12/09/2018

6 Cara Dropship Bukalapak Buat Pemula

Sukses dropship di Bukalapak bisa dirasakan oleh siapa saja. Namun yang wajib diingat adalah, kesuksesan dibutuhkan setelah berhasil melalui proses perjalanan yang tidak mudah. Sama halnya dengan melakukan bisnis dropship di Bukalapak. Dewasa ini, bisnis online berupa dropship sangat digemari masyarakat. Apalagi seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Alasannya adalah supaya tidak ribet dan hemat waktu.

Cara Dropshiping di Bukalapak

Lantas, seperti apa mekanisme dropship di Bukalapak? Tenang, caranya sangat mudah. Anda dapat melakukannya meskipun masih pemula dibidang ini.

Bukapalak adalah salah satu e-commerce local yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Pada Bukalapak, ada banyak seller, mulai dari grosir hingga retailer. Itulah mengapa peluang bisnis dropship melalui Bukalapak sangat besar. Karena di sini sistem bisnisnya tidak main-main.

Berikut beberapa langkah agar bisa melakukan dropship di Bukalapak :

1. Membuat Akun

Pada market place manapun, jika ingin bekerja sama alias join sebagai dropshipper, maka Anda wajib membuat akun. Buka website bukalapak.com kemudian login dengan menggunakan identitas sebenarnya. Untuk memaksimalkan usaha Anda, siapkan diri untuk berpromosi melalui semua media social yang Anda miliki. Tentu Anda sudah memiliki akun Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya, kan?

2. Target Produk

target produk dropship bukalapak

Setelah Anda selesai login, langkah selanjutnya adalah menentukan produk yang hendak dijual. Pastikan produk itu Anda ketahui, kenali, dan kuasai dengan jelas. Biasanya kalau Anda suka pada produk tersebut, akan lebih mudah untuk menjualkannya.
Baca Juga Tips Bisnis berikut :


3. Mencari Seller

Target produk sudah didapatkan, maka langkah selanjutnya adalah mencari seller. Ada banyak seller di Bukalapak. Cari tahu lebih detail seputar seller sebelum memutuskan untuk menjalin kerja sama dengannya. Anda bisa melihat seller aktif atau tidak melalui last login di situs Bukalapak.

4. Menghubungi Seller

Setelah seller berhasil Anda temukan, maka hubungi ia. Pastikan Anda mendapat persetujuan untuk melakukan bisnis dropship atas produk yang seller jual. Gunakan bahasa santun dan lakukanlah secara professional. Biasanya kalau Anda menjalankan hal ini dengan baik, Anda pasti bisa menjalin kerja sama dengan seller tanpa ada rintangan.

5. Promosi dan Iklan

Promosi adalah salah satu langkah yang harus Anda maksimalkan untuk menjalankan bisnis ini. Lakukan promosi keren nan elegan. Gunakan semua media social Anda untuk memaksimalkan promosi.

6. Konfirmasi Transaksi

Pastikan konsumen yang membeli tidak mengetahui kalau Anda berjualan menggunakan sistem dropship. Jalin kerja sama yang baik dengan seller. Jangan sampai terjadi kesalahan pengiriman nama online shop, dan sebagainya.



Cara Mencari Supplier di Bukalapak

Mencari supplier di Bukalapak tidaklah sulit dan rumit. Namun Anda diharuskan untuk jeli dalam memilih. Jika Anda terlalu gegabah, bisa bernasib buruk pada bisnis Anda. Ada banyak supplier penipu di luar sana. Salah-salah, uang Anda kirim, barang tidak sampai.

Pastikan Anda telah menyelidiki semua hal yang berkaitan dengan supplier. Mulai dari akun websitenya, media sosialnya, bahkan toko offlinenya secara langsung. Supplier yang bagus biasanya sangat aktif.

Misal, kita Inbox, mereka langsung balas. Selain itu, mereka memberikan pelayanan dengan baik. Produk yang dijual adalah produk up to date, dan mereka aktif untuk mempromosikan produknya. Pastikan kontrak kerja sama dengan supplier berjalan dengan baik, begitu juga jika ada masalah. Misal, barang cacat. Apakah supplier mau menggantinya? Yap. Hal ini harus diperhatikan dengan saksama.

Selain menjadi dropshipper, Anda juga bisa menjadi seorang reseller. Cara reseller di Bukalapak tidak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya. Ada supplier yang mengharuskan untuk membeli 3 pcs terlebih dahulu agar mendapat harga grosir, ada pula yang harus menginvestasikan dana minimal Rp 500.000 agar mendapat harga murah sekaligus discon.

Cara Dropship dari Bukalapak ke Tokopedia

Sebenarnya cara dropship antar market place tidak serumit yang dibayangkan. Bila konsumen belanja di akun Tokopedia Anda, maka belikan produk yang ia pesan pada supplier di Bukalapak. Intinya Anda penghubung di sini. Dan Anda bebas untuk mencari supplier beda market place.

Kemudian, apa beda dropship dari Tokopedia ke Bukalapak? Intinya sih sama saja. Anda tinggal membuka toko online Anda. Kerja sama dengan supplier di Bukalapak, jualnya di Tokopedia. Begitu sebaliknya.


Emoticon Emoticon