28/08/2018

3 Cara Screenshot HP Huawei Nova 3i Mudah dan Cepat

Ingin memotret gambar di layar HP tapi tidak tahu caranya?, Kali ini admin akan memberikan tips bagaimana screenshot di HP Huawei Nova 3i menggunakan tiga metode berbeda, dan ketiganya sama-sama mudah dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan, Bahkan kita dapat memotret layar memanjang dengan mudah.

3 Cara Screenshot HP Huawei Nova 3i

Fitur tangkapan layar (screen capture) di HP Nova 3i Huawei ada yang menggunakan fitur standar android dan juga memanfaatkan fitur khusus khas Huawei seperti usapan layar dengan tiga jari maupun memanfaatkan tombol screenshot yang ada di Quick menu ponsel.

Screenshot sendiri bertujuan bukan untuk merekam gerakan di layar, namun hanya memotret gambar yang saat itu tampak di layar, semisal memotret obrolan chatting media sosial, screenshot adegan video yang disukai dan lain sebagainya.

Adapun di setiap HP android apapun mereknya, entah itu HP samsung, Asus, Xiaomi, Lennovo, Vivo, OPPO dan sebagainya bisa menggunakan fitur standar Android saat ingin memotret tampilan di layar HP.
Simak Juga:


Cara Screenshot di Huawei Nova 3i


Di bawah ini admin bagikan tiga tips melakukan tangkapan layar di Nova 3i yakni menggunakan fitur standar android dan juga memanfaatkan fitur bawaan HP huawei.

1. Screenshot dengan Kombinasi Tombol

Cara screen capture tampilan di layar HP dengan metode ini sangat populer dan semua pengguna smartphone android bisa mengaplikasikan cara ini.

a. Pertama pilih dahulu posisi tampilan di layar yang ingin kita foto

b. Selanjutnya tekan secara bersamaan kedua tombol yakni Power dan tombol Volume bawah

c. Lepaskan saat ada suara shutter kamera dan layar layar bekedip sebentar pertanda foto berhasil disimpan.

d. Nantinya akan tampil cuplikan gambar di layar dan kita bisa langsung mengedit atau melakukan share ke media sosial.

e. Untuk melihat semua hasil foto screenshot di Huawei, ,bisa langsung menuju ke galeri tepatnya di folder tangkapan layar

2. Screenshot dengan tombol di Quick menu




a. Bila tidak ingin repot dengan kombinasi tombol, kita bisa langsung menekan menu screenshot yang ada di askbar bagian atas layar (quick menu)

b. Seperti biasa, pilih dulu area mana yang ingin dipotret, kemudian usap layar dari atas ke bawah dan temukan ikon 'Screenshot'

tombol cepat screenshot huawei

c. Bila satu usapan di layar belum muncul, lakukan usapan lagi satu kali untuk memunculkan menu yang tersembunyi.

3. Screenshot dengan usapan 3 jari

Cara screen-capture ini sangat mudah dan disukai pengguna HP android canggih saat ini, yakni dengan mengusap layar menggunakan 3 jari saja maka layar akan terpotret.

a. Terlebih dahulu kita harus mengaktifkan fitur screenshot tiga jari, caranya masuk ke menu Settings

Menu Motion control di Huawei nova 3i

b. Selanjutnya masuk ke menu Smart Assistance >> Pilih opsi Motion Control

c. Kemudian lanjutkan masuk ke opsi Three Finger Screenshot

d. Nah, akan tampil halaman berupa gambar petunjuk cara melakukan capture menggunakan usapan 3 jari, silahkan aktifkan opsi "Three Finger Screenshot"

Three finger screenshot Nova 3i huawei

e. Tutup kembali menu settingan HP Huawei, dan cobalah memotret layar caranya dengan mengusap layar dari arah atas ke bawah menggunakan tiga jari tangan.

Cara Screenshot Panjang di Nova 3i Huawei

Kita juga bisa memotret halaman layar yang memanjang kebawah, seperti misal saat kita ingin memotret halaman website yang isinya bisa dua sampai tiga halaman, caranya sebagai berikut:

a. Buka dahulu halaman panjang yang akan kita foto, kemudian lakukan tangkapan layar seperti ketiga metode diatas. Bisa menggunakan kombinasi tombol fisik ataupun dengan usapan tiga jari.

b. Setelah terpotret, maka akan tampil cuplikan gambar di layar HP, dan bisa kita lihat di bagian bawah foto tersebut bagian kanan ada tombol 'scroolshot', yang berarti untuk memotret memanjang kebawah

c. Silahkan tekan tombol tersebut dan geser halaman sampai batas akhis yang anda inginkan, maka hasilnya akan tersimpan di folder screenshot Huawei.

Kesimpulannya, menurut admin cara paling mudah adalah menggunakan usapan 3 jari tanpa menyentuh tombol fisik. Namun bila anda suka dengan cara kombinasi tombol power dan volume bawah untuk screen capture silahkan saja, Pilih yang lebih mudah dan nyaman.

Itulah tips HP huawei Nova 3i tentang cara tangkapan layar dengan tiga metode berbeda yang bisa admin bagikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon