Cara Alami Mengobati Asam Urat Yang Terbukti Ampuh Dan Tanpa Efek Samping

Detikinfo Kesehatan kali ini akan mengulas tentang Cara Alami Mengobati Asam Urat Yang Terbukti Ampuh Dan Tanpa Efek samping. Memang jika Anda sudah terkena penyakit ini (asam urat), Anda akan berasa dibatasi karena ada banyak pantangan makanan yang wajib Anda hindari seperti daging, jeroan,ikan dan kerang. Bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit asam urat ini, berikut kami share beberapa tips alami untuk solusinya

Cara alami pengobatan asam urat

Tips Ampuh Mengobati Asam Urat

1. Daun Sambiloto

Mungkin Anda kurang familiar dengan nama daun ini, tetapi jika disebutkan daun bidara mungkin Anda langsung mengetahuinya. Daun sambiloto atau daun bidara merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengobati asam urat. Caranya:

a) Siapkan daun bidara atau simbiloto kering sebanyak 10 gram, lada 1 gram, temulawak sebanyak 10 gram dan komfrey sekitar 10 gram

b) Didihkan bahan-bahan tersebut dengan 1 liter air atau 5 gelas

c) Jika sudah mendidih dan menyisakan 3 gelas air rebusan, saring dan minumlah 1 gelas perhari

2. Lemon

Buah masam ini sangat membantu Anda untuk mengobati penyakit asam urat. Karena di dalam lemon terdapat kandungan asam yang bisa membantu tubuh untuk memproduksi kalsium karbonat yang akan menetralkan asam urat.

Caranya cukup mudah, Anda bisa mengolah lemon dengan cara dijus dan bisa ditambahkan sedikit pemanis seperti gula atau madu.

3. Campuran Cengkeh dan Ubi Jalar




Ramuannya terdiri dari cengkeh 5 butir, 1 jari kayu manis, kapulaga sebanyak 5 butir, biji pala 5 gram, 15 gram jahe merah, air 1000 ml dan 200 gram ubi jalar. Lalu cucilah bahan bahan tadi dengan air bersih sampai hilang semua kotoran.

Rebus bahan-bahan tersebut dengan 1000 ml air hingga mendidih. Setelah mendidih, saring air tersebut dan Anda bisa meminum air rebusan tadi setiap hari. Untuk ubi jalarnya yang sudah matang, Anda bisa mengonsumsinya secara terpisah.

4. Daun Salam

Daun yang satu ini memang multifungsi. Selain untuk penyedap rasa makanan, daun salam juga bisa digunakan sebagai obat penyakit asam urat. Caranya cukup mudah, ikuti petunjuknya di bawah ini

a) Ambil daun salam sebanyak 20 lembar, cuci hingga bersih

b) Lalu rebus bersama air sebanyak 3 gelas. Tunggu hingga mendidih dan airnya berkurang sampai 1 gelas

c) Setelah itu saring hingga didapatkan air rebusan. Minum dua kali sehari masing-masing setengah gelas

5. Konsumsi Makanan Bersifat Basa

Penyakit asam urat timbul karena gangguan pada ginjal sehingga jumlah asam urat yang diproduksi berlebihan. Untuk menetralisir jumlah asam urat, Anda bisa memakan makanan yang bersifat basa.

Sifat basa dari makanan ini akan membantu melarutkan asam urat tersebut kemudian mengeluarkannya dalam bentuk urine. Contoh makanan yang bersifat basa adalah sayur-sayuran, buah-buahan, biji, daging dll.

6. Air Putih

Sebenarnya penyembuhan asam urat sangatlah sederhana, Anda bisa menghilangkan penyakit asam urat dengan air putih saja.

Caranya sangat mudah, Anda biasakan untuk meminum air putih sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Air putih merupakan jenis minuman yang baik untuk melarutkan asam urat dalam ginjal.

7. Daun Kumis Kucing



Mungkin agak terdengar liar di telinga Anda jika ada tumbuhan kumis kucing. Tak hanya namanya yang unik seperti hewan, daun kumis kucing juga menjadi bahan alami selanjutnya untuk mengobati penyakit asam urat. Cara pengolahannya adalah sebagai berikut

a) Siapkan bahan bahan seperti, 10 gram daun kumis kucing, 10 gram sawi tanah, 10 gram kapulaga, 15 gram jahe merah dan 10 gram meniran.

b) Campurkan seluruh bahan-bahan tadi, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih.

c) Setelah mendidih, saring ramuan tadi. Minumlah air rebusan di pagi dan sore hari sebanyak ¾ gelas.

Diatas adalah beberapa cara alami untuk mengobati penyakit asam urat. Silahkan di coba dan semoga keluhan asam urat anda segera teratasi.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site