04/12/2018

Tips Mengatasi Layar Realme C1 berwarna Kuning dan Penyebabnya

Sampai saat ini, banyak pengguna HP Realme C1 merasakan problem layar yang berubah warna kekuningan. Adapun beberapa Forum Realme juga banyak pertanyaan sejenis tentang cara mengatasi screen android Realme C1 yang tiba-tiba berubah warna tersebut. Nah, apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi problem layar smartphone Realme C1 ? Simak ulasannya di bawah ini.

perbaikan LCD Realme C1

Sebagai produk yang identik dengan OPPO, karena menggunakan ColorOS didalamnya, HP Realme C1 performanya sangat bagus dengan harga yang sangat murah. Meski tidak dibekali sensor fingerprint untuk menekan harga, namun secara keseluruhan fiturnya patut diacungi jempol, Mulai dari spesifikasi kamera, Layar fullview display dan juga kapasitas baterainya yang besar. Baca juga tips Setting Kamera Selfie Realme C1 hasil Foto Mirror

Adapun Solusi yang saat ini banyak dilakukan bagi pengguna HP Realme C1 ketika mengalami perubahan warna di layar HP-nya menjadi kekuningan, banyak Forum yang menyarankan solusi seperti di bawah ini.

Cara mengatasi Layar Realme C1 berubah warna


Dikarenakan ponsel ini produk baru dan belum ada 1 tahun keluarnya (sampai artike ini dipublish), maka cara paling efektif yang bisa dilakukan pemilik HP realme C1 yang layarnya bermasalah dan berubah warna kekuningan adalah dengan melakukan klaim garansi.

Klaim garansi untuk perbaikan dan penggantian layar HP Realme bisa dilakukan di service center OPPO, Karena sampai saat ini pusat perbaikan Realme belum banyak ditemui.

Bilamana merasa terlalu jauh menuju Service center OPPO, maka cara termudah melakukan klaim garansi adalah melalui toko penjualan smartphone Realme milik anda. Nantinya oleh pihak Penjual akan dibawa ke Service center-nya untuk dilakukan perbaikan.

Penyebab Layar HP Realme Error / Berubah Warna


Ada banyak penyebab yang bisa mempengaruhi kinerja screen / layar smartphone, diantaranya sebagai berikut:

1. Suhu Ponsel Terlalu Panas



Penggunaan HP secara berlebihan untuk bermain Game atau nonton Video Streaming akan menyebabkan suhu komponen meningkat.

Saat Prosesor, GPU dan perangkat lainnya mengalami peningkatan kinerja terus menerus, maka akan berakibat paparan Panas mengenai perangkat layar.

Dimana bagian layar bersentuhan langsung dengan beberapa komponen dibaliknya, sehingga suhu ruangan yang panas juga menyebabkan kinerja LCD Realme menjadi menurun.

2. GPU error

Pengolah grafis atau GPU pada smartphone menjadi komponen penting untuk kinerja tampilan layar.

Kartu grafis yang bermasalah akan menyebabkan masalah serius pada layar LCD sehingga salah satu akibatnya layar berubah warna atau bahkan bisa mati total.

3. Tegangan bermasalah

Suplay tegangan pada hardware yang berhubungan dengan display layar apabila tidak normal akan menyebabkan tampilan bermasalah.

Bahkan dalam kondisi tertentu, semisal ponsel baru saja digunakan dan masih dingin, Layar terlihat normal, Namun pada waktu tertentu saat smartphone panas dan tegangan sudah tidak stabil maka akan mempengaruhi kinerja layar smartphone.

4. LCD Realme Rusak

Screen LCD HP Realme yang rusak, entah karena kesalahan produksi atau memang kesalahan penggunaan juga jadi penyebabnya.

Jadi kalau memang LCD-nya yang rusak, dan anda masih mempunyai garansi aktif, lakukan klai garansi dengan segera dan gratis agar dilakukan penggantian layar.

Demikianlah beberapa penyebab dan solusi mengatasi Layar HP realme C1 yang berubah warna kekuningan dan Bila ada sobat yang mempunyai pengalaman serupa, silahkan share di kolom komentar ya, terima kasih.


Emoticon Emoticon