03/01/2019

Tips Memotret di Kamera OPPO Tidak Bersuara Saat Tombol Ditekan

Saat memotret melalui aplikasi kamera HP OPPO umumnya kita mendengar ada suara ketika tombol shutter ditekan. Settingan tersebut menjadi pengaturan default bawaan smartphone supaya penggunanya tahu kalau proses pengambilan gambar telah diproses oleh sistem dan siap disimpan di memori smartphone.

nonaktifkan suara rana kamera oppo

Namun pada sebagian pemilik HP OPPO ada yang tidak menginginkan adanya suara ketika tombol rana (shutter) ditekan. Tentunya dengan berbagai alasan tertentu seperti tidak ingin ketahuan saat memotret, sedang ada rapat lalu ingin diam-diam mengabadikan gambar dan sebab lainnya.

Oleh sebab itu, menonaktifkan suara tombol di aplikasi kamera OPPO dapat dilakukan seperti halnya pada produk HP Realme yang notabene sama-sama menggunakan colorOS sebagai launcher dan user interface-nya.

Seperti diketahui bahwasanya ColorOS tidak hanya digunakan pada HP OPPO saja, namun Produk Realme sebagai sempalan perusahaan OPPO juga menggunakan ColorOS untuk sistem UI miliknya.

Bahkan sampai saat ini meski Produk Realme smartphone masih memiliki sedikit varian produk, namun hampir semuanya laris manis dipasaran karena terkenal murah dan berspesifikasi tinggi.

Tips Mematikan Suara Tombol Shutter OPPO Kamera


1. Buka menu Settings atau pengaturan di OPPO

2. Geser menu agak kebawah dan masuk ke opsi Aplikasi Sistem

3. Kemudian masuk ke opsi 'Kamera'

4. Aktifkan fitur Shutter Sound atau Suara Rana

Setelah melakukan settingan seperti diatas, tutup kembali menu pengaturan dan coba buka aplikasi kamera kemudian lakukan pemotretan.

Bilamana saat menekan tombol rana tidak mendengar suara jepretan kamera, berarti settingan yang anda lakukan sudah benar.

Cara diatas bisa dilakukan untuk settingan kamera OPPO A3s, Find X, R15x, OPPO A7, F9 dan lainnya.


Emoticon Emoticon