22/04/2018

Cara Soft dan Hard Reset HP OPPO Semua Tipe

Cara Soft dan Hard Reset HP OPPO Semua Tipe - Ponsel OPPO saat ini sudah menjamur di berbagai daerah di Indonesia, dimana kita bisa melihat di gerai penjualan Smartphone tidak luput dari Logo dan spanduk untuk iklan OPPO smartphone yang menampilkan image artis terkenal sebagai brand ambasador produknya.

Cara Soft dan Hard Reset HP OPPO Semua Tipe

Meskipun android itu canggih, namun problem bisa saja terjadi di semua merek ponsel dan tidak terkecuali OPPO. Error di sistem OPPO bisa terjadi karena kesalahan pengguna maupun murni kesalahan aplikasi dan sistem didalamnya.

Baca tips HP OPPO berikut :

Dari berjalannya waktu, kemungkinan terjadi trouble di HP OPPO bisa terjadi sewaktu-waktu. Mulai dari permasalahan yang tergolong ringan karena ponsel masih bisa digunakan sampai problem serius yang menyebabkann Android OPPO tidak bisa menyala dengan normal seperti Bootloop atau stuck di Logo, HP OPPO tiba-tiba mati sendiri, beberapa menu tidak bisa diakses dan lain sebagainya.

Adapun untuk mengatasi permasalahan sistem di HP OPPO harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri Ponsel yang bermasalah sebelum mengambil keputusan untuk mereset sistem sehingga kehilangan data akibat prses factory reset dapat dihindari.

Beda Soft Reset dan Hard reset


Secara singkat, pengertian soft reset di Dunia smartphone adalah melakukan pengembalian pengaturan sistem ke kondisi default atau bawaan pabrikan dengan menggunakan menu yang ada di dalam settingan.

Dan untuk hard reset sendiri artinya melakukan pengembalian settingan dan penghapusan data di sistem android dengan metode recovery mode. Dimana akses menunya tidak melalui user interface settingan di menu android namun recovery diakses ketika ponsel belum masuk ke antarmuka utama android.

Dan untuk proses hard reset sendiri seringkali digunakan saat ponsel mengalami stuck di logo atau istilah lainnya bootloop.

Ciri-ciri HP OPPO minta direset


1. Banyak aplikasi gagal dijalankan

Ketika terjadi tidak hanya satu aplikasi saja yang tiba-tiba berhenti atau bisa berjalan namun tiba-tiba keluar dengan sendirinya, maka bisa dikatakan ponsel OPPO bermasalah dan bisa dilakukan reset sistem.

Ketika hanya satu aplikasi saja yang error di HP oppo, misalnya hanya WhatsApp error dan tidak terjadi pada aplikasi lainnya maka tidak perlu dilakukan reset dan hanya dibutuhkan menangani aplikasi yang bermasalah saja seperti menghapus cache atau data aplikasi tersebut atau mungkin menginstall ulang aplikasi yang error.

2. HP OPPO bootloop

Ketika kita menyalakan OPPO namun hanya tampil logonya saja serta tidak mau masuk ke menu utama android berarti sistem OPPO Bootloop dan bisa dilakukan proses recovery reset.

Menangani HP OPPO Bootloop tidak dapat dilakukan dengan metode factory reset dari antarmuka android karena pastinya user tidak dapat mengakses menu reset, dan cara terbaik adalah via mode recovery reset.

3. HP OPPO Restart terus

Ketika mengalami sistem di Android OPPO tiba-tiba reboot atau restart dengan sendirinya ketika kita asik membuka aplikasi, dan tidak hanya satu aplikasi saja namun di beberapa aplikasi yang kita buka lalu menyebabkan HP tiba-tiba restart sendiri ada kemungkinan sistem rusak atau ada file corrupt didalamnya.

4. Beberapa fungsi Menu tidak normal

Ketika beberapa menu di HP OPPO tidak dapat dibuka, tidak dapat diakses atau bahkan hilang dari tampilan menu maka ada yang tidak beres di sistemnya.

Oleh sebab itu, cara pertama untuk memastikan apakah menu hilang atau menu error ketika dibuka disebabkan oleh sistem yang trouble sebaiknya lakukan reset terlebih dahulu sebelum memutuskan flashing firmware OPPO.

5. HP Lemot dan tidak responsif


Ketika HP OPPO lemot atau tidak lagi responsif seperti baru beli, dan kita tidak mau membersihkan secara manual file sampah dan file cache, entah karena tidak tahu caranya atau alasan malas, maka cara cepat mengembalikan sistem OPPO agar fresh adalah dengan melakukan factory reset (soft reset).

Cara Soft Reset HP OPPO

1. Buka menu Settings di ponsel dan masuk ke opsi 'Backup & Reset'

Cara Soft Reset HP OPPO

2. Kemudian pilih opsi 'reset phone' dan pilih 'erase everything' lalu tekan tombol Yes

3. Tunggu sampai proses factory reset selesai dilakukan oleh sistem dan nantinya HP OPPO akan restart secara otomatis.

4. Setelah masuk ke halaman utama, silahkan lakukan pengaturan ulang layaknya ponsel yang baru beli.

Cara Hard Reset HP OPPO

1. Cara ini biasa disebut recovery reset karena melalui mode recovery dalam keadaan ponsel belum masuk ke halaman utama.

2. Caranya matikan terlebih dahulu Opnsel OPPO

3. Selanjutnya Tekan secara bersamaan tombol volume bawah dan tombol power, jangan dilepas dahulu

Cara Hard Reset HP OPPO

4. Ketika sudah masuk di menu tampilan recovery mode silahkan lepas kedua tombol tersebut

5. Pilih opsi bahasa inggris, kemudian pilih lagi opsi Wipe data and cache.

6. Untuk memilih bisa menggunakan tombol volume atas bawah dan untuk mengeksekusinya dengan menekan tombol power yang berarti Yes atau setuju

7. Tunggu sampai proses Wipe data dan cache berhasil, kemudian lakukan pilihan opsi 'Reboot' untuk memuat ulang sistem.

8. Tunggu sampai tampilan OPPO memuat halaman utama seperti layaknya ponsel yang baru beli, dan bila berhasil maka anda bisa menggunakannya seperti sedia kala.

Semoga tips admin diatas tentang cara soft reset dan juga hard reset di HP OPPO semua tipe bisa bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon