03/08/2021

Jenis Facebook Marketing Yang Perlu Diketahui serta dampaknya

Jenis Facebook Marketing Yang Perlu Diketahui serta dampaknya

Facebook bukan lagi nama yang asing bagi semua orang. Hampir semua orang tahu dan memiliki akun FB yang merupakan salah satu jenis media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia saat ini. Tak hanya orang dewasa, saat ini banyak remaja yang masih sekolah yang berinteraksi dengan platform media sosial populer ini.
teknik marketing dan pemasaran di facebook

Salah satu Fungsi utama Facebook adalah sebagai sarana komunikasi seseorang kepada teman, sahabat, kerabat, baik yang dekat maupun yang sangat jauh darinya, bahkan ke berbagai negara. Di Facebook, pertemanan diterapkan agar siapa saja bisa meminta pertemanan dari siapa saja yang punya akun untuk berteman.

Selain itu, pengguna aplikasi FB juga dapat mengunggah foto, video, story atau status. Yang menarik sekarang, Facebook tidak hanya bisa digunakan untuk iseng di media sosial, tapi juga bisa digunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi keuntungan. Banyak orang menggunakannya untuk memasarkan berbagai produk atau bisa dipanggil untuk berbisnis.

Bisnis yang menggunakan media sosial Facebook tentunya harus memperhatikan strategi pemasaran online agar berjalan dengan lancar dan menghasilkan banyak keuntungan.

Apa strategi pemasaran Facebook untuk bisnis saat ini?


Pengusaha yang handal dalam memanfaatkan akun Facebook dalam berbisnis online menggunakan berbagai strategi pemasaran dengan tepat dan efektif. Ada dua strategi pemasaran di Facebook yang efektif yang dapat diterapkan dalam bisnis online , yaitu sebagai berikut:

Strategi Spamming

  1. Spamming adalah strategi pemasaran facebook yang sangat mudah. Metode yang bisa dilakukan untuk jenis strategi spamming ini antara lain dengan mengupload gambar dan foto produk untuk dijual dengan menandai teman secara acak di Facebook.
  2. Dengan masuk dalam grup di Facebook, Anda akan langsung membuka lapak untuk menawarkan produk untuk dijual.
  3. Dengan mengirimkan kotak masuk gambar produk ke semua teman Facebook.

Strategi spamming ini sangat mudah dilakukan tanpa ribet, namun memiliki sisi negatif bagi para pebisnis itu sendiri karena dijamin memiliki reputasi yang buruk dan merugikan orang lain karena mengganggu teman Facebooknya.

Strategi Soft Selling


Soft selling adalah strategi pemasaran Facebook yang tepat untuk dilakukan oleh setiap pengusaha. Jenis strategi ini berbanding terbalik dengan jenis pertama, di mana soft selling dilakukan dengan cara yang lembut. Cara unik dari strategi soft selling tidak serta merta memaksa semua orang untuk membeli produk yang ditawarkan. Namun, bisnis terlebih dahulu akan memberikan edukasi kepada pelanggan. Penjualan lunak memiliki kelebihan karena sifatnya yang positif. Keunggulannya meliputi:
  1. Calon pembeli akan merespon positif karena tidak terganggu dengan pemasaran yang dilakukan.
  2. Reputasi wirausahawan akan banyak dikenal orang.

Bagaimana cara meningkatkan pemasaran Facebook?


Setelah para pengusaha memahami jenis-jenis strategi pemasaran facebook, maka selanjutnya harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan pemasaran facebook agar berkembang dengan cepat. Cara untuk meningkatkan pemasaran Facebook meliputi:
  1. Menggunakan jenis halaman penggemar Facebook bukanlah jenis Facebook pribadi.
  2. Gabungkan profil di akun Facebook Anda dengan menggabungkan foto pribadi dengan foto bisnis yang Anda jalankan.
  3. Tambahkan teman dan cari grup di Facebook yang relevan dengan bisnis Anda.
  4. Buat rencana tentang konten Facebook.
  5. Gunakan fitur yang digunakan sebagai penjadwal status secara otomatis.
  6. Buat grup Facebook.
  7. Posting berbagai gambar, foto dan video yang berhubungan dengan produk yang sedang dipasarkan.

Demikianlah beberapa jenis dan teknik marketing di media sosial facebook dari yang berdampak negatif sampai yang berpotensi positif untuk menarik banyak pelanggan, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon