17/01/2019

Tips Mengatasi HP Xiaomi Fingerprint tidak Berfungsi Normal

Menjadi masalah tersendiri saat Puya smartphone Xiaomi canggih namun fingerprint tidak berfungsi normal, seperti selalu gagal scan sidik jari meski jari sudah bersih dan scanner juga tidak terlihat tertempel debu atau kotoran.

error fingerprint di Xiaomi

Dengan alasan apapun, tentunya problem fingerprint Xiaomi untuk digunakan secara normal menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan sistem ataupun perangkat keras yang berhubungan dengan pemindai sidik jari.

Di beberapa situs Online, banyak pertanyaan dari pengguna HP Xiaomi Redmi tentang problem scanner sidik jari, seperti Fingerprint Redmi Note 3 error, Fingerprint Redmi Note 4X tidak fungsi dan beberapa tipe Xiaomi lainnya.

Langsung saja kita simak bagaimana urutan mengatasi masalah scan sidik jari di HP Xiaomi yang tidak fungsi dengan baik di bawah ini:

1. Pertama Coba Reboot Xiaomi

Cara pertama yang disarankan yakni dengan mematikan dan menyalakan ulang. Dimana saat fingerprint tidak berfungsi bisa karena crash sistem atau ada fungsi yang tidak bisa berjalan normal maka dengan merestart ulang HP Xiaomi diharapka bisa teratasi.

Merestart atau memuat ulang sistem di HP Android berfungsi untuk mengatasi berbagai problem aplikasi dan sistem, semisal aplikasi di HP Xiaomi macet, sering menutup sendiri, jaringan data internet sering putus sendiri dan permasalahan lain.

2. Bersihkan Pemindai fingerprint

Perangkat sensor sidik jari tergolong sensitif, dimana ada kotoran yang menempel akan menghambat proses pemindaian. Begitu juga jari tangan yang kotor, semisal ada guratan atau tertempel sesuatu akan menghalangi pengenalan scan fingerprint.

Bersihkan jari anda sebelum menempelkan ke area fingerprint, begitu juga bersihkan sensor dengan tissue kering dan bersih agar tidak menghalangi pemindaian.

Dan bila scanner fingerprint berada bukan pada bagian belakang alias include di dalam layar, maka bersihkan layar agar pemindaian berjalan lancar.

3. Upgrade MIUI ROM Xiaomi versi Stable



Banyaknya Error ROM dari versi ROM Xiaomi tidak resmi membuat kacau sistem. Banyak ponsel Xiaomi Refurbish atau dan ilegal beredar dengan diisi ROM tidak resmi akan berdampak pada seluruh kinerja perangkat, seperti fingerprint gagal memindai, jaringan data sering error serta keamanan sistem tidka optimal.

Silahkan update ROM MIUI Xiaomi ke versi stable, unduh dari situs resmi MIUI ROM versi stable, jangan dari situs lain yang tidak dapat membahayakan karena bisa saja ROM diinjeksi dengan berbagai script tertentu.

4. Flashing ulang firmware Xiaomi

Bila proses diatas tidak berpengaruh terhadap perbaikan fingerprint yang tidak berfungsi, bisa dilakukan proses flashing ulang ROM dengan versi resmi yang disarankan pihak Xiaomi.

Jangan menggunakan firmware Xiaomi pihak ketiga meskipun dijanjikan fitur lebih bagus seperti root atau aplikasi pihak ketiga yang tidak bisa kita jamin keamanannya terhadap sistem.

Bilamana semua cara sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil untuk mengatasi fingerprint android xiaomi bermasalah, silahkan langsung bawa ke service center xiaomi resmi terdekat.


Emoticon Emoticon