25/01/2024

3 Cara Menampilkan Start Menu Windows 8 yang Hilang Pasti 100% Work

3 Cara Menampilkan Start Menu Windows 8 yang Hilang Pasti 100% Work

Detikinfo.com - 3 Cara Menampilkan Start Menu Windows 8 yang Hilang Pasti 100% Work. Windows 8 merupakan salah satu sistem komputer yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia. Menariknya, Windows 8 hadir dengan berbagai pembaruan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh penggunanya. Kendati demikian, sistem operasi Microsoft satu ini sudah menghilangkan fitur yang selama ini digunakan, yaitu Start Menu. 

3-cara-menampilkan-start-menu-windows-8-yang-hilang-pasti-100-work

Start Menu sendiri menjadi fitur yang selalu hadir dalam bermacam varian Windows sebelumnya. Meskipun fitur Start Menu tak mendapat perhatian besar dalam versi Windows terdahulu, hilangnya fitur tersebut menyebabkan pengguna merasa kebingungan. Karena itulah, Anda harus tahu cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang. Tak hanya hilangnya fitur Start Menu, pengguna juga merasa bingung apa yang menjadi pengganti Windows 8 start screen.

Bagaimana Cara Menampilkan Start Menu Windows 8 yang Hilang Paling Tepat?

Menghilangnya fitur Start Menu jelas membuat pengguna merasa kesulitan untuk mengakses fitur dan aplikasi dalam komputer. Tak sedikit pengguna yang ingin fitur Start Menu pada Windows 8 kembali. Jika Anda termasuk pengguna yang menginginkan fitur Start Menu kembali seperti sedia kala, maka tak perlu risau. Sebab ada beberapa cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang efektif dan bisa diterapkan sekarang juga.

Dengan cara tersebut, Anda bisa menikmati lagi menu Start pada Windows seperti sedia kala. Untuk caranya sangatlah mudah, Anda dapat langsung mengikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Menampilkan Start Menu dengan Menggabungkan Windows 8 Taskbar

Opsi pertama dalam cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang untuk Anda lakukan adalah dengan menggabungkan Windows 8 taskbar. Sebagai informasi, taskbar pada sistem operasi Windows 8 tak lagi mengikutsertakan Start Menu, namun masih berisi suatu sistem tray. Adapun sistem tray tersebut bisa dimodifikasi pengguna untuk berbagai hal, seperti mengatur sistem trah menuju ke Start folder.

Dengan begitu, secara otomatis Windows 8 taskbar memiliki tampilan yang mirip seperti Start Menu. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu:
- Pertama-tama nyalakan laptop dan klik kanan pada bagian taskbar
- Setelah itu, tekan toolbars dan klik opsi New Toolbar
- Saat Anda diminta memilih folder, bisa tuliskan format ini
%ProgramData%\Microsoft\Windows\StartMenu\Programs

- Lalu buka folder tersebut dan Anda bisa menemukan entri dalam taskbar
- Lanjutkan dengan klik kanan kembali pada bagian taskbar
- Kemudian hilangkan ceklis di bagian lock the taskbar
- Terakhir tekan entry programs dan geser ke sebelah kiri menu taskbar

Dengan cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang tersebut, kini Anda bisa menikmati Start Menu kembali seperti sedia kala tanpa harus membayar ataupun memakai software tambahan.

2. Menampilkan Start Menu Windows 8 Dengan Shortcut

Selain dengan cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang di atas, ada juga alternatif lain untuk menampilan Start Menu yang hilang di Windows 8. Namun cara kali ini dilakukan untuk dapat menampilkan tombol restart dan shutdown di bagian Start Menu. Dengan begitu, Anda bisa mudah mematikan atau restart komputer lebih mudah meskipun fitur Start Menu menghilang. Untuk caranya bisa Anda simak di bawah ini:
- Pertama-tama buka komputer dengan Windows 8 dan tekan kanan di bagian desktop
- Setelah itu tekan opsi New Shortcut
- Lalu tuliskan perintah shutdown /r /t 0 dan lanjutkan dengan tekan Next
- Sesudah itu, tuliskan nama Restart dan tekan di bagian tombol finish. Nantinya shortcut langsung muncul di desktop komputer Windows 8.
- Kemudian Anda bisa tekan kanan pada bagian shortcut dan klik properties. Lanjutkan dengan tekan tab icon dan nantinya tampil message box untuk di klik OK
- Jika sudah, Anda bisa pilih salah satu icon yang sudah disediakan
- Nantinya Anda melihat tombol shortcut Restart di komputer
- Apabila ingin menampilkan pada bagian Start Menu Metro UI, silahkan tekan kanan dan klik opsi Pin to Start
- Kalau hendak menambahkan tombol shutdown caranya sama dan hanya perlu mengubah perintah awalnya menjadi shutdown /s /t 0 dan ubah namanya menjadi Shutdown

3. Menampilkan Start Menu Pada Windows 8 dengan Software Tambahan

Jika kedua cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang di atas cukup sulit maka tak perlu khawatir. Sebab ada aplikasi atau software tambahan yang bisa membantu menampilkan start menu pada Windows 8, salah satunya yakni Pokki. Sebagai informasi, Pokki bukan suatu aplikasi khusus yang dapat menampilkan Start Menu pada sistem operasi Windows 8. Tetapi aplikasi Pokki mempunyai sejumlah fungsi yang mirip seperti start screen.

Fungsi start screen pada Pokki bisa membuka daftar program serta melakukan pencarian. Bukan hanya itu, aplikasi Pokki juga menyediakan fitur menarik lainnya yang tak ada di Start Menu biasa, salah satunya network connectivity. Aplikasi Pokki menyediakan bermacam pilihan yang menarik untuk Anda. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu:
- Pertama-tama Anda bisa mengunduh aplikasi Pokki terlebih dahulu yang tersebar di internet
- Instal aplikasinya dan buka Pokki
- Nantinya aplikasi Pokki langsung muncul dengan berbagai fitur menarik yang mirip Start Menu

Penutup

Itulah pembahasan seputar tata cara menampilkan start menu Windows 8 yang hilang dan bisa dengan mudah Anda terapkan. Dengan informasi tersebut, Anda bisa menggunakan sistem operasi Windows 8 seperti sistem operasi pada umumnya.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon