11/05/2018

Cara mengaktifkan Fingerprint Xiaomi semua tipe

Cara mengaktifkan Fitur Fingerprint HP Xiaomi - Untuk tipe smartphone Xiaomi yang sudah ada fitur pemindai sisk jarinya tentu sayang jika tidak digunakan. Apalagi langkah mengatur settingan Fingerprint mudah sekali dilakukan layaknya membuat kunci layar lainnya.

Cara mengaktifkan Fingerprint Xiaomi semua tipe

Kalau HP android yang belum mempunyai fitur pengaman berupa scan sidik jari, umumnya masih menggunakan pengunci layar berupa Pola, PIN ataupun menggunakan password.

Memakai PIN, Pola atau password ketika membuka layar di HP Xiaomi tentunya sangat merepotkan meskipun dari sisi keamanan memang sudah teruji sampai saat ini.

Namun Repotnya mengamankan akses membuka layar dengan metode tersebut kadang membuat sebagian pemilik HP android tidak sabar. Tentunya lebih mudah kalau screen lock hanya berbekal menempelkan sidik jari dan layar langsung terbuka.

Baca Juga Tips android berikut :

Ada sebagian pemilik HP Xiaomi yang bertanya, apakah ketika kunci layar menggunakan sidik jari nantinya bisa diakses juga melalui metode PIN, Password atau Pola yang dulu sudah disetting?

Tentu jawabannya bisa, Untuk kunci layar utama memang menggunakan 3 metode yakni memilih Pola, sandi atau PIN. Dan ketika fingerprint tidak bisa diakses di HP Xiaomi untuk membuka layar maka kita bisa unlock layar menggunakan kunci yang sudah dipersiapkan.

Jadi intinya, untuk berjaga-jaga ketika semisal jari tangan kotor dan tidak bisa membuka layar dengan metode scan sidik jari di HP Xiaomi, maka kita bisa menggunakan PIN, Pola atau kata sandi yang sudah diatur sebelumnya untuk membuka layar yang terkunci tersebut.

Adapun beberapa type HP Xiaomi yang sudah mensupport fitur scan sidik jari atau Fingerprint diantaranya sebagai berikut :

  • Xiaomi Redmi 4, Redmi 4 Prime, Redmi 4X Prime, Redmi Pro
  • Xiaomi Redmi Note 4, Redmi Note 4 Pro, Redmi 3X, Redmi 3S
  • Xiaomi Redmi 3S Prime, Redmi Note 3, Redmi Note 3 Pro
  • Xiaomi Mi Note 2, Mi Mix, Mi Max, Mi 4s , Mi 5, Mi 5s Plus, Dan tipe lainnya

Cara mengaktifkan Fingerprint HP Xiaomi

Untuk mengaktifkan dan mengatur fitur pemindai sidik jari di HP Xiaomi, admin akan memberikan tipsnya di bawah ini. catatan: untuk langkah-langkahnya di beberapa tipe Xiaomi mungkin ada sedikit perbedaan tata letak menunya, jadi bisa anda sesuaikan.

1. Silahkan buka menu setelan di HP xiaomi, kemudian masuk ke opsi 'Kunci layar dan sidik jari' dan Selanjutnya masuk ke opsi 'Tambah sidik Jari'.



2. Pada langkah ini, bila kita sudah pernah mengaktifkan kunci layar sebelumnya maka kita bisa langsung memasukkan kunci tersebut untuk masuk ke langkah pengaturan fingerprint.

3. Bila belum pernah menggunakan screenlock sama sekali, kita bisa memilih metode kunci layar Pola, PIN tau password terlebih dahulu agar nantinya bila scan sidik jari tidak berfungsi bisa dibuka layarnya dengan metode kunci yang sudah dipersiapkan.

Cara mengaktifkan Fingerprint HP Xiaomi

4. Nah, setelah membuat kunci layar, saatnya memindai sidik jari yang akan kita daftarkan ke sistem Xiaomi. Silahkan tempelkan jari seperti yang terlihat pada wizard yang ada di layar HP

scan sidik jari di hp xiaomi

5. Lakukan pemindaian sidik jari sampai ada centang Hijau yang berarti sidik jari sudah terekam di HP Xiaomi.

6. Lanjutkan dengan mengisi Nama sidik jari (terserah diisi apa, asal diinput namanya), kemudian klik tombol selesai

fitur pengunci layar fingerprint xiaomi

7. Setelah itu kita bisa melakukan setting penggunaan fingerprint tersebut untuk keperluan apa, dimana ada beberapa opsi yang bisa diaktifkan yakni:

  • Layar Kunci : artinya bila kita mengaktifkan opsi ini, nantinya kita bisa membuka layar hanya dengan menempelkan sidik jari yang sudah direkam ke scanner HP Xiaomi
  • Sandi Privasi : Fitur ini bila diaktifkan akan memberi proteksi ketika kita ingin mengakses kata sandi tertentu yang bersifat privasi
  • Kunci Aplikasi : Nah, untuk yang suka mengamankan aplikasi agar tidak bisa dibuka oleh orang lain ketika layar aktif, maka aktifkan opsi ini untuk mengunci aplikasi dengan metode fingerprint
  • Tambah sidik jari : maksudnya kita bisa mendaftarkan sidik jari tangan kita yang lain.

Lalu apakah bisa kita menggunakan sidik kari kaki?, meskipun pertanyaannya konyol namun ada saja yang mencoba membuat pengaman HP android miliknya menggunakan sidik jari yang ada di kaki.

Meskipun bisa mendaftarkan jari kaki untuk proses pemindaian fingerprint, namun banyak yang gagal karena rata-rata kontur sidik jari di kaki tidak sejelas yang ada di jari tangan.

Nah, itulah tips yang bisa admin bagikan kali ini tentang cara mengaktifkan dan mengatur fitur fingerprint di HP Xiaomi, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon