05/05/2018

Berapa Nilai Pertanggungan Asuransi Ruko dan Preminya?

Apakah Asuransi ruko itu penting dan berapa premi serta uang pertanggungannya? - Sebagaimana diketahui Ruko merupakan tempat yang multifungsi, selain bisa untuk tempat tinggal juga bisa dimanfaatkan sebagai area Usaha.

Berapa Nilai Pertanggungan Asuransi Ruko dan Preminya?

Tentunya Ruko yang berfungsi sebagai tempat usaha dan memberikan penghasilan utama menjadi penting artinya bagi pemiliknya. Oleh sebab itu ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan bentuk produk berupa Asuransi ruko.

Pertanyaannya, Penting atau tidak membeli Asuransi ruko?

Asuransi Ruko

Asuransi Rumah Toko atau Ruko adalah bagian dari salah satu produk jasa dari Asuransi Properti dikarenakan ruko juga masuk pada bagian properti.

Keamanan aset properti seperti Bangunannya serta barang yang ada didalamnya tentunya sangat penting artinya bagi pemilik Ruko.

Oleh karena itu, meng-asuransikan tempat yang menjadi usaha kita juga harus difikirkan dari hitung-hitungan jangka panjangnya.

Baca Juga :

Asuransi ruko bisa meminimalkan kerugian dari aset bangunan ruko beserta isinya dari masalah bencana alam, kebakaran, kerusakan, Banjir dan peristiwa lainnya yang dijamin oleh pihak penyedia asuransi.

Perlu diketahui, bahwasanya asuransi ruko sama halnya dnegan asuransi rumah, dimana menggunakan PSAKI atau Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia yang diterbitkan oleh AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia).

Penetapan standar perusahaan-perusahaan asuransi satu dnegan lainnya bisa diseragamkan untuk menetapkan polis standar asuransi sesuai aturan PSAKI.

Paket Jaminan Asuransi

Pada perjalanannya, Paket penjaminan asuransi yang banyak ditawarkan untuk asuransi ruko yaitu asuransi properti All risk.

Paketan all risk asuransi tersebut mencakup perlindungan objek menyeluruh diantaranya :

  • Tanah longsor atau pergerakan Tanah
  • Tsunami, Letusan Gunung berapi, Gempa Bumi
  • Badai, angin topan, kerusakan akibat air dan banjir
  • Perbuatan jahat, pemogokan, huru-hara dan kerusuhan

Jaminan yang diberikan juga sama seperti asuransi properti pada umumnya, dimana jaminan resiko untuk ruko dapat digabungkan dan diperluas dengan beberapa paket penjaminan terhadap seluruh harta benda yang ada di dalam ruko tersebut.

Jadi, tidak hanya fisik bangunannya saja yang dijamin, namun seluruh barang berharga didalamnya semisal benda koleksi dan perhiasan.

Pentingkah membeli Asuransi Ruko?


Ketika ruko yang anda punya menjadi pusat finansial utama kebutuhan anda, dan bisa dibayangkan bila suatu saat ada kejadian kebakaran atau musibah yang tidak kita harapkan maka memiliki asuransi ruko menjadi solusi yang tepat.

Dalam hitungan jangka panjang, bilamana ada musibah semisal kebakaran atau kerusakan karena banjir, tentunya usaha anda akan macet, belum lagi kebutuhan kehidupan dan biaya reparasi ruko juga perlu hitung-hitungan yang cermat.

Dengan memiliki Asuransi Ruko maka secara finansial kita akan mendapat ganti rugi kerusakan.

Bahkan ketika mengacu pada polis asuransinya, pemilik ruko juga bisa terbebas dari biaya arsitek, pembersihan puing, biaya surveyor sampai biaya renovasi bangunan ruko.

Adapun polis asuransi umumnya berlaku periode selama satu Tahun dan bisa diperpanjang lagi sesuai kebutuhan pemilik ruko.

Semakin tinggi tingkat resiko yang terhadap bangunan maka semakin tinggi pula nilai preminya.

Intinya, dari hitung-hitungan matematis kerugian yang diakibatkan kerusakan ruko mulai dari perbaikan dan kerugian materi didalamnya lebih mahal dibanding premi asuransi.

Besaran uang premi dan pertanggungan Asuransi Ruko



Properti All risk polis asuransi dengan cakupan menyeluruh perlindungan seperti kebakaran, banjir, gempa bumi dan huru-hara, biasanya mempunyai perhitungan tidak sampai 2 per seribu dari total aset.

Semisal tertanggung memiliki aset properti 500 Juta Rupiah maka si pemilik properti hanya perlu bayar sebesar 1 juta rupiah.

Jadi gambarannya, dengan uang satu juta, kita sebagai nasabah asuransi ruko bisa membeli jaminan atas aset 500 juta yang kita miliki.

Untuk jenis Polis Standar kebakaran di Indonesia, umumnya nilai premi akan jauh dari angka diatas yakni di kisaran 0,5 per seribu dari total nilai aset.

Adapun kualitas bangunan juga menentukan tingkat tinggi rendahnya premi yang harus dibayar. Secara umum ada 3 kelas konstruksi bangunan yakni : Kelas 1 yang bersifat tahan api, Kelas 2 yang relatif tahan api dan juga kelas 3 yang rentan terhadap resiko kebakaran dan bencana.

Pastinya bila anda mempunyai properti ruko kelas 1 akan membuat biaya preminya lebih rendah dibanding ruko dengan kelas 3 yang lebih beresiko.

Kesimpulannya, Asuransi untuk ruko disini bisa berguna untuk membagi resiko yang ada.

Ketika kita semisal ingin berlibur atau meninggalkan Ruko dalam jangka tertentu pastinya sulit untuk memperkirakan musaibah apa yang nanti bisa terjadi pada properti kita.

Dan disinilah fungsi asuransi ruko menjadi penting, yaitu membagi resiko yang ada dengan membayar premi yang pantas untuk aset yang anda miliki.

Setiap pemilik Ruko pastinya mempunyai penilaian dan pandangan berbeda terhadap Asuransi. Jadi penting tidaknya Asuransi tergantung dari pemahaman dan keputusan masing-masing pemilik properti. Semoga ulasan tentang penting tidaknya beli asuransi Ruka dan hitungan nilai preminya diatas bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih. (sumber referensi dari situs finansialku.com)


Emoticon Emoticon