10/09/2017

Cara Hilangkan Notifikasi Situs di pojok layar Laptop

Jumpa lagi dengan admin Detikinfo yang kali ini akan membahas tentang cara menghilangkan notifikasi atau pemberitahuan dari situs tertentu yang muncul di pojok kiri Layar laptop (PC). Dimana seseorang yang biasa berselancar di dunia maya dan login di salah satu situs tertentu bisa saja memunculkan suatu balon pemberitahuan dari website dan tampak di pojok layar.

Cara Hilangkan Notifikasi Situs di pojok layar Laptop/pc

Namun yang namanya pengguna PC atau laptop pastinya ada yang suka dengan balon notifikasi di layar atau bahkan sebaliknya merasa terganggu apalagi isi dari notofikasi sangat privacy yang takutnya bisa dilihat oleh orang lain yang sedang bersama kita.

Banyak situs-situs yang sudah memasang script notifikasi bagi pengunjungnya, yang pada sebagian besar tujuan dari akses notifikasi tersebut biasanya untuk beriklan, pemberitahuan update, Notifikasi fitur terbaru, postingan terbaru dan tujuan lainnya.

Munculnya balon notifikasi di layar laptop atau PC tersebut sebenarnya tidak akan bisa muncul bila di awal anda melakukan login di salah satu situs yang anda kunjungi tidak menekan tombol 'yes' dalam popup pemberitahuan yang mengisyaratkan nantinya anda ingin menerima atau tidak pemberitahuan lebih lanjut dari situs yang bersangkutan tersebut.

Mungkin anda pernah membuka browser di laptp dan masuk ke akun facebook maupun pernah melakukan login di akun Jual Beli online serti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli dan lain sebagainya, maka kemungkina besar mendapat popup yang muncul di layar desktop akan semakin banyak. Bisa membuat anda terbantu atau bahkan anda merasa sebal karena banyaknya notifikasi yang sebentar-bentar mucul di layar.

Baca Juga



Mengapa Balon Notifikasi di layar bisa muncul ?

Seperti salah satu contoh anda pernah melakukan login dari laptop di situs E-Commerce paling populer saat ini yaitu Situs Jual beli Tokopedia, yang mana ketika anda pertama kali login di Browser akan ada popup melayang dan menempel di bagian paling atas situs Tokopedia tersebut yang memberitahukan apakah anda nantinya ingin berlangganan notifikasi desktop ataukah tidak.

Bila anda menekan tombol setuju atau Iya di dalam popup notifikasi tersebut maka nantinya setiap ada yang baru atau bahasa mudahnya setiap ada Pesan terbaru, fitur, promo, update terbaru atau Cuplikan pemberitahuan penting dari pihak tokopedia tersebut akan ditampilkan di pojok kanan bawah laptop anda.

Cara kerjanya mirip dengan yang ada di smartphone android, ketika ada sesuatu yang baru dari aplikasi yang pernah dilakukan login sebelumnya maka akan tampak di layar dan bisa dibaca petikan notifikasi tersebut sebelum anda membuka serta membacanya secara keseluruhan.

Namun bila anda pada awal mula login ke situs tersebut dan tampak ada notifikasi di layar atas dan anda tidak menyetujuinya maka di situs tersebut memang tidak diijinkan memberikan kiriman kee desktop atau browser yang sedang anda buka.

Intinya Balon pemberitahuan di layar tidak akan bisa muncul sampai anda memberikan ijin kepada pihak situs untuk melakukan hal tersebut.

Cara Hilangkan PopUp Notifikasi di Layar Laptop

Tapi bila anda terlanjur melakukan Klik setuju di dalam popup yang tampil dan memang sebelumnya tidak tahu apa itu maksudnya serta sekarang ingin menghilangkan Popup Notifikasi bisa anda simak tipsnya di bawah ini.



1. Pertama kali silahkan buka browser yang sering anda gunakan untuk masuk Akun alias login ke situs yang biasa anda kunjungi, jadi bisa browser chrome, Opera atau bahkan peramban bawaan android. Namun coba lihat dahulu Notifikasi yang keluar di layar dan ingin dihilangkan itu dari situs mana dan anda pernah membukanya dari browser apa.

2. Nah, Contoh disini saya menggunakan peramban Chrome dan ingin menghilangkan notifikasi Tokopedia yang selalu muncul di pojok kanan bawah laptop.

3. Buka browser chrome dan masuk ke opsi menu, letaknya di pojok kanan atas kemudian pilih menu Settings

setting notifikasi di browser chrome

4. Kemudian scroll halaman sampai kebawah dan klik tombol 'advanced' agar opsi yang lain bisa terbuka

5. Cari opsi 'Content Setting' lalu masuk ke opsi Notifications

menonaktifkan popup situs di browser chrome

6. Di halaman yang terbuka tersebut ada daftar beberapa situs yang pernah anda kunjungi dan memberikan opsi notifikasi update.

7. Cari situs mana yang ingin anda hilangkan popup-nya, disini admin mencontohkan menghilangkan notif dari tokopedia

8. Klik pada samping nama situs (ikon berupa tanda titik 3 vertikal) dan pilih opsi Block

9. Dengan melakukan block Popup Update Notification terhadap situs tersebut maka nantinya anda tidak akan bisa lagi melihat bila ada pemberitahuan berupa popup melayang ddi pojok kanan bawah layar laptop.

Bagaimana, sudah siap mempraktekkan tips dari admin diatas?, semoga tutorial tentang cara disable Popup Notification di layar PC/Laptop diatas bermanfaat untuk para pembaca sekalian.


Emoticon Emoticon