27/08/2017

Cara Mengetahui Posisi HP Android yang Hilang atau dicuri

Kembali lagi admin DetikInfo akan membahas tips seputar android, dimana pembahasan kali ini adalah tips untuk melacak HP Android yang hilang atau dicuri. Namun tidak menutup kemungkinan android hilang disini bisa karena anda lupa meetakkannya, HP terjatuh di di jalan, disembunyikan teman atau memang ponsel anda dicuri dan ingin menemukannya kembali.

Cara Mengetahui Posisi HP Android yang Hilang atau dicuri

Android memang perangkat yang canggih, sebuah perangkat kecil smartphone yang hilangpun bisa ditemukan kembali dengan mudah. Tidak hanya itu saja, dengan mengetahui cara kerja bagaimana cara server android bisa melacak keberadaan gadget tersebut berarti fungsinya bisa dikembangkan sebagai alat mata-mata juga lho, seperti memata-matai keberadaan pacar misalnya atau keperluan lain.

Teknologi GPS yang ada di smartphone android semakin membantu melacak ponsel yang terselip, terjatuh di jalan, disembunyikan teman atau bahkan dicuri sekaipun.

Nah, ada syarat khusus agar ponsel android yang hilang tersebut bisa ditemukan kembali, yaitu sebelum ponsel hilang anda dulunya sudha mengaktifkan fitur remote dan juga akses lokasi di pengaturan keamanan android.

Baca juga : Cara melacak HP XIAOMI hilang/dicuri

Jadi bagi anda yang belum mengalami ponsel hilang atau terselip di suatu tempat maka mulailah dari sekarang untuk mengaktifkan opsi akses lokasi yang ada di pengaturan keamanan ponsel android. Dan bagi yang sudah terlanjur kehilangan smartphonenya silahkan diingat-ingat apakah dulunya sudah mengaktifkannya atau belum, namun jangan khawatir karena kita bisa mencoba melacaknya dengan tips yang akan admin bagikan di bawah nanti.

Cara Mengaktifkan Fitur ADM (android Device Manager)

- Silahkan aktifkan GPS di ponsel android

- Kemudian Buka googl Settings dan milih menu security atau keamanan

- Lalu beri centang opsi Remotely Locate This Device dan juga opsi Allow Remote Lock And erase

Dengan melakukan langkah diatas maka nantinya bila Ponsel anda hilang bisa dnegan mudah ditemukan kembali. Jadi mulailah mengaktifkan fitur penting tersebut mulai sekarang.

Cara Melacak Android Hilang atau Dicuri



1. Siapkan Ponsel android ataupun Laptop, bisa penjam teman kalau tidak punya..hehe

2. Silahkan akses situs ADM yaitu di : https://www.google.com/android/devicemanager atau bila anda memakai ponsel android bisa menginstall aplikasi Android Device manager dari google play store

menemukan android hilang atau dicuri

3. Langkah selanjutnya silahkan masuk dan login di ADM dengan menggunakan akun google yang tertanam di HP android hilang, jangan menggunakan akun lain karena sistem pelacakan server android menggunakan data akun google dari ponsel yang bersangkutan.

4. Setelah anda berhasil login ke akun google maka akan ada keterangan disana apakah ponsel yang hilang masih dalam kondisi Online atau tidak. Peta yang disertakan juga sangat akurat untuk mengetahui keberadaan posisi ponsel secara realtime.

Notes: Untuk kasus lainnya, bila ponsel yang hilang tadi tidak menyala koneksi datanya maka status terakhir terlihat juga akan tampak di layar.

Namun bila akun google yang ada di ponsel telah dihapus oleh si penemu ponsel maka sudah barang tentu ponsel anda tidak akan bisa terlacak seccara realtime lagi.

Anda juga bisa melakukan hapus data, mengunci android jarak jauh, atau menderingkannya ketika sudah menemukan letak posisi ponsel yang hilang tersebut, semua serba jarak jauh dan ada opsi di android device manager untuk melakukan itu semua.

Jadi kesimpulannya, bila ponsel android yang hilang tadi umpamanya sudah direset ulang oleh si penemu atau bahkan dilakukan flashing firmware-nya, maka kesempatan untuk menemukan ponsel tersebut akan sulit bahkan mustahil.

Untuk secepatnya menemukan HP Android yang baru saja hilang sebaiknya secepat mungkin melacaknya dan koneksi data masih terhubung di HP hilang tersebut, Jadi percuma saja melacaknya kalau koneksi datanya tidak aktif posisi tersebut.

Sekian dulu info dan tips seputar melacak android hilang ataupun dicuri, semoga bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon