17/03/2018

Tips Agar Jepretan Foto Android menyimpan Data Lokasi

Cara menyimpan Tag Lokasi Foto kamera di HP Android - Mungkin anda salah satu dari sekian banyak pengguna HP Android yang selalu mengabadikan momen tertentu dengan jepretan foto. Namun tahukah anda kalau sebenarnya pada image yang dihasilkan jepretan kamera bisa tersimpan berbagai informasi seperti tanggal pengambilan gambar, ukuran file, ukuran resolusi foto, letak penyimpanan dan juga bisa berupa informasi Tag Lokasi alias sematan info lokasi yang tempat anda mengambil foto.

Tips Agar Jepretan Foto Android menyimpan Data Lokasi

Pada setiap smartphone android yang disertai fitur kamera dan juga menu GPS bisa digunakan untuk mengambil foto lengkap dengan info lokasi yang seccara otomatis sudah tersemat di rincian image yang tersimpan, dan hampir semua ponsel android, tipe apapun itu bisa mengaktifkan opsi yang bisa dibilang jarang digunakan oleh pengguna android.

Fungsi Tag Lokasi pada hasil foto kamera android bisa berfungsi menyimpan data informasi dimana anda melakukan jepretan foto dan juga bisa membagikan informasi tersebut kepada teman tanpa menggunakan dua aplikasi semisal share info lokasi dan lain sebagainya.

Dibalik keuntungan menyematkan info lokasi pada foto hasil jepretan kamera, ada juga yang perlu diwaspadai semisal anda melakukan bidikan kamera di tempat yang seharusnya privasi dan tidak seorangpun boleh melihatnya namun karena anda lupa mematikan fitur tag Lokasi menjadikan orang yang melihat hasil share foto kita bisa tahu dimana letak anda mengambil gambar tersebut.

Jadi, untuk beberapa urusan tertentu menyematkan info lokasi pada foto bisa sangat berguna, contohnya anda berekreasi ke lokasi yang belum pernah dilihat teman anda di sosial media, maka dengan mengaktifkan info lokasi pada bidikan kamera android menjadikan teman yang anda beri (share) foto tersebut jadi tahu dimana letak pengambilan gambar lengkap dengan peta yang tersemat didalamnya.

Baca Tips Android berikut :

Cara menyematkan info lokasi foto kamera Android

Di bawah ini akan admin berikan tips mudah melakukan setting agar hasil jepretan kamera foto di HP android bisa menyimpan info lokasi pengambilan gambar, Disini admin mencontohkan menggunakan HP Samsung android dan untuk pengguna smartphone tipe lainnya bisa menyesuaikan letak tata letak menunya, silahkan disimak.

1. Silahkan buka Aplikasi atau menu kamera di HP android

2. Kemudian masuk pada menu pengaturan kamera, umumnya ikon settingan berupa roda gigi atau berupa titik tiga

3. Setelah itu geser slider di opsi 'Tag lokasi' untuk mengaktifkan fitur

Cara menyematkan info lokasi foto kamera Android

4. Tutup kembali pengaturan dan aktifkan Fitur GPS di ponsel dan aktifkan pula koneksi internet agar lokasi anda saat itu terdeteksi

5. Cobalah melakukan bidikan objek dan coba lihat hasilnya



6. Nah, cara melihat apakah hasil foto tersebut menyimpan info data lokasi kita, silahkan buka foto yang sudah tersimpan lalu masuk ke opsi rincian atau detail

7. Disana akan terlihat Maps beserta informasi lokasi dimana foto tersebut diambil

Mengubah informasi Tag Lokasi foto

Walaupun informasi sematan lokasi bisa tersimpan di foto hasil jepretan kamera android, namun hal tersebut tidaklah permanen karena bisa dilakukan manipulasi atau perubahan data didalamnya.

Misalnya anda baru saja mengambil foto di lokasi Surabaya dan ingin mengubahnya seolah anda sedang mengambil image tersebut di lokasi Jakarta, hal tersebut mudah sekali dilakukan. Simak tips mengubah info sematan lokasi foto android di bawah ini:

1. Silahkan buka foto yang ingin diubah Tag lokasinya

Mengubah informasi Tag Lokasi foto

2. Kemudian masuk ke opsi menu dan masuk ke Rincian atau detail kemudian klik opsi Ubah

3. Setelah itu hapus info lokasinya dan ubah dengan lokasi yang anda inginkan kemudian simpan perubahan.

Itulah tips mudah melakukan jepretan foto di HP android disertai dengan informasi sematan lokasi pengambilan image, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon