12/03/2018

Cara setting penyimpanan kamera HP Samsung ke MicroSD

Cara mengubah penyimpanan kamera HP Samsung dari Internal ke eksternal - Di beberapa tipe smartphone samsung Android ada ukuran memori internal yang bisa dibilang minim space-nya, Apalagi kalau sudah banyak aplikasi terinstall justru menambah konsumsi internal memori, belum lagi kalau untuk proses menyimpan file foto hasil jepretan kamera maupun merekam adegn video, pastinya memori perangkat akan cepat habis.

Cara setting penyimpanan kamera HP Samsung ke MicroSD

Disini admin akan membahas tentang cara untuk mengubah arah penyimpanan aplikasi kamera agar tidak lagi menggunakan memori internal dan langsung tersimpan di kaertu SD (memori eksternal). 

Tentu saja tips ini bukan hanya untuk pengguna HP Samsung galaxy yang memiliki memori internal minim namun juga bagi pemilik Ponsel Samsung yang sudah mulai kehabisan space internal memorinya karena banyaknya file yang sudah ada sebelumnya.

Seperti diketahui, bahwasanya setiap smartphone android, tidak terkecuali HP Samsung, di Aplikasi kamera selalu setelan default (bawaan sistem) menggunakan space memori perangkat sebagai media penyimpanan hasil foto maupun video.

Jadi jangan heran, apabila anda sudah merasa menancapkan kartu SD (MicroSD) ke ponsel namun ketika melakukan jepretan foto ternyata file tidak masuk ke kartu eksternal melainkan langsung menuju ke internal memori.

Cara memindah letak penyimpanan Kamera ke kartu SD

Untuk lebih menghemat ruang internal di HP Samsung anda sebaiknya lakukan pengaturan arah penyimpanan aplikasi kamera menuju ke kartu SD atau penyimpanan eksternal, tentu saja hal ini sangat berguna apabila sewaktu-waktu ponsel anda terkena masalah di sistem yang mengharuskan ponsel harus direset atau di flashing ulang agar tidak kehilangan data foto atau video karena sudah berada di kartu MicroSD.

Untuk itu, di bawah ini admin akan menjelaskan bagaimana cara mengubah media penyimpanan kamera di HP Samsung galaxy agar tidak menggunakan memori internal untuk proses menyimpan filenya. Untuk contoh, admin menggunakan ponsel android Samsung dnegan sistem versi Marshmallow didalamnya, silahkan disimak.

1. Silahkan Buka aplikasi kamera bawaan HP Samsung

2. Kemudian masuk atau tekan tombol menu pengaturan di pojok kanan atas, ikon berbentuk roda gigi

Cara memindah letak penyimpanan Kamera ke kartu SD

3. Lalu pilih Opsi 'lokasi peyimpanan'

4. di tampilan yang melayang tersebut ada 2 opsi yaitu Perangkat dan kartu SD, silahkan pilih yang Kartu SD

5. Admin asumsikan kalau anda sudah menancapkan kartu SD (MicroSD) ke HP samsung supaya pilihan tersebut bisa muncul dan berfungsi.

Dengan tips diatas nantinya setiap andda melakukan bidikan kamera atau merekam adegan video maka file akan langsung tersimpan otomatis ke kartu microSD. Semoga tips diatas bermanfaat untuk pembaca DetikInfo.com dan terima kasih.


Emoticon Emoticon