22/01/2024

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop yang Paling Mudah

5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop yang Paling Mudah

Detikinfo.com - 5 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop yang Paling Mudah. Penggunaan jaringan internet pada laptop biasanya dilakukan dengan menyambungkan perangkat tersebut dengan Wifi. Kendati demikian, jaringan Wifi tidak selamanya berada dalam kondisi bagus. Tidak jarang, wifi juga mengalami kendala yakni sinyalnya relatif lemah. 

5-cara-memperkuat-sinyal-wifi-pada-laptop-yang-paling-mudah

Cara seperti ini sangat dibutuhkan pengguna laptop yang sering menggunakan perangkat ini untuk berbagai keperluan. Apabila sinyal wifi pada laptop terlalu lemah, bukan tak mungkin perangkat tak akan bekerja secara maksimal. Namun kini Anda tak perlu khawatir, pasalnya  cara memperkuat sinyal wifi pada laptop sangat mudah dan bisa langsung diterapkan saat pengguna mendapati sinyal wifi pada laptop melemah.

Bagaimana Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop?

Di zaman sekarang, wifi atau wireless fidelity sudah menjadi salah satu kebutuhan utama sebagian besar masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Biasanya orang menggunakan wifi untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari menyelesaikan pekerjaan, belajar, bertransaksi di masih banyak lagi. Tak heran jika tata cara memperkuat sinyal wifi pada laptop sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Di bawah ini ada penjelasan lengkap tentang tata cara memperkuat sinyal wifi di laptop yang perlu dicoba sekarang juga.

1. Tutorial Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop dengan Mengubah QoS

Pertama dalam cara memperkuat sinyal wifi pada laptop yaitu dengan mengubah QoSnya. Jika Anda mempunyai perangkat laptop dengan sistem operasi berupa Windows  8 keatas, mengubah pengaturan QoS menjadi solusi jitu untuk memperkuat sinyal wifi pada perangkat tersebut. Walaupun terdengar sulit, sebenarnya cara mengubah QoS untuk memperkuat sinyal wifi di laptop cukup sederhana, yakni:
- Pertama-tama buka laptop Anda dan tekan menu Start
- Lanjutkan dengan pilih opsi Run dan tuliskan gpedit.msc
- Setelah itu, tekan Local Computer Policy dan klik opsi Computer Configuration. Jangan lupa untuk ketuk Administrative Templates
- Kemudian Anda bisa klik Network dan pilih menu QoS Packet Scheduler
- Jika sudah, tekan dua kali tepat di menu Limit Reservable Bandwidth
- Sesudah itu, tekan Enable dan tulis 0 tepat di bagian Bandwidth Limit
- Lalu tekan Apply dan terakhir klik Restart Komputer

2. Memperkuat Sinyal Wifi di Laptop dengan Flushing DNS

Berikutnya dalam cara memperkuat sinyal wifi pada laptop yaitu dengan melakukan flushing DNS pada perangkat tersebut. Dalam cara ini, flushing DNS dibutuhkan untuk mereset cache pada fitur DNS laptop yang dipakai supaya bisa menyesuaikan informasi saat terjadi perubahan data di bagian DNS yang baru. Cara tersebut dilakukan supaya koneksi internet tidak lemot dan stabil. Di bawah ini ada cara melakukan flushing DNS:
- Pertama-tama nyalakan laptop Anda dan buka menu Command Prompt
- Setelah itu tekan kanan dan klik opsi Run As Administrator
- Setelah itu, tulis flushdns / ipconfig lalu klik Enter
- Kalau sudah, tulis renew / ipconfig dan ketuk Enter
- Terakhir tekan close di bagian Command Prompt dan silahkan coba ulangi akses jaringan internet

3. Memindahkan Posisi Router

Jika kedua cara memperkuat sinyal wifi pada laptop di atas terasa sulit untuk Anda lakukan maka tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa melakukan cara yang lebih sederhana yakni mengubah posisi router wifi yang tengah digunakan. Harap pastikan router Anda ditempatkan di lokasi terbuka serta bebas dari hambatan seperti peralatan elektronik dan dinding yang tebal. Selain itu, letakkan route di tengah ruangan agar bisa mendapat jangkauan lebih luas.

4. Mengatur Skor IRPStackSize

Berikutnya dalam cara memperkuat sinyal wifi pada laptop yang bisa Anda lakukan adalah mengatur skor IRPStackSize agar membuatnya lebih tinggi. Hal tersebut memungkinkan untuk mempercepat koneksi jaringan Wifi supaya lebih kuat dan stabil. Umumnya skor IRPStackSize diatur sampai 15 saja. Padahal, skor IRPStackSize bisa mencapai 50 yang membuatnya lebih tinggi.

Jika skor IRPStackSize semakin tinggi, otomatis koneksi internet Anda lebih kuat. Di bawah ini ada cara mengatur dan meningkatkan skor IRPStackSize:
- Pertama-tama tekan Start dan klik Run
- Lanjutkan dengan tekan Regedit
- Setelah itu, tekan opsi HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM …
- Di folder tersebut, tekan kanan tepat di file DWORD yang memiliki nama IRPStackSize
- Jika sudah, tekan Modify dan ganti skornya menjadi 50
- Kalau file tak ditemukan, Anda bisa membuat file baru bernama DWORD dengan cara tekan kanan, pilih NEW, dan tekan DWORD Value. Beri nama IRPStackSize untuk file tersebut dan buat skor Valuenya menjadi 50
- Tekan OK dan tutup opsi Registry Editor
- Terakhir, restart laptopnya

5. Menggunakan Antena Eksternal

Opsi terakhir dalam cara memperkuat sinyal wifi pada laptop yaitu menggunakan antena eksternal. Ada sejumlah laptop yang sudah dilengkapi dengan antena wifi internal dan mungkin tak sekuat jika memakai antena eksternal. Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkan memakai antena Wifi eksternal yang nantinya dihubungkan ke port USB laptop itu. Antena eksternal ini bisa memberikan penerimaan sinyal yang tergolong lebih baik.

Penutup

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal wifi pada laptop yang mudah dan bisa langsung Anda terapkan sekarang juga. Berbekal informasi tersebut, kini Anda bisa menggunakan laptop yang sudah terkoneksi jaringan internet melalui wifi lebih leluasa.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon