01/09/2017

5 Cara jitu Hemat Data Internet saat Nonton Youtube

Ada pertanyaan seberapa seringkah anda melihat tayangan Youtube atau film di Netflix dalam rentang sehari ? Melihat video via Internet merupakan kebiasaan yang baru era digital saat ini, dimana hampir semua yang ingin kita ketahui ada di saluran digital tersebut seperti trailer film terbaru, melihat film korea, Nonton serial sinetron, review produk dan lain sebagainya mudah didapat dengan cara streaming video dengan kualitas yang bagus pula.

5 Cara jitu Hemat Data Internet saat Nonton Youtube

Namun ada konsekuensi yang timbul dari seringnya melihat tontonan di youtube atau tempat live streaming lainnya yang salah satunya adalah bikin kantong jebol.

Maklum saja bikin uang cepat keluar untuk beli kuota internet karena streaming video tersebut menjadi momok nomor satu dalam menyerap kuota data internet yang kita punya.

Terlebih lagi di smartphone sudah terinstall aplikasi streaming music seperti Joox maupun spotify, tentu dalam sehari bisa menghabisakan bukan hanya ukuran Megabyte namun sudah habis ber-Gigabyte.

Baca Juga



Terkadang juga banyak pengguna smartphone yang merasa kuota datanya cepat habis karena tidak tahu menahu kalau tontonan video youtube streaming yang Dia putar itu menyedot kuota yang tidak tanggung-tanggung besarnya per sekali main. Bayangkan saja kalau yang ditonton itu sudah berupa film tentun durasi puluhan menit bahkan sampai satu jam lebih tidak akan terasa dan kuotapun habis tanpa disadari.

Cara Hemat Data Internet ketika Nonton Youtube

Namun anda yang tidak mempunyai langganan Kuota bulanan yang Unlimited dan hanya mengandalkan kartu selular sebagai perantara koneksi internet tidak perlu risau, Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghemat kuota data internet ketika menonton tayangan youtube dari smartphone, apa saja tipsnya ?

Aplikasi Penghemat Data

Cara Hemat Data Internet ketika Nonton Youtube dan netflix

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi penghemat data yang banyak tersedia di play Store, Tapi bagi anda yang tidak ingin coba-coba maka bisa mencoba salah satu aplikasi data saving seperti Opera Max, Dimana fitur penghemat data dari aplikasi tersebut bisa mengurangi dampak terserapnya data ketika menonton streaming youtube.

Begitu pula ketika anda melihat tontonan Netflix, Opera Max juga akan menghemat data sekitar 60 Persen dan ada statistik setiap per megabita data yang telah anda gunakan untuk menonton.

Seperti diketauhui, Opera Max mempunyai algoritma khusus yang telah dipatenkan untuk melakukan kompresi data video, foto maupun teks sehingga dapat menghemat bandwidth Internet.

Limit Penggunaan Data



Ada solusi mudah menghemat kuota data ketika nonton streaming tanpa install aplikasi apapun yaitu dengan melakukan limit data yang anda gunakan. Dengan memanfaatkan pembatas data tersebut nantinya anda tidak akan kecolongan dan terlena ketika batas yang telah ditetapkan mencapai limitnya.

Gunakan pembatas penggunaan data internet melalui android dengan cara masuk ke menu pengaturan dan lakuka pengaturan opsi penggunaan data dengan jalan mengaktifkan 'Alert me about data usage'. Ketika nantinya anda menonton streaming, baik itu di youtube atau pemakaian lainnya dan menccapai batas yang telah anda tetapkan maka muncul notifikasi di layar.

Menurunkan Resolusi Video

Nah, cara yang satu ini jarang dimanfaatkan oleh pengguna smartphone yang sering nonton video di youtube. Untuk menghemat pengeluaran karena terkikisnya data internet maka turunkan kualitas gambar atau resolusi video yang anda tonton.

Baca : Cara Merubah Resolusi Layar Youtube agar streaming lancar

Untuk menurunkan kualitas resolusi video di youtube bisa dilakukan dengan cara menekan opsi Quality, anda bisa menentukan apakah kualitas video beresolusi rendah, sedang atau bahkan kualitas tinggi. Semakin rendah anda melakukan setting Quality maka semakin menghemat asupan data internet. meskipun dengan kualitas paling rendah sekalipun saya yakin kalau dilihat dari smartphone masih terlihat jelas.

Dan tips untuk pengguna streaming Netflix bisa menurunkan resolusi streaming video dengan 3 pengaturan yaitu High (Up to 3G/Hour), Medium (Up to 0.7 GB/Hour) atau dengan kualitas rendah yaitu 0.3GB/Hour

Simpan Video favorit

Walau youtube tidak mengijinkan penggunanya untuk mengunduh video karena menyangkut hak cipta namun pihak youtube memberikan opsi untuk menyimpan video agar bisa ditonton Offline (tanpa koneksi internet).

Bedanya, bila anda mengunduh video youtube melalui berbagai aplikasi downloader dengan hasil unduhan yang bisa diputar ke berbagai aplikasi video player amun untuk hasil file simpanan youtube mode offline tidak akan bisa diputar tanpa menggunakan aplikasi youtube itu sendiri karena filenya berupa potongan-potongan tertentu.

Baca :
Cara Unduh Youtube format MP4 di Android
Cara Lihat Youtube Tanpa Internet Terhubung

Jadi bagi anda yang inging mengemat kuota internet untuk nonton youtube bisa mengunduh atau menyimpan video kesukaan tanpa perlu berulangkali melakukan streaming kalau hanya untuk mengulangi menonton movie serupa.

Gunakan Koneksi Wi-Fi

Cara terakhir untuk hemat internet data ketika streaming video online yaitu gunakan koneksi Wi-Fi dari hotspot yang tersedia di sekitar anda berada.

Tentunya opsi yang terakhir ini tidak semua pengguna smartphone bisa melakukannya karena memang ada beberapa daerah tertentu yang menawarkan free WiFi namun konsekuensinya anda harus repot menuju tempat tersebut hanya untuk menonton youtube.

Namun bagi anda yang memang hobi nonton streaming video maka bisa berlangganan koneksi internet bulanan dari hotspot di daerah sekitar anda berada. Tentunya hitungan dana yang anda keluarkan setiap bulannya-lah yang menjadi patokan ingin beralih ke WiFi atau tetap menggunakan kartu selular sebagai jembatan data internetnya.


Emoticon Emoticon