13/04/2018

Cara Hapus Riwayat Tontonan di Aplikasi Youtube

Cara hapus histori tontonan dan penelusuran Youtube - Ketika kita menelusuri konten video di youtube secara default server dan aplikasi akan merekam riwayat penelusuran dan juga video yang baru saja kita tonton. Tentunya dengan adanya histori penelusuran tersebut nantinya juga akan berguna untuk mempersingkat waktu ketika kita mengetikkan kata pencarian di youtube.

Cara hapus histori tontonan dan penelusuran Youtube

Perlu diketahui, bahwasanya ada 2 jenis histori di youtube yang fungsinya saling berkaitan, dimana ada yang namanya riwayat penelusuran dan yang satunya bernama riwayat tontonan. pada keduanya bisa kita lihat efeknya ketika kita sudah pernah membuka youtube.

Fungsi Histori penelusuran yaitu riwayat yang tersimpan di server akun youtube milik kita yang mana tertaut dengan akun utama google, dimana riwayat penulisan kata kunci yang kita lakukan sejak awal mula melakukan penelusuran akan tersimpan dan bisa digunakan ulang tanpa mengetik lengkap keyword yang kita cari akan terlihat kata yang disarankan di kolom pencarian.

Jadi Histori pencarian di youtube ini bisa menelusuri apa saja kata kunci yang sudah kita input. Bahkan kalau mau iseng ingin tahu kebiasaan teman kita yang sering nonton youtube, pinjam saja ponselnya dan cari kata kunci yang biasa teman anda lakukan, pasti tahu apa saja yang sering dia Tonton..hehe

Baca Juga Artikel terkait berikut :

Dan untuk fungsi histori tontonan yaitu youtube akan secara otomatis melakukan index secara urut video apa saja yang pernah anda lihat. Baik riwayat penelusuran maupun riwayat tontonan tidak akan terhapus kecuali penggunannya melakukan penghapusan histori di akun miliknya.

Perlu diketahui pula, cara kerja canggih youtube dalam mengelola pencarian dan histori tontonan yang anda lakukan maka secara otomatis pula di beranda youtube ketika anda buka akan menampilkan video atau konten yang mirip dengan kategori penelusuran dan riwayat tontonan, Itulah canggihnya google.

Cara hapus riwayat tontonan dan penelusuran youtube


Tanpa perlu panjang lebar lagi penjelasannya yang malah bikin puyeng..hehe, mari langsung simak tips menghapus histori penelusuran dan tontonan di aplikasi youtube berikut ini:

1. Buka aplikasi youtube di smartphone anda

2. Kemudian masuk ke opsi menu akun, letaknya di bagian atas pojok kanan

Cara hapus riwayat tontonan dan penelusuran youtube

3. Selanjutnya pilih opsi Setelan >> Histori & Privasi

4. Pada halaman yang terbuka, bila kita ingin menghapus kedua histori maka bisa memilih secara bergantian opsi 'Hapus histori tontonan' dan juga 'Hapus histori pencarian'

hapus riwayat video youtube

Ketika kita menghapus data riwayat tontonan dan penelusuran, maka tidak youtube yang ada di smartphone milik kita saja yang terhapus riwayatnya, tapi di seluruh perangkat yang mempunyai akun google yang sama juga akan terhapus.

Suatu misal, anda punya satu Laptop dengan akun sama dengan yang digunakan di ponsel yang juga ada aplikasi youtube-nya, maka ketika kita menghapus histori di youtube ponsel nantinya ketika kita membuka youtube di laptop juga tidak akan menemukan riwayat tontonan/penelusurannya.

Nah, Dengan menghapus histori di youtube maka salah satu fungsinya untuk menjaga privasi agar orang lain tidak mudah menebak dan mengetahui apa yang sering kita lihat di youtube.

Itulah tips singkat dan mudah tentang cara menghapus riwayat penelusuran dan tontonan youtube di smartphone, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon