18/08/2018

Mengatasi USB OTG Flashdisk tidak terbaca di Android

Pada tips kali ini admin akan membahas bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terdeteksi di HP android, dimana banyak pengguna smartphone android yang ponsel miliknya sudah mensupport OTG namun sering gagal membaca file yang ada di Flashdisk.

Mengatasi USB OTG Flashdisk tidak terbaca di Android

OTG singkatan dari On The Go, dimana fitur canggih ini memungkinkan perangkat eksternal yang mempunyai interface konektor USB bisa terkoneksi dan terdeteksi oleh sistem android dan dapat digunakan sesuai fungsinya.

Adapun permasalahan Flashdisk tidak dapat terbaca di ponsel android bisa terjadi pada hampir semua merek HP seperti Asus, Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, Huawei dan lain sebagainya.

Beberapa permasalahan USB OTG android, diantaranya:

  • USB OTG terhubung dan terdeteksi namun data flashdisk tidak terbaca
  • USB OTG tidak terdeteksi dan tidak muncul opsi eksternal USB
  • USB OTG tidak terdeteksi sama sekali oleh sistem android
  • USB OTG hanya mendeteksi versi android tertentu seperti Lollipop, android marshmallow, Nougat ataupun Oreo
  • OTG USB android hanya membaca dan mendeteksi merek tertentu flashdisk
Baca Juga :


Cara mengatasi Flashdisk tidak terbaca di Android


1. Cek kondisi Konektor OTG

Konektor USB OTG android

Pertama kali coba lakuka pemeriksaan terhadap kabel atau konektor USB OTG. Cara mudah memeriksa adalah menggunakan ponsel lain yang juga mensupport fitur OTG.

2. Reboot / restart android

Bila sebelumnya HP kita masih bisa mendeteksi flashdisk dan membaca filenya dengan normal dan tiba-tiba saat kita mencolokkan ke port OTG ternyata tidak lagi terbaca, maka coba restart dahulu HP kita.

Terkadang ponsel yang terlalu sibuk dengan proses aplikasi bisa menyebabkan sistem dan aplikasi crash. Merestart HP bisa merefresh file sistem agar kembali normal kinerjanya dan dapat mendeteksi perangkat USB OTG flashdisk yang kita masukkan.

3. Cek flashdisk di Komputer




Bila kita mempunyai laptop atau komputer, coba cek apakah flashdisk bisa terdeteksi dan terbaca filenya atau tidak, agar kita tahu apakah android yang bermasalah, file system flashdisk yang tidak tepat ataukah memang flashdisknya rusak.

4. Format Flashdisk

Memformat flashdisk juga menjadi alternatif mengatasi USB OTG error mendeteksi perangkat eksternal tersebut. Coba gunakan komputer untuk format flashdisk dengan cepat dan optimal.

cara format flashdisk di laptop

Cara format flashdisk di Laptop/komputer sangatlah mudah. Pada ikon flashdisk klik kanan, lalu pilih menu properties dan klik format.

Pilih file system FAT32, jangan memilih NTFS agar bisa terbaca di OTG USB android, kemudian klik tombol format dan tunggu sampai proses selesai. Setelah itu tancapkan kembali flashdisk ke port OTG android.

5. Mencoba merek FD Lain

Terkadang ada beberapa tipe ponsel android yang tidak dapat membaca dan mendeteksi flashdisk merek tertentu. Semisal ponsel dapat membaca FD merek toshiba namun tidak dapat membaa FD merek Samsung atau sebaliknya.

6. Reset ulang HP Android

Bila opsi diatas tidak dapat mengatasi masalah, padahal ponsel kita support OTG dan flashdisk juga tidak ada masalah, maka coba lakukan proses factory reset.

Namun perlu dicatat, kalau proses reset pengaturan di android bisa menghapus seluruh data yang ada di internal memori seperti kontak telepon, data aplikasi, setelan akun, foto, video, dokumen dan file lainnya.

Itulah tips mengatasi HP android yang error USB OTG tidak dapat membaca flashdisk, semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan dengan mudah, terima kasih.


Emoticon Emoticon