10/11/2018

Cara Salin dan Pindah Daftar Nomor Telepon HP Samsung Galaxy

Menyalin Daftar Kontak Telepon Android Samsung - Pastinya kita tidak ingin kehilangan deretan nomor telepon yang sudah kita simpan sejak lama di smartphone, entah itu kita simpan di Simcard selular ataupun di memori telepon. Oleh sebab itu menyalin daftar kontak menjadi pekerjaan penting saat ingin berganti smartphone atau mengamankan data saat kita mereset ulang sistem android.

ekspor buku telepon Samsung galaxy

Melakukan copy atau menyalin nomor telepon yang sudah ada di ponsel Samsung galaxy sangatlah mudah dilakukan, karena ada opsi ekspor kontak yang bisa kita gunakan. Begitu juga opsi impor kontak bisa kita pakai saat ingin mengembalikan file buku telepon tersebut ke perangkat lain atau ke ponsel samsung saat data terhapus karena beberapa sebab.

Di tutorial kali ini admin akan membahas cara ekspor daftar kontak telepon di HP Samsung galaxy untuk disimpan di memori eksternal (Kartu MicroSD) dalam format vcf. Dimana format standar daftar untuk daftar kontak adalah vcf, dan file itulah yang diperlukan saat nantinya kita ingin mengembalikan daftar kontak tersebut ke Ponsel Samsung atau ke smartphone lainnya.

Cara Ekspor daftar kontak telepon HP Samsung Galaxy


Di contoh kali ini admin menggunakan smartphone Samsung J2 Prime dengan versi android marshmallow, dan untuk tipe lainnya umumnya sama saja.
Simak juga artikel terkait berikut:


1. Pertama buka aplikasi Kontak di Ponsel Samsung, setelah itu menuju ke opsi menu yang ada di pojok kanan atas

menu salin kontak telepon di samsung

2. Lalu pilih menu Pengaturan, selanjutnya pilih opsi Impor/ekspor kontak

3. Tekan Tombol Ekspor untuk menyalin daftar buku telepon ke media lain

4. Di halaman itu kita akan disuruh memilih dimana letak file kontak akan disimpan, apakah di penyimpanan perangkat, di kartu SD atau disimpan di Kartu SIM selular.

mengekspor kontak ke kartu memori

5. Agar mudah untuk memindah ke perangkat lain apabila diperlukan, maka pilih saja ekspor kontak ke 'Kartu SD', namun syaratnya di smartphone Samsung harus sudah terpasang kartu memori MicroSD ya..

6. Tunggu sampai proses penyalinan atau ekspor daftar kontak berhasil diproses

7. Untuk melihat hasilnya, coba buka aplikasi 'File Saya' dan di deretan file yang ada di kartu SD akan terlihat file bernama 'kontak.vcf'.

file kontak vcf di kartu memori

Cara mengembalikan daftar nomor Telepon di HP Samsung

Nah, cara yang sama bisa kita lakukan untuk mengembalikan file buku telepon tersebut di ponsel Samsung, yakni dengan proses impor kontak, caranya sebagai berikut:



1. Tetap sama urutannya dengan cara mengekspor nomor telepon diatas, yang membedakan kita pilih menu 'Impor'

2. Selanjutnya pilih dimana kita dulunya menyimpan file 'kontak.vcf', kemudian lanjutkan memilih dimana kita ingin menyimpan data impor kontak tersebut, bisa di kartu SIM atau memori perangkat.

3. Lanjutkan sampai proses impor buku telpon selesai.

Itulah cara mudah dan cepat menyalin, backup dan mengembalikan daftar nomor telepon di smartphone Samsung Galaxy, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon