04/04/2020

Cara Cek Gratis Listrik 450 VA dan Diskon 50 Persen daya 900 VA

Cara Cek Gratis Listrik 450 VA dan Diskon 50 Persen daya 900 VA

Mulai bulan April sampai Juni 2020 pelanggan listrik prabayar dan paskabayar mendapat subsidi dari Pemerintah dari program Stimulus dampak Covid-19. Dimana ada penggratisan biaya bulanan serta potongan sebesar 50 Persen selama 3 bulan berturut-turut.
Cara melihat potongan dan gratis biaya bulanan listrik

Tidak semua pelanggan PLN mendapat jatah gratis bayar dan diskon dari pemerintah. Pemberian subsidi didasarkan pada tipe golongan daya pelanggan dengan kriteria khusus, Jadi jangan kecewa bila anda tidak termasuk pemilik rekening listrik yang tidak mendapat jatah token atau biaya bulanan gratis.

Adapun golongan pelanggan yang mendapat subsidi gratis mulai bulan April Mei dan Juni 2020 bisa dilihat dari kode golongan pelanggan PLN sebagai berikut:

  • R1/450 VA dan R1T/450 VA (Gratis biaya bulanan / Diskon 50 persen Token)
  • R1/900 VA dan R1T/900 VA (Diskon Token atau Gratis biaya bulanan)
  • R1MT/900 VA dan R1M/900 VA (Non Subsidi / Tidak mendapat Potongan)

Contoh kode daya listrik bersubsidi dan tidak
Contoh Daya listrik bersubsidi dan Non Subsidi

Bagi anda yang bingung atau belum tahu apakah termasuk pelanggan yang mendapat keringanan berupa gratis biaya bulanan atau potongan 50 persen atau sebaliknya ternyata tidak memperoleh jatah subsidi, Salah satu caranya dengan melihat struk atau Nota bukti pembayaran atau pembelian token listrik anda.

Baca Juga: Cara melihat nomor Rekening listrik hilang dan Cara membeli pulsa listrik via BNI SMS Banking

Dimana letak informasi golongan tarif daya pelanggan pada rekening listrik bisa dilihat di bagian 'Tarif/Daya', disana anda akan melihat kode dayanya. Semisal tertulis kode R1/450 VA berarti anda berhak mendapat subsidi atau potongan dari PLN.

Cara Melihat Diskon dan Gratis bayar listrik


Ada 2 cara mudah memperoleh informasi pemberian token listrik gratis (Prabayar) atau penerima penggratisan pembayaran bulanan (Paskabayar), simak tuturialnya dibawah ini.

1. Cek Subsidi Listrik Via Situs Resmi PLN


Contoh di bawah ini adalah pelanggan listrik prabayar yang memperoleh potongan pulsa atau token listrik yang bisa dilihat di website resmi PLN.

Layanan online PLN cek subsidi listrik

  1. Buka aplikasi Browser di HP atau Laptop (Contoh Browser Chrome, Opera atau bawaan smartphone)
  2. Akses situs PLN dengan alamat www.pln.co.id dan tunggu sampai halaman terbuka sempurna
  3. Pilih menu "Gratis/Diskon Stimulus PSBB" yang letaknya di deretan menu sebelah kiri halaman
  4. Masukkan nomor meter atau IDPEL rekening dan tekan tombol Cari
  5. Tunggu data diproses, Bila data ditemukan akan terlihat informasi di bawahnya

Cara peroleh pulsa listrik gratis PLN

Lihat berapa nilai diskon atau gratis biaya yang diberikan, Atau bila anda menggunakan tipe prabayar maka Token gratis akan tertera di bagian kolom keterangan, silahkan catat dan masukkan ke meteran listrik.

2. Cek Subsisi Listrik Via WhatsApp


  1. Lakukan Chat whatsApp ke nomor WA PLN 08122-123-123
  2. Ikuti langkah yang diinstruksikan seperti memasukkan nomor ID Pelanggan
  3. Bila berhasil, Token listrik akan diberikan gratis

Permasalahan dan Solusi

Banyak pelanggan PLN yang ingin segera mengetahui apakah termasuk yang disubsidi biaya bulanan atau Token listrik gratis dengan mengakses Website PLN mengalami beberapa kendala atau tidak mengetahui pesan error yang tampil, silahkan simak jawabannya berikut ini.




  • Muncul Notifikasi Error

Pesan error saat mengakses sebuah situs sudah umum terjadi. Namun Notifikasi yang muncul dilayar sebenarnya bisa dilihat tipe dan jenis error apa yang sedang terjadi atau hanya sebuah pengumuman singkat dari server PLN.

Contohnya, bisa sesaat setelah memasukkan nomor IDPEL dan menekan tombol cari ternyata muncul tulisan "Mohon maaf informsi belum tersedia dan akan diperbaharui secara bertahap.... dan seterusnya", berarti sebuah pengumuman tentang adanya proses administrasi data server sedang berlangsung dan solusinya kita disuruh mengulanginya beberapa waktu lagi.

  • Pesan Non Subsidi di layar

Bila muncul notifikasi di layar seperti "Mohon maaf token kompensasi saat ini hanya diberikan kepadda pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA (Sesuai basis data terpadu TNP2K)" pertanda anda tidak termasuk golongan pelanggan yang mendapat stimulus subsidi listrik dari pemerintah.

  • Server PLN Overload / Sibuk


Banyaknya pengakses situs PLN dari seluruh pelanggan listrik berdaya 450 VA dan 900 VA di Indonesia yang ingin mengetahui apakah disubsidi pemerintah atau tidak, menyebabkan jaringan sibuk dan mengalami overload bandwidth.

Jadi saat gagal mengakses website PLN dengan ditandai tampilan halaman tidak segera muncul atau ada notifikasi 'waktu habis' di browser, pertanda ada banyak antrian pengunjung yang menyebabkan situs lembat dibuka, Coba refresh kembali halaman.

Pastikan juga jaringan internet di ponsel atau PC lancar, dan ada cara paling mudah supaya lancar membuka situs PLN yaitu pada waktu malam hari, sekitar Jam 11 keatas sampai waktu subuh. Dimana saat-saat itulah sedikit pengunjung yang membuka website PLN sehingga halaman situs mudah dibuka.

Sebagai penutup, Besarnya nilai stimulus subsidi Listrik pemerintah dari dampak COVID-19 di bulan April sampai Juni 2020 tidak semua pelanggan mendapat jatah yang sama.

Tonton Video Tutorial Cara Mendapatkan gratis Token listrik berikut ini:


Dimana perhitungan gratis token listrik adalah akumulasi dari rata-rata pemakaian 3 bulan terakhir mulai Desember 2019 sampai Februari 2020.

Demikianlah tutorial cara memperoleh info potongan dan gratis biaya bulanan listrik yang dapat admin sampaikan, Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon