19/06/2018

Penyebab Baterai Android dicas lama penuh

Sebab baterai HP Android diisi lama penuh - Sebenarnya tidak hanya di HP Android saja, pengisian daya baterai di smartphone iPhone, Blackberry dan tipe lain bisa lama tidak penuh saat charge. Tidak seperti awal baru beli dan semakin hari semakin lama saja proses pengisian dayanya.

Penyebab Baterai Android dicas lama penuh

Meskipun saat ini ada dua jenis tipe pemakaian baterai di ponsel yakni bertie Non-removable dan Removable (bisa di copot dengan mudah), namun permasalahan klasik seperti pengecasan (charging) daya yang lama terisi menjadikan penggunanya sebal karena harus berlama-lama menunggu baterai penuh.

Baca juga: Mengatasi Baterai Android Penuh tapi HP Mati sendiri

Adapun sering menggunakan smartphone saat pengisian bbaterai belum sampai 100 persen tidak disarankan karena bisa membuat kinerja cell baterai tidak sinkron dan cepat mengalami penurunan kualitas penyimpanan daya.

Penyebab Baterai Android lama penuh saat dicas


Untuk mengetahui apa saja penyebab baterai android lama terisi penuh saat dilakukan pengisian daya, silahkan langsung simak jawabannya di bawah ini:

Masa Pakai Baterai

Penyebab yang sering terjadi saat pengisian arus baterai HP android lama penuh yaitu umur baterai. Seperti diketahui bahwasanya ada hitungan life time battery yang berlaku, pengecasan berulangkali dan dari hari ke hari tentunya akan membuat performanya menurun.

Semkain lama pemakaian smartphone bisa menurunkan performa daya simpan arus daya di dalam cell baterai, sehingga gejala umumnya biasanya ketika diisi terlalu cepat penuh atau sebaliknya, lama sekali menunjukkan prosentase 100 %.
Baca Juga:


Setiap pengguna ponsel tentunya tidak akan sama memperlakukan smatphone miliknya dalam hal pengisian daya, ada yang sehari sekali mengisi arus baterai atau bahkan ada yang berulangkali melakukan charge kerena banyaknya aktivitas dengan ponsel miliknya.

Daya alat charging

Tidak jarang pula alat pengisi baterai menjadi penyebab lamanya pengecasan. Apalagi kalau kita sering bergonta-ganti alat cas dan tidak membaca detail berapa ilai ampere dan voltase output yang ada di alat tersebut.

Semakin besar Nilai output Ampere yang tertera di spesifikasi alat charge maka semakin cepat pula proses pengisian daya baterai, begitu pula sebaliknya.

Direkomendasikan bila mengalami problem mengisi daya baterai HP tidak cepat penuh seperti biasanya, cobalah memakai alat charging yang memiliki nilai ampere lebih tinggi dari biasanya.

Biasakan pula selalu memakai alat pengisi baterai yang ukuran voltase serta amperenya sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan ponsel, dan lebih disarankan menggunakan alat charger original bawaan HP.

Kabel USB charger

Kabel USB charger

Saat ini sudah banyak alat charge baterai yang menggunakan kabel terpisah dengan dongle cas, karena kaberl USB tersebut juga bisa dipakai untuk melakukan transfer data atau sering disebut dengan kabel Data MicroUSB.

Memang yang paling direkomendasikan adalah menggunakan kabel data bawaan Ponsel untuk menghubungkan alat charging dengan ponsel saat pengecasan.

kualitas kabel yang jelek akan berakibat lamanya pengisian daya baterai atau bahkan malah tidak terisi sama sekali dan justru semakin berkurang prosentasenya.

Jadi bila alat charging sudah original dan masih fit, lihat dulu apakah kabel-nya berkualitas bagus atau tidak. Hindari pula penggunaan aksesoris kabel dengan ukuran yang terlalu panjang dan ada lampu Lednya yang menyala, bisa menyebabkan arus yang masuk akan berkurang dan kurang maksimal.



Banyak aplikasi berjalan

Memang lebih baik mematikan terlebih dahulu ponsel selama pengisian daya berlangsung. Namun bila tidak ingin melakukannya dan ingin pengisian cepat bisa mematikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan.

Banyaknya aplikasi berjalan di background seperti Sosmed facebook, WA, BBM, Line, instagram dan lain sebagainya bisa memboroskan daya baterai dan memperlambat pengisian daya.

Ada cara yang lebih cepat mengisi baterai tanpa mematikan HP yakni dengan mengaktifkan mode pesawat saat proses pengecasan.

Denga mode pesawat, semua fungsi jaringan selular dan data internet akan dihentikan oleh sistem, nantinya proses pengisian daya akan semakin cepat, silahkan dicoba.

Kendala sistem dan hardware

Bilamana keadaan baterai masih bagus, alat charging juga bagus, sudah mencoba menjalankan mode terbang saat melakukan cas baterai dan masih saja lama sekali penuhnya, maka ada kemungkinan sistem dan hardware bermasalah.

Untuk permasalahan sistem biasanya berpengaruh pada display prosentase daya yang ada dilayar, terkadang diisi sebentar sudah menunjukkan 100 persen atau malah sebaliknya. Intinya display prosentase baterai ngawur bisa disebabkan pengaruh sistem yang error.

Adapun penyebab dari sisi hardware umumnya ditandai adanya konektor yang bermasalah serta komponen yang berhubungan dengan arus keluar masuk yang sudah menurun performanya.

Untuk masalah hardware ini, pastinya membawa ke tempat service ponsen menjadi opsi wajib agar tahu komponen mana yang mengakibatkan pengisian daya baterai tidak lekas penuh.

Itulah beberapa penyebab yang sering terjadi saat baterai lama sekali terisi saat di cas, semoga ulasan diatas bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon