24/08/2017

Cara Mengatasi Sim Card iPhone Tidak terbaca atau Error

Kali ini admin akan membahas khusus tentang cara mengatasi Sim Card iPhone yang error atau tidak terbaca yang biasanya ada notifikasi di layar 'No Sim Card installed', yang mana bila ada tulisan tersebut tentu saja sinyal operator selular tidak akan muncul di layar alias kartu sim selular tidak terdeteksi di perangkat iPhone.

Cara Mengatasi Sim Card iPhone Tidak terbaca atau Error

Umumnya di semua perangkat Ponsel, tidak terkecuali iPhone, ketika pengguna memasukkan kartu Sim selular yang masih aktif bisa terdeteksi secara otomatis oleh perangkat tersebut. Namun bisa menjadi masalah dan membuat penggunannya bingung apabila Sim Card tidak bermasalah namun dipasang di ponselnya tidak bisa terdeteksi.

Permasalahan No sim card installed tidak hanya terjadi di iPhone saja, hampir semua perangkat selular bisa mengalaminya dan penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena hardware, Sistem operasi, maupun pada masalah kartu selular itu sendiri.

Khusus bagi pengguna iPhone permasalahan sim card not installed yang tertera di layar sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Terkadang ada cara pemasangan yang sidikit keliru dari penempatannya saja juga bisa menyebabkan sim card tidak terdeteksi di iPhone.

Baca juga : Tips Beli iPhone Bekas yang berkualitas dan layak pakai

Nah, untuk mengetahui berbagai penyebab dan cara mengatasi permasalahan kartu sim selular di HP iPhone tidak terbaca maka kita harus mengetahui dahulu apa penyebabnya dan nantinya akan mudah mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Tips Mengatasi Sim Card iPhone tidak terbaca

Untuk mengetahui beberapa sebab kartu sim tidak terbaca tentu harus dimulai dari pengecekan dasar yang sudah diterangkan oleh situs resmi Apple sebagai produsen iPhone, yuk disimak penjelasannya.



1. Pastikan kartu masih aktif walaupun masih dalam masa tenggang, karena kartu yang sudah tidak aktif tidak akan terbaca oleh sistem.

2. Pastikan kartu SIM selular terpasang dengan benar kemudian aktifkan mode pesawat (Air plane mode) di iPhone yang sedang bermasalah tadi, tunggu untuk beberapa saat dan nonaktifkan kembali mode pesawat agar sistem mendeteksi Sim Card . Lihatlah apakah kartu sudah terdeteksi atau belum, bila belum lanjut ke tips kedua

2. Reboot iPhone anda, caranya tekan tombol power dan tahan sampai ada opsi penggeser, pilih untuk mematikan ponsel. Kemudian setelah iPhone mati hidupkan dengan cara tekan terus tombol power dan tombol Home secara bersamaan dan tunggu sampai muncul logo Apple di layar. Tunggu sampai iphone menyala dan lihatlah apakah kartu sim sudah terdeteksi atau belum.

3. Coba ganti kartu Sim dengan sim card kartu lain, semisal pinjam sim card teman, coba masukkan ke dalam iPhone, apakah terbaca ataukah sama ' no sim card installed juga?

4. Coba lepas kartu sim dan bersihkan Logam di sim card dengan penghapus pensil lalu pasang kembali di iPhone. Biasanya kotoran berwarna hitam di Kartu selular bisa lepas hanya dengan digosok dengan penghapus pensil

5. Perbarui sistem iPhone atau iOS ke versi terupdate, caranya masuk ke menu pengaturan lalu masuk ke opsi Umum kemudian ke opsi Tentang, silahkan cek apakah pembaruan sistem tersedia ataukah tidak, bila iya silahkan perbarui sistem iOS iPhone anda.

6. Bila setelah di update sistemnya namun tetap saja tidak mengatasi masalah dengan pembacaan kartu sim di iPhone anda maka langkah terakhir adalah membawanya ke service center iPhone atau pusat penjualan iPhone anda.

Jangan coba membongkar segel bila masih ada masa garansi dari delaer resminya iPhone agar bisa claim garansi nantinya.

Nah, itulah tips paling mudah mengatasi Sim Card tidak terbaca alias No card Installed di HP iPhone, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon