20/10/2018

Ukuran Resolusi Foto dan Video Instagram yang Bagus Diunggah

Ukuran Resolusi Foto dan Video Instagram yang Bagus Diunggah

Berapa dimensi dan resolusi video dan foto unggahan di Instagram ? Mungkin anda salah satu penggiat instagram yang ingin eksis dan banyak follower, atau mungkin saja anda ingin mengembangkan bisnis melalui unggahan Gambar dan video untuk promosi ?, kalau iya maka kita sebaiknya tahu dulu berapa rasio yang disarankan untuk diupload agar sesuai dengan ketentuan.

ukuran upload gambar dan video di instagram

Meskipun tidak secara detail ukuran foto serta video yang bisa diunggah oleh pengguna Instagram, karena saat kita pertama kali menginstall aplikasi ini, tidak ada peringatan atau notifikasi khusus tentang ukuran dan resolusi yang harus dipatuhi, setidaknya bila kita mengulik ke situs developernya, maka akan ditemukan penjelasan berapa dimensi dan rasio gambar yang layak untuk diposting pada stories #instagram kita.

Meskipun kita menggunakan kamera beresolusi tinggi sekelas DSLR, ternyata saat nantinya foto tersebut diunggah akan mengalami penyusutan resolusi serta rasio panjang dan lebarnya.

Begitu juga saat kita hanya memotret menggunakan kamera HP yang punya resolusi pas-pasan, dibawah 1 MP sekalipun, ternyata secara otomatis server instagram akan mengoptimasinya sesuai gambar yang ditentukan tanpa mereduksi pixel yang ada sehingga masih terkesan natural.

Ukuran Foto yang disarankan Instagram


Dari berselancar dan mencari-cari informasi berapa sebenarnya resolusi gambar yang disarankan pihak instagram, saya menemukan info dari situs resminya bahwa aspek rasio yang disarankan yakni 1.91:1 dan 4:5 serta maksimal lebar 1080 pixels.

dimensi unggahan foto instagram

Jadi semumpama kita mempunyai gambar dari hasil bidikan kamera dengan resolusi diatas 1080 px, maka secara otomatis saat kita unggah ke stories Instagram akan diperkecil otomatis maksimal 1080 px.

Begitu juga saat dimensi panjang dan lebar gambar yang dihasilkan kamera HP atau DSLR kita tidak sesuai rasionya, maka secara otomatis pula akan dijadikan 4:5 ataupun 1.91:1.

Bagaimana kalau gambar kecil kurang dari 1080 px dan juga rasionya juga tidak sesuai?, ternyata secara otomatis mesin instagram akan membuat perbandingan yang serupa dari sisi resolusi dan rasionya, yakni antara batas 566 sampai maksimal 1350 pixels dengan lebar maksimal 1080 px. Atau bahkan sering kita temui kalau foto terlalu besar akan terlihat area cropping untuk memotong sesuai yang disarankan.




Lalu berapa Ukuran Video yang disarankan Instagram?

Meskipun secara tertulis developer instagram tidak menyertakan detail resmi berapa resolusi dan durasi video yang wajib dipatuhi, banyak pegiat bisnis Online yang instagramable mencari persamaan dengan yang ada di persyaratan Video unggahan Facebook yakni sebagai berikut:

• Caption length text: 2,200 characters Max
• Video aspect ratio: Landscape (1.91:1), Square (1:1), Vertical (4:5)
• Supported video codecs: H.264, VP8
• Supported audio codecs: AAC, Vorbis
• Maximum size: 4GB
• Frame rate: 30fps max
• Minimum resolution: 600 x 315 pixels (1.91:1 landscape) / 600 x 600 pixels (1:1 square) / 600 x 750 pixels (4:5 vertical)
• Minimum length: No minimum
• Maximum length: 60 seconds
• File type: Full list of supported file formats

Itulah beberapa informasi terkait ukuran gambar dan video yang disyaratkan oleh instagram agar hasilnya bagus dan instagrammable, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon