24/11/2018

Bagaimana Mengatasi Layar HP Bergaris atau Flek Hitam ?

Sudah umum terjadi banyak Problem Layar Android iPhone atau HP jadul-pun mengalami masalah layar ada flek hitam atau bergaris. Ada yang garisnya hanya setipis rambut mendatar atau vertikal, dan bahkan ada yang bergaris-garis namun layar juga tampak memutih tidak tampil gambarnya.

lcd hP hitem bergaris cara mengatasinya

Layar LCD yang umumnya terpasang di Smartphone atau featured phone (HP Jadul) merupakan panel penampil gambar yang didalamnya ada cairan kristal. Oleh sebab itu disebut Liquid crystal display (LCD_), dan sumber cahanya biasanya dari sebuah lampu Neon.

Masalah layar HP yang nge-flek hitam ataupun bergaris, rata-rata tidek berpengaruh pada kinerja sistem. Sehingga terus dapat digunakan meski dalam pemakaiannya penggunanya tidak merasa nyaman karena ada area gambar atau teks yang tertutupi.

Penyebab Layar HP Hitam dan bergaris


Seringkali penyebab layar smartphone ada flek hitam atau bergaris karena tertindih.

Sedangkan untuk screen yang hanya bergaris tipis putih meski tidak tertindih bisa diakibatkan sering terjatuh ataupun menyalakan layar terlalu terang sehingga banyak pixel yang mati.

Meskipun banyak faktor penyebab layar HP bergaris dan timbul flek hitam, tetap saja hal tersebut menggangu kenyamanan penggunanya saat beraktifitas dengan smartphone miliknya.

Bisakah layar HP bergaris / Noda Hitam diperbaiki ?


Karena pada dasarnya cara kerja layar LCD ponsel berdasarkan cairan kristal yang disinari oleh lampu Neon khusus, dan ada yang tidak bekerja dibeberapa pixelnya, maka untuk memperbaikinya tentu harus dilakukan pergantian satu set panel layar.

Intinya, layar yang ada bercak hitamnya atau bergaris, tidak dapat diperbaiki karena pixelnya telah mati dan gagal fungsi. Sehingga kita harus menggantinya dengan panel layar yang baru.

Adapun di beberapa pengalaman pengguna HP android, iPhone atau ponsel tipe lain yang pernah share cara mengatasi layar HP yang bergaris dengan memasukkan ke almari pendingin atau didekatkan dengan magnet banyak yang tidak terbukti, malah akan merusak perangkat.

Demikianlah jawaban singkat tentang bisa tidaknya memperbaiki screen ponsel bergaris dan bernoda hitam, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon