan melakukan flashing ulang firmware HP agar sistem kembali fresh dengan file yang baru.

8. Hardware service

Ketika reset dan flashing sudah dilakukan, kartu selular juga masih bagus dan jaringan antena pemancar selular juga tidak mengalami masalah maka ada kemungkinan besar komponen penangkap sinyal di ponsel xiaomi bermasalah. Silahkan bawa ke service center untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa tips cara mengatasi sinyal HP Xiaomi yang hilang maupun sering naik turun, semoga tutorial diatas bermanfaat untuk pengguna smartphone Xiaomi, terima kasih.


Emoticon Emoticon