28/01/2024

3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Dijamin 100% Berhasil

3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Dijamin 100% Berhasil

Detikinfo.com - 3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Dijamin 100% Berhasil. TikTok Shop sudah menjelma sebagai platform jual beli yang populer dan memiliki jumlah pengguna cukup banyak di seluruh Indonesia. Bukan tanpa alasan, TikTok Shop menawarkan berbagai kemudahan untuk penggunanya. Kendati demikian, tidak sedikit pengguna yang melakukan kesalahan ketika melakukan pemesanan. 

3-cara-membatalkan-pesanan-di-tiktok-dijamin-100-berhasil

Dengan tutorial membatalkan pesanan di TikTok Shop, Anda bisa mengganti barang yang salah menjadi produk benar atau mendapatkan uang kembali. Hal ini jelas tak akan merugikan Anda sebagai pembeli yang sudah salah dalam memesan barang. Tidak perlu risau karena cara membatalkan pesanan di TikTok sangatlah mudah dan bisa digunakan oleh semua pengguna termasuk pemula sekalipun.

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Saat Salah Memesan?

TikTok Shop menjadi platform yang membebaskan penggunanya membeli bermacam barang sesuai keperluan dan keinginan secara online. Kendati demikian, ada saat dimana barang yang awalnya sudah dibeli melalui TikTok Shop hendak dibatalkan pembeli karena alasan tertentu. Saat itulah cara membatalkan pesanan di TikTok efektif untuk digunakan pembeli agar tidak menerima barang yang salah atau tak diinginkan kembali.

Sekedar informasi, ada beberapa cara efektif yang dapat digunakan untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop. Bagaimana caranya? Anda bisa simak langsung pembahasannya di bawah ini.

1. Tutorial Membatalkan Pesanan di TikTok yang Belum Dibayar

Berikut ini ada informasi seputar cara membatalkan pesanan di TikTok yang belum dibayarkan oleh pembeli. Sebagai informasi, pesanan yang belum dibayar adalah keterangan dalam aplikasi TikTok Shop karena Anda telah terlanjur memproses pembelian barang namun masih belum dibayarkan dengan cara atau metode pembayaran apa saja. Untuk cara membatalkannya sangat mudah, bisa Anda simak di bawah ini.
- Pertama-tama Anda bisa membuka aplikasi TikTok yang ada di HP Anda
- Kemudian buka menu Shop yang berada di bagian bawah layar dengan ikon bergambar tas belanja
- Di dalam menu Shop, pengguna akan melihat daftar barang yang dipesan dalam TikTok Shop. Pilih di antara salah satunya yang hendak Anda batalkan
- Setelah itu, tekan Cancel pada pesanan Anda atau klik batalkan di dalam menu Awaiting Payment
- Pilih salah satu alasan mengapa pesanan TikTok Anda dibatalkan
- Sesudah itu, klik opsi Submit
- Lalu hubungi dan minta penjual untuk membatalkan tahap pengiriman
- Kalau penjual setuju, nantinya pesanan secara langsung dibatalkan. Tetapi pengajuan pembatalan pesanan akan gagal kalau penjual memilih untuk tetap memproses pesanan di TikTok Anda

2. Tutorial Membatalkan Pesanan COD yang Belum Dikirimkan

Selain cara membatalkan pesanan di TikTok di atas, Anda juga bisa menerapkan tutorial membatalkan pesanan COD yang belum dikirimkan oleh penjual. Sekedar informasi, COD atau Cash on Delivery adalah salah satu sistem pembayaran tunai di tempat yang diperuntukkan kepada pembeli yang tak mempunyai saldo dompet digital ataupun kartu debit maupun kredit untuk membayar belanjaannya.

Kalau Anda memakai metode pembayaran COD ketika transaksi pembelian di TikTok dan hendak membatalkan pesanannya, silahkan ikuti langkah di bawah ini.
- Pertama-tama silahkan buka aplikasi TikTok Shop yang terpasang di ponsel Anda
- Setelah itu, buka fitur TikTok Shop yang berada di bawah menu Belanja
- Kemudian tekan menu Pesanan yang berada di sebelah kiri atas
- Cari salah satu pesanan yang akan dibatalkan
- Lanjutkan dengan tekan opsi Hubungi Penjual yang berada di bagian bawah
- Supaya dapat melakukan chat dengan penjual, tekan opsi Kirim Pesan
- Tulis pesan kepada penjual untuk meminta membatalkan pengiriman pesanan sekaligus alasan yang jelas. Anda hanya perlu menunggu penjual menyetujui permintaan pembatalan tersebut
- Jika pihak penjual telah setuju membatalkan pengiriman pesanan, otomatis di bagian menu Lacak Paket akan tampak bahwa pesanan Anda telah dibatalkan yang membuat pengantaran paket dibatalkan juga

3. Tutorial Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayarkan

Anda juga bisa menerapkan cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah dibayarkan kepada pembeli. Sekedar informasi, pesanan yang sudah dibayar adalah keterangan dalam aplikasi TikTok Shop yang di dalamnya menyatakan bahwa pembeli telah melunasi transaksi pembayarannya dan barang pun siap dikirim oleh pihak penjual. Cara untuk membatalkannya tak kalah mudah yakni:
- Silahkan buka aplikasi TikTok terlebih dahulu
- Tepat di bagian kanan bawah, Anda bisa tekan menu Profil
- Setelah itu, tekan ikon tiga garis yang berada di bagian kanan atas layar
- Kemudian klik opsi Pengaturan dan Privasi atau kerap dinamakan Settings and Privacy
- Sesudah itu, ketuk Orders atau Pesanan
- Lanjutkan dengan tekan produk di tab Alla
- Tekan pesanan yang telah dibayar
- Tepat di bagian kanan bawah layar, tekan opsi Batalkan Pesanan
- Anda nantinya masuk ke dalam menu pengembalian uang. Di bagian ini, silahkan isi alasan mengapa hendak membatalkan pembelian dan tekan Kirimkan
- Tunggu pembatalan sampai disetujui oleh pihak penjual
- Selesai, maka pesanan dibatalkan penjual

Penutup

Itulah pembahasan seputar cara membatalkan pesanan di TikTok yang bisa digunakan untuk pesanan yang belum dibayar, COD, dan pesanan yang telah dibayarkan sekalipun. Dengan pembahasan tersebut, Anda tak perlu khawatir dan lebih mudah dalam membatalkan pesanannya. 

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon