17/10/2018

Ternyata Sering Lihat Video di FB Membuat Memori HP Penuh !

Ternyata Sering Lihat Video di FB Membuat Memori HP Penuh !

Tahukah anda bahwa ternyata sering menonton video di aplikasi facebook membuat memori perangkat HP lambat laun akan penuh tanpa kita sadari. Mungkin anda bertanya-tanya, apa hubungannya menonton video di aplikasi dengan berkurangnya kapasitas memori ponsel ?

memori HP penuh saat nonton video facebook

Sebenarnya tidak hanya menonton video di FB saja, di beberapa aplikasi sosial media seperti instagram dan selainnya juga mempunyai efek mengurangi kapasitas memori HP. apa sebenarnya yang terjadi dan bila tidak percaya silahkan buktikan semakin banyak anda menonton video yang ada di FB dan kita bisa lihat kapasitas memori internal juga akan berkurang.

Penyebab berkurangnya kapasitas memori karena adanya file cache yang diciptakan oleh aplikasi saat kita sedang menonton video di FB. File cache tersebut sebenarnya menguntungkan pengguna aplikasi saat kita ingin mengulang adegan video yang sama sehingga aksesnya semakin cepat tanpa terbebani kuota data.

Namun demikian, cache video dari aplikasi Facebook tersebut tidak akan berguna lagi saat kita sudah tidak ingin menonton video yang sama sehingga lambat laun file tersebut menjadi sampah dan membebani kinerja smartphone seiring berkurangnya kapasitas memori internal.

Dimana Letak file cache video aplikasi Facebook ?

Untuk mengetahui letak cache video FB sangat mudah, silahkan masuk ke aplikasi pengelola file di ponsel, kemudian masuk ke perangkat saya. Di sama berturut-turut masuk ke folder Android > Data > com.facebook > cache > video.

letak cache video aplikasi FB

Pada folder video itulah akan berjajar beberapa folder lagi, yang mana per-folder yang ada menandakan satu file fideo dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai durasi dan resolusi film yang kita tonton.

Kita bisa menghapus file cache tersebut bila dirasa memori smartphone sudah minim dan terasa lemot saat menjalankan beberapa aplikasi. Jadi jangan khawatir untuk menghapusnya karena tidak berpengaruh apapun pada aplikasi, malah kinerja sistem android semakin ringan.

Kita juga bisa menghapus cache aplikasi facebook dan beberapa aplikasi lainnya dengan mudah hanya sekali klik lewat fitur pembersih yang biasanya sudah ada di setiap bawaan ponsel android. Bila belum ada, bisa menggunakan aplikasi pembersih cache android yang banyak tersedia di google play store semisal ccleaner dan lain sebagainya.

O iya, admin hampir lupa, ternyata kita juga bisa memanfaatkan cache video FB yang masih ada di memori HP untuk mengunduh file film tersebut tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Jadi kita bisa mengunduh video dari Facebook tanpa aplikasi apapun hanya dengan mengganti ekstensi file tersebut dengan format '.mp4'.

Bagaimana, sudah tahukan apa sebabnya sering nonton video di aplikasi Facebook android bisa mengurangi kapasitas memori HP ?, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon