10/12/2021

Cara Melaporkan Sertifikat Vaksin yang Lama Tidak Keluar

Cara Melaporkan Sertifikat Vaksin yang Lama Tidak Keluar

Sampai saat ini banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana cara melaporkan sertifikat vaksin yang tidak kunjung keluar. Meskipun sudah ditunggu sampa suntik vaksin tahap kedua, tetap saja sertifikat tidak juga muncul saat dicek melalui aplikasi pedulilindungi.
pusat pengaduan sertifikat vaksin covid tidak keluar

Meskipun melakukan vaksinasi dianjurkan Pemerintah untuk menjaga imunitas tubuh dari paparan Virus Covid-19, Namun tidak sedikit masyarakat yang menginginkan surat vaksin untuk beberapa keperluan, seperti keperluan perjalanan, masuk ke pusat perbelanjaan, untuk Administrasi di instansi Pemerintahan dan lain sebagainya.

Karena pentingnya surat vaksin, banyak yang tidak sabar untuk mendapatkan sertifikat tersebut meskipun hari itu baru saja mendapat suntikan vaksin covid. Umumnya Penerima vaksin harus menunggu data diproses dalam beberapa hari sampai sertifikat muncul di situs PeduliLindungi.

Bila sudah menunggu seminggu, bahkan sebulan lebih namun sertifikat vaksin Covid tidak muncul juga, meski sudah memiliki akun di Website PeduliLindungi.id, pihak KemenKes RI telah memberikan solusi, yaitu masyarakat bisa menghubungi layanan pengaduan melalui 3 cara yaitu:

Untuk layanan Chat resmi Kementerian Kesehatan RI lewat aplikasi WhatsApp baru diluncurkan pada bulan November 2021. Dimana prosesnya lebih mudah dan cepat karena sistemnya Otomatis menggunakan Bot dari pusat data KemenKes.

Cara Lapor dan Pengaduan Sertifikat Vaksin


Bagi Kamu yang masih bingung bagaimana cara melaporkan status sertifikat vaksin yang tidak juga keluar, bisa melakukan pengaduan di layanan resmi milik Pemerintah dengan cara sebagai berikut:

1. Panggilan Telepon 119


Keluhan seputar Virus Covid-19 dan permasalahan sertifikat vaksin yang tidak muncul meski sudah vaksinasi pertama dan kedua, bisa melalui panggilan di nomor 119 ext 9.

Dimana sebelum menelepon, persiapkan dulu data berupa NIK KTP yang nantinya akan ditanyakan untuk verifikasi.

Sampaikan keluhan ke petugas bahwa sertifikat tidak juga keluar meskipun sudah berulangkali memeriksanya di aplikasi pedulilindungi.

2. E-Mail PeduliLindungi


Bila ingin berhemat pulsa telepon, anda bisa menggunakan aplikasi Email untuk mengirim keluhan seputar permasalahan sertifikat vaksinasi yang tidak bisa diunduh karena tidak muncul saat dicek, bisa melakukan pengaduan via E-Mail.

Adapun alamat Email resmi PeduliLindungi untuk permasalahan sertifikat vaksin tidak keluar yaitu sertifikat@pedulilindungi.id

Adapun format pengiriman keluhan layanan sertifikat vaksinasi covid maupun mengganti info diri bisa menuliskan detailnya sebagai berikut:
  • Nama Lengkap
  • NIK KTP yang digunakan saat vaksinasi
  • Tempat Tanggal Lahir
  • Nomor HP yang masih aktif
  • Tulis dengan jelas keluhan perihal sertifikat yang tidak muncul

Supaya cepat ditanggapi, coba lampirkan pula dokumen berupa foto surat vaksin dan foto selfi memegang KTP.

3. ChatBot WA KemenKes RI


Adapun cara yang lebih mudah menyampaikan keluhan sertifikat vaksinasi tidak keluar yaitu melalui chat whatsApp di nomor +6281110500567 resmi milik KemenKes RI. Baca juga : Cara download sertifikat vaksin via Chat WhatsApp KemenKes.

Menu yang tersedia di chatBot WhatsApp Kemenkes saat ini ada tiga yaitu : Untuk Download sertifikat Vaksin, Status Vaksinasi yang sudah dilakukan dan mengubah info data diri.

Layanan chat Kemenkes dapat diakses full 24 Jam, Dimana kita cukup memasukkan nomor telepon yang sebelumnya sudah terdaftar di website atau aplikasi pedulilindungi.

Jadi pastikan sudah mendaftar dan membuat akun di PeduliLindungi.id supaya mudah ketika ingin mendapat layanan dan melakukan pengaduan seputar vaksin covid-19. Itulah tiga cara untuk mengatasi sertifikat vaksin yang tidak juga keluar yaitu dengan mengirim surat via E-Mail, Tepeon 119 dan chat via aplikasi WhatsApp yang sudah disediakan oleh Pemerintah.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon