25/04/2018

3 Jenis Reset di HP Samsung Versi Marshmallow, Apa saja fungsinya?

Fungsi 3 Jenis Reset di HP Samsung versi Android Marshmallow - Ketika mengalami masalah di smartphone android, semisal ada problem di jaringan, ada masalah di aplikasi, atau kita ingin mengembalikan semua pengaturan sistem di HP ke posisi bawaan pabrik maka bisa dilakukan dengan fitur yang bernama Reset.

Fungsi 3 Jenis Reset di HP Samsung

Fungsi mereset pengaturan di HP Android salah satunya adalah mengembalikan beberapa settingan ke kondisi awal ketika smartphone tersebut belum dipakai, dengan kata lain semua pengaturan yang kita lakukan di ponsel akan kembali ke pengaturan bawaan Pabrik.

Sebab-sebab HP Harus DiReset


Adapun beberapa permasalahan di HP Android yang umum terjadi dan mengharuskan penggunannya melakukan reset ulang sistem salah satunya sebagai berikut:

1. Aplikasi bermasalah

Ketika ada beberapa aplikasi di HP android tidak bisa dijalankan dengan normal, seperti tiba-tiba menutup sendiri atau bahkan gagal untuk dibuka maka bisa diatasi dengan mencoba terlebih dahulu mencopot aplikasi dan memasangnya kembali.

Namun bila setelah melakukan pemasangan ulang aplikasi ternyata tidak bisa menyelesaiakan masalah, maka opsi reset bisa dilakukan dan cara ini umumnya manjur dan banyak berhasilnya.

Baca tips HP Samsung berikut:


2. HP Terasa Lemot

Ketika HP Android milik kita, entah merek samsung atau tipe lainnya terasa tidak responsif lagi dan cenderung lemot dijalankan, bahkan tidak banyak aplikasi yag terpasang atau dijalankan saat itu, maka opsi melakukan reset ulang bisa dijalankan untuk membuat sistem menjadi fresh kembali.

Perlu diketahui, umumnya HP Android yang cenderung lemot bisa terjadi karena beberapa sebab semisal kehabisan kapasitas RAM untuk menjalankan berbagai aplikasi dan sistem, Ada malware atau virus menyerang siste, ada pengaturan yang salah di beberapa fiturnya, banyak aplikasi yang berjalan di background dan lain sebagainya.

3. Sering Macet atau restart sendiri

Ketika mengalami HP samsung sering tiba-tiba restart sendiri atau bahkan terkadang ketika dipakai HP tiba-tiba macet dan tidak ada respon sama sekali ketika ditombol dan layarnya diam membisu, maka salah satu cara mengatasinya yaitu dengan cara reset ulang.

4. Jaringan Selular dan data bermasalah

Adapun permasalahan pada jaringan internet maupun jaringan selular yang sering terjadi tidak hanya sekali, padahal bisa dilihat dari ponsel milik teman jaringan selularnya bagus maka perlu dicurigai adanya sistem pada jaringan HP yang bermasalah.

Salah satu mengatasi permasalahan jaringan internet, selular maupun jaringan bluetooth yang gagal fungsi bisa diatasi dengan melakukan reset pengaturan.

Pada HP samsung Galaxy seperti Galaxy J2 prime, J7 Prime, J7, Galaxy S8+, Galaxy A5, A7 2017, J3 2016, galaxy S8, S9+, J7 Pro, J5 Prime, Galaxy Note 7 dan beberapa tipe lainnya di fitur reset tersedia 3 tipe opsi reset yang bisa dipilih diantaranya sebagai berikut:

fungsi reset di hp samsung

  1. Reset Pengaturan
  2. Reset Pengaturan Jaringan
  3. Reset data pabrik

Ketiga fungsi reset pada HP Samsung diatas mempunyai fungsi yang berbeda, mulai dari mereset beberapa pengaturan saja sampai melakukan pengembalian settingan ke mode pabrik yang semua datanya bisa terhapus.

Fungsi 3 Opsi reset di HP Samsung Galaxy




Adapun fitur yang sudah disertakan di HP android Samsung galaxy, yang dalam ulasan ini admin fokuskan pada Samsung yang bersistem android marsmallow, ada 3 tipe reset yang disediakan.

Baca Juga Info Samsung berikut :

1. Reset Pengaturan

Untuk tipe yang pertama ini fungsinya untuk mengembalikan semua pengaturan yang telah kita buat di HP Samsung Galaxy agar kembali seperti bawaan pabrik.

Fitur Reset yang satu ini tidak menghapus data di internal memori atau sering disebut sebagai memori perangkat. Begitu juga data aplikasi, data akun dan beberapa pengaturan data lainnya tidak akan terpengaruh oleh fitur reset yang satu ini.

Pengaturan yang dikembalikan oleh jenis fitur ini diantaranya pengaturan user di perangkat, seperti misal pengaturan widget, tampilan layar, tata letak menu, walpaper dan lain sebagainya.

2. Reset Pengaturan jaringan

Untuk fungsi yang satu ini juga tidak akan berpengaruh pada data aplikasi, file data yang ada di memori perangkat, Buku telepon, dokumen, pengaturan tampilan, widget dan lainnya.

Fungsi fitur ini bisa ditebak dari namanya, yakni mengembalikan pengaturan settingan jaringan seperti settingan Bluetooth, jaringan internet dari kartu selular dan juga pengaturan jaringan Wi-Fi maupun hotspot portable di HP Samsung.

Semua data jaringan seperti akses masuk ke Hotspot atau router, SSID yang tersimpan, pengaturan mode jaringan selular 3G atau 4G dan semua settingan yang terkait dengan jaringan akan kembali ke posisi bawaan pabrik.

3. Reset data Pabrik

Nah, untuk fitur yang satu ini fungsinya lebih dikenal sebagai soft reset dan kegunaannya lebih mendetail dari kedua fungsi yang admin sebutkan diatas.

Fitur Reset data pabrik ini akan menghapus seluruh data yang ada di internal memori HP Samsung, setelan dan data aplikasi, seluruh akun yang ada di dalam ponsel seperti akun Google, akun samsung, WA, BBM dan lain sebagainya.

Jadi semua data di perangkat, termasuk file musik, file foto, dokumen, buku telepon, pengaturan tampilan, pengaturan jaringan dan sebagainya akan dikembalikan ke settingan bawaan pabrik.

Untuk opsi yang ketiga ini bisa sangat ampuh untuk memgatasi sistem android HP Samsung yang sedang bermasalah, aplikasi yang sering macet, HP yang sudah tidak responsif, HP Lemot dan lain sebagainya.

Cara reset HP Samsung Galaxy

Adapun untuk cara mengembalikan pengaturan atau mengakses menu reset di HP samsung galaxy bisa melalui cara sebagai berikut:

Cara reset HP Samsung Galaxy

  • Masuk ke menu pengaturan di HP Android samsung
  • Kemudian masuk ke opsi 'Manajemen Umum'
  • Selanjutnya masuk lagi ke opsi 'Reset'
  • Nah di halaman reset yang terbuka anda akan menemukan 3 Opsi seperti yang admin jelaskan diatas, silahkan gunakan menurut keperluan dan problem Smartphone anda.

Itulah beberapa ulasan tentang 3 fungsi fitur reset di HP Android Samsung galaxy yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon