13/02/2022

Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel yang Hangus Masa Berlakunya

Cara Mengaktifkan Nomor Telkomsel yang Hangus Masa Berlakunya

Banyak kasus lupa mengisi ulang nomor kartu telepon yang mengakibatkan masa aktifnya habis sampai tidak bisa digunakan lagi. Seperti halnya SIM Card dari operator lain, Kita bisa mengaktifkan lagi nomor HP Telkomsel yang sudah hangus dengan beberapa cara, dengan mendatangi lokasi GraPARI atau langsung menggunakan layanan UMB tanpa keluar rumah.
cara aktifvasi sim card hangus telkomsel

Sebenarnya sebelum SIM Card telepon hangus atau kadaluarsa, ada masa tenggang yang diberlakukan, umumnya berdurasi 20 sampai 30 hari. Tidak hanya itu, notifikasi berupa SMS akan sering diterima yang menginformasikan kalau kartu akan memasuki masa tenggang.

Ketika dalam masa tenggang yang diberikan pengguna kartu Telkomsel tidak juga mengisi pulsa utama, maka resikonya nomor telepon akan kadaluarsa serta tidak bisa lagi mengakses layanan dari operator, seperti Telepon masuk atau keluar, SMS, layanan Internet dan lainnya.

Namun masih ada kesempatan bagi pemilik kartu Telkomsel yang hangus masa berlakunya agar Nomornya aktif kembali. Bahkan beberapa operator selular seperti Indosat, XL, Axis dan lainnya juga memberlakukan kebijakan yang sama untuk meningkatkan nilai pelayanan kepada penggunanya.

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan lagi nomor kartu Telkomsel yang expired seperti AS, SIMPati atau Loop agar dapat dipakai lagi untuk Telepon, SMS maupun akses Internet. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Mengaktifkan Nomor Telkomsel expired


Via panggilan kode UMB


Maksud kode UMB yaitu melakukan panggilan ke operator selular menggunakan nomor kode dari menu Telepon. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan nomor Kartu Keluarga dan KTP
  2. Buka menu panggilan Telepon
  3. Ketik *888*89#, lalu tekan panggil
  4. Pada tampilan balasan, pilih opsi Reaktivasi kartu
  5. Pilih setuju setelah membaca syarat dan ketentuan
  6. Lanjut isikan nomor KK dan KTP
  7. Ikuti perintah selanjutnya di layar sampai selesai

Apabila pengaktifan kembali nomor Telkomsel yang expired berhasil, maka akan ada balasan melalui SMS. Selanjutnya isi ulang kartu dengan pulsa utama untuk memperpanjang masa aktifnya.

Via Layanan Pelanggan Telkomsel


Kita juga dapat megaktifkan lagi kartu Telkomsel yang sudah hangus masa aktifnya dengan memanfaatkan layanan Pelanggan (E-Care) yaitu ke alamat Email cs@telkomsel.co.id atau Virtual asistant Telkomsel via website Telkomsel.com/asisten-virtual-telkomsel.

Untuk layanan ke Email Telkomsel, tuliskan pesan dengan jelas tujuan bahwa ingin reaktivasi kartu. Bila ada balasan untuk mengirim identitas diri, silahkan lampirkan nomor KK dan KTP supaya dapat segera diproses pengaktifannya.

Selain via Email dan virtual asisten, kita juga dapat melakukan permintaan aktivasi ulang kartu Telkomsel yang hangus via media sosial resmi Telkomsel di Twitter, yaitu Via Direct message (DM).

Pengaktifan Kartu via GraPARI


Apabila mengalami kendala dengan beberapa metode diatas, cara paling cepat untuk dikabulkan proses reaktivasi kartu telkomsel yaitu mendatangi galeri GRAPARI terdekat di kota kita. Adapun langkah-angkahnya sebagai berikut:

  1. Sebelum berangkat bawa dulu fotokopi dokumen berupa KTP dan kartu Keluarga yang masih berlaku
  2. Datangi gerai GraPARI telkomsel dan ambil nomor antrian untuk layanan Customer service
  3. Setelah dipanggil petugas, Utarakan maksud dan tujuan untuk aktivasi kembali SIM Card yang sudah kadaluarsa
  4. Ikuti prosesnya mulai pengumpulan data untuk validasi
  5. Apabila permintaan disetujui, maka kartu sudah bisa digunakan kembali.

Biasanya pelanggan akan diberi kartu baru yang sudah di-inject dengan nomor yang lama oleh petugas dan SIM Card yang lama akan diminta oleh CS Telkomsel untuk dimusnahkan.

Jadi itulah cara mengaktifkan kembali SIM Telkomsel yang sudah expired, yaitu via panggilan UMB, Layanan pelanggan, Media sosial resmi Telkomsel dan datang langsung ke GraPARI terdekat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon