29/06/2017

Cara Lihat video YouTube tanpa Internet Terhubung

Mungkinkah Melihat dan menyimpan video dari youtube di smartphone tanpa sambungan internet?, tentu mungkin dan bisa karena memang pihak google si pemilik situs youtube mengijinkan penggunanya untuk melihat video tanpa sambungan internet. Namun di peraturan google memang tidak diperbolehkan untuk mengunduh video di youtube karena menyangkut hak Cipta. Lalu bagaimana cara melihat youtube tanpa sambungan internet dan tetap bisa ditonton kapan saja?

menonton youtube tanpa internet

Sebenarnya ketika anda membuka aplikasi youtube di smartphone android dan memainkan salah satu video dan channel kesukaan disana sudah disediakan oleh youtube opsi menyimpan video yang nantinya bisa diputar secara offline alias tanpa terhubung ke internet.

Namun yang perlu digaris bawahi disini adalah opsi 'simpan' yang ada di youtube bukanlah opsi untuk mengunduh file dengan format video yang sudah umum dan bisa diedit seperti format mp4, 3GP, Avi, MPEG dan lain sebagainya, yang ada dan ketika ditelusuri formatnya adalah '.exo' dengan beberapa file yang masih dibagi menjadi beberapa bagian untuk satu video saja.

Oleh sebab itulah, opsi menyimpan file video youtube bukanlah menciptakan file dengan format video standar yang bisa diputar di player movie pada umumnya tapi hanya bisa diputar di aplikasi youtube itu saja. Jadi jangan harap bila anda sudah melakukan penyimpanan file video youtube dan mencarinya tentu tidak akan ketemu format movie seperti pada umumnya.

Untuk menonton video youtube tanpa ada kuota data Internet sebenarnya bukan berarti anda tidak menggunakan data sama sekali, tapi data yang digunakan adalah data untuk pertama kali saja melakukan pengunduhan dan ketika nanti video tersebut diputar ulang maka tanpa koneksi internetpun sudah bisa ditonton karena file unduhan sudah tersimpan di media penyimpanan ponsel atau Memori Eksternal smartphone.

Baca juga : 5 Youtuber Indonesia Terkaya berpenghasilan Jutaan Rupiah






Cara menonton Video Youtube tanpa Internet

1. Buka aplikasi Youtube di smartphone lalu cari video mana yang anda sukai

2. Setelah video terbuka, di bawahnya ada opsi 'Simpan', klik opsi tersebut

cara simpan youtube dan menonton tanpa internet

3. Akan ada beberapa pilihan ukuran resolusi yang bisa anda pilih, semakin besar resolusi maka semakin jernih namun ukuran file juga semakin besar, terserah anda memilih yang mana.

Ada tiga pilihan kualitas video di Opsi penyimpanan diantaranya :

a. Rendah - 144p
b. Sedang - 360p
c. HD - 720p

Admin sendiri lebih suka memilih yang opsi Sedang karena selain kualitas gambar tidak terlalu jelek juga ukuran file tidak terlalu besar untuk ruang penyimpanan.

4. Setelah memilih ukuran kualitas gambar videonya, silahkan tekan tombol 'oke'

5. Nantinya ketika anda ingin melihat videonya, matikan saja sambungan data internet, kemudian lihat di beranda Youtube bagian bawah ada beberapa opsi, pilih menu Folder 'koleksi' > video offline.

cara lihat file offline youtube

6. Selamat, anda sudah bisa menonton video dari youtube secara offline tanpa adanya sambungan internet.

Baca juga : Cara Unduh video Youtube Format MP4 di Android

Saran Admin, bila ingin lebih hemat data internet dari kartu selular dan ingin sekali menyimpan banyak video secara offline maka gunakan sambungan WiFi gratisan, bisa di rumah teman atau dimanapun agar tidak membuang kuota sia-sia hanya untuk mengunduh file video yang tidak kecil ukuran filenya.


Emoticon Emoticon