23/04/2018

Syarat Ambil Uang Western Union di kantor Pegadaian

Cara dan Syarat Ambil Uang WU di Pegadaian - Mungkin banyak yang bertanya-tanya Apakah bisa mengambil uang kiriman Western Union (WU) di kantor pegadaian?. Mungkin sudah umum kalau ingin transaksi WU harus di kantor Pos atau melalui gerai Indomaret. Namun kalau rumah kita dekat dengan Pegadaian mengapa tidak ambil WU di sana?

Cara dan Syarat Ambil Uang WU di Pegadaian

Admin sendiri sudah biasa bertransaksi kirim dan ambil uang via jasa Western Union, Dan selalu saja kantor Pos merupakan pilihan saya. Entah karena cabangnya di setiap kecamatan ada atau memang dari dulu saya tahunya untuk ambil uang WU harus ke kantor Pos Indonesia.

Ternyata, setelah ada kejadian waktu itu pas trouble sistem pengambilan uang Wastern Union di Kontor Pos, gagal ambl uang di tingkat Pos kecamatan saya beralih ke kantor Pos Kota, ternyata sama saja. Hari itu katanya petugas Pos kalau sistem transaksi Western Union di seluruh kantor Pos Indonesia mengalami troubel dan dalam asa perbaikan sampai sore hari.

Lalu mengapa saya tidak mengambil kiriman WU di indomaret saja?, jawabannya simple, karena sampai saat ini saya selalu gagal mengambil kiriman Western union di Indomaret yang jumlahnya 5 juta keatas. Entah Saldonya gerai indomaret yang saya datangi tersebut kurang atau apa saya tidak tahu pasti.

Baca Juga :

Tidak hanya di satu indomaret saja yang pernah saya coba untuk ambil uang WU diatas 5 Juta gagal, banyak market indomaret di daerah Blitar dan Tulungagung saya singgahi ternyata jawabannya saldo tidak mencukupi atau bahkan dengan 'alasan' trouble.

(Catatan: maaf, bukan bermaksud menyudutkan Indomaret, namun ini hanya pengalaman admin saja yang selalu gagal mengambil uang Western union dengan nominal diatas 5 juta dan gagal, dan itu tidak hanya satu kali namun berkali-kali dan akhirnya saya beralih ke kantor Pos sampai saat ini)

Karena memang tidak sabaran, saya memutuskan berselancar di Internet dimanakah tempat mengambil uang selain di indomaret dan juga di kantor Pos pada hari itu, dan ternyata ada Info kalau mengambil uang via jasa kantor Pegadaian bisa dilakukan. Bahkan bisa juga dilakukan di Bank-bank tertentu seperti Bank Jatim, BRI, Mandiri syariah dan lainnya dengan logo khusus Western union yang biasa tertempel di kaca depan kantor Bank.

Cara dan syarat Ambil uang WU di Pegadaian


Lanjut ke tutorial, kali ini admin akan membahas tips dan syarat apa saja sebelum menuju ke kantor pegadaian untuk ambil uang kiriman Western Union disana.

Syarat Ambil uang WU di Pegadaian:
  • Foto copy Kartu pengenal berupa KTP (kartu tanda penduduk)
  • Foto copy kartu Keluarga (KK)
  • SIM (Surat Ijin Mengemudi) - Opsional, lebih baik dibawa untuk jaga-jaga bila diperlukan

Cara mengambil uang WU di Pegadaian:



1. Silahkan menuju ke kantor pegadaian terdekat rumah anda

2. Selanjutnya, isi blanko atau isian data untuk pengambilan uang Western union yang sudah dipersiapkan di loket

3. isi dengan benar, seperti nama, alamat dan estimasi jumlah kiriman uang dari pengirim. Lalu isi juga identitas penerima dengan benar dan sesuai dnegan yang ada di KTP dan juga KK.

blangko pengamblan western union di pegadaian

4. Jangan lupa juga input Nomor kontrol pengiriman uang atau MTCN-nya di berkas tersebut

5. Setelah itu, kumpulkan blanko WU yang sudah terisi lengkap dengan fotokopi KTP dan KK ke petugas Pegadaian

6. Tunggu sampai proses validasi selesai dan anda akan dipanggil untuk menandatangani berkas yang ditempeli materai 6000 oleh petugas dan juga tandatangan di struk pengambilan uang.

bukti transaksi pengambilan WU di pegadaian

7. Setelah penandatanganan selesai, anda akan menerima uang kiriman Western union dipotong biaya materai sebesar enam ribu Rupiah saja, selamat!

Catatan, untuk berjaga-jaga kalau identitas kita kurang di persyaratannya, silahkan bawa juga KTP asli, KK Asli dan juga kalau ada SIM (surat ijin mengemudi). Semua harus sama informasinya, seperti nama, alamat dan tempat tanggal lahir.

Itulah tips singkat tentang cara mengambil uang kiriman western union di kantor pegadaian, silahkan praktekkan dan admin tunggu ulasan pengalaman sobat ketika ambil uang WU di pegadaian pada kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.

1 komentar

Kalau saya belum pernah di Pegadaian. Tapi biasanya kalau di Pos trouble atau kas saldo di pos tidak cukup, saya pasti pilih ke BSM (Bank Syariah Mandiri) atau Bank BJB.

Karena saya pikir bank pasti stok uangnya selalu ada hehe..


Emoticon Emoticon