Faktor yang mempengaruhi Kecerdasan Kreatif ( anak )

Faktor yang mempengaruhi Kecerdasan Kreatif. Seorang anak yang kreatif bukan hanya dari genetika saja, namun sangat dipengaruhi oleh peran lingkungan dan pola asuh orang tua. Bahkan dari hasil penelitian yang ada menyebutkan bahwa kedua faktor tersebut memiliki kedudukan penting setelah genetika. Bahkan, selama proses perkembangan anak, pola asuhlah yang paling berperan dalam membentuk anak menjadi kreatif. Karena perkembangan potensi kreatif anak berproses melalui interaksi antara pribadi anak dan lingkungannya ( keluarga ).

Penelitian Dacey menunjukkan bahwa keluarga dari anak kreatif sangat jauh beda dengan anak lainnya. Keluarga dari anak kreatif memperlihatkan suatu karakteristik tersendiri, diantaranya :


1. Orang tua sangat mendukung untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi kreatifnya dengan melakukan usaha-usaha yang optimal. Seperti menyediakan fasilitas belajar, memilihkan mentor terbaik bagi anak atau menyekolahkan anak di sekolah yang terbaik untuk lebih bisa memupuk kreatifitasnya.

2. Orang tua anak yang kreatif tidak terlalu banyak ikut campur dalam hal urusan minat, bakat dan kegiatan anak. Mereka hanya memberi batasan kepada anak tentang perilaku yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

3. Orang tua menunjukkan sikap humor yang tinggi, mereka sering bercanda bersama anaknya lewat kegiatan bersama anak dan ikut berperan aktif mengoptimalkan kreativitas anaknya.

4. Orang tua mendorong anak untuk tidak putus asa dan mendorong kerja keras dalam proses kreatif anaknya.

5. Orang tua dari anak kreatif sangat perhatian dan terlibat langsung dalam pendidikan anaknya.



Hal-hal diatas termasuk salah satu dari faktor yang mempengaruhi kreatifitas anak yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Semoga artikel tentang psikologi anak ini bermanfaat.

Baca juga : Definisi kecerdasan kreatif ( anak )
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site