05/11/2018

Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi di Semua tipe HP Android

Menonaktifkan update Otomatis aplikasi - Saat kapasitas memori Internal HP Android hampir habis biasanya ditandai dengan tidak bisa memperbarui aplikasi, tidak dapat menginstall aplikasi lain dan bahkan bisa membuat kinerja sistem terasa lemot.


Aplikasi Play store yang terpasang di ponsel android kita menjadi jembatan antara aplikasi yang sudah kita unduh dan terpasang dengan server google play, sehingga disaat developer atau pembuat app melakukan pembaruan versi aplikasinya, maka secara otomatis aplikasi di ponsel kita juga akan ikut diperbarui.

Update secara otomatis aplikasi yang terpasang di smartphone android yang didalamnya terinstall play store sudah disetting sebagai defaultnya. Namun kita bisa mengaturnya supaya pada kondisi tertentu saja aplikasi bisa diperbarui atau bahkan mematikan pembaruan dan kita melakukannya secara manual bila diinginkan.

Cara Menonaktifkan Aplikasi android Update Otomatis


Tips mematikan automatic update app di smartphone android ini bisa dilakukan hampir pada semua tipe android seperti Lenovo, Samsung, Vivo, OPPO, Xiaomi, Realme dan lain sebagainya. Silahkan simak tipsnya di bawah ini:

1. Pertama kali silahkan buka aplikasi google play store di ponsel anda

2. Setelah play store terbuka, masuk ke bagian opsi menu yang letaknya di bagian pojok kiri atas (lihat gambar contoh)


3. kemudian pillih opsi Setelan dan lanjut klik pada opsi 'Update aplikasi secara otomatis'

4. Nah, ada tiga pilihan yang bisa kita sesuaikan menurut selera diantaranya:

setelan play store update

a. Melalui jaringan apapun, dimana opsi ini adalah pengaturan bawaan google play store, yang mana saat kita berada di jaringan Wi-Fi maupun data selular bila ada update terbaru maka secara otomatis aplikasi akan diperbarui.
Baca Juga artikel di bawah ini :


b. Melalui Wi-Fi saja, bila anda termasuk yang irit dan minim kouota data internet selular maka memilih opsi ini menjadi pilihan tepat. Nantinya aplikasi akan secara otomatis ter-update saat berada di jaringan WiFi saja.

c. Jangan update aplikasi secara otomatis, Nah agar tidak ada pembaruan apapun secara otomatis dan kita ingin secara manual mengupdate app, maka pilih opsi ini. Meskipun internet aktif dan berada di jaringan data selular maupun Wi-Fi tidak akan dilakukan update secara otomatis.

Sebenarnya keuntungan memperbarui app secara otomatis di ponsel android yakni kita akan mendapat versi yang terbaru dengan fitur yang tentu saja sudah ditambah atau diimprovisasi agar lebih sempurna.

Versi aplikasi yang lebih baru biasanya akan menambal dan memperbaiki apa saja bug dan kesalahan program yang ada di versi aplikasi sebelumnya, sehingga semakin tinggi versinya bisa semakin stabil dijalankan.

Demikianlah tutorial singkat cara mematikan pembaruan aplikasi agar tidak terjadi otomatis di smartphone android, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon