12/11/2018

Cara Mengaktifkan Kunci Layar HP Realme dengan Scan Wajah

Fitur keamanan yang dimiliki smartphone Realme selain fingerprint juga bisa menggunakan pengunci wajah atau face unlock. Jadi kita bisa membuka layar yang terkunci dengan scan wajah tanpa memasukkan PIN Pola ataupun kata sandi, Langsung menghadap ke kamera depan dan bila terverifikasi maka kunci layar akan terbuka.

membuat kunci wajah HP Realme

Kebanyakan pengguna ponsel android masih menggunakan screenlock berupa PIN Password ataupun Pola untuk keamanan meskipun fitur fingerprint dan face unlock sudah disediakan. Hal tersebut dikarenakan pemilik smartphone takut saat ingin membuka kunci layar dengan scan wajah terjadi kegagalan, begitu juga saat memindai sidik jari yang sulit terbaca pada biometrik scanner fingerprint.

Namun sebenarnya tidak perlu ada kekhawatiran tersebut, dimana saat sistem gagal membaca wajah pemiliknya, maka ada opsi cadangan untuk membuka layar ponsel yang terkunci, yakni menggunakan sandi layar yang dibuat ssesaat sebelum mendaftarkan wajah pemiliknya ke sistem android. Baca juga cara mengatasi Lupa kunci layar HP Realme dan juga tips mengunci aplikasi di HP Realme 2 dan 2 Pro

Cara membuat Kunci layar wajah di HP Realme


Sama halnya seperti mengaktifkan face unlock di HP OPPO, kita juga bisa mengaktifkan screenlock menggunakan scan wajah di HP Realme dengan langkah yang sama, karena OPPO dan Realme sama-sama menggunakan ColorOS untuk User interface menunya.

Di bawah ini admin memberikan contoh bagaimana membuat kunci layar wajah di HP Realme 2, hal yang sama juga dapat anda praktekkan di smartphone realme 2 Pro, silahkan disimak.

1. Pertama kali masuklah ke menu Pengaturan pada ponsel Realme

2. Selanjutnya menuju ke menu "sidik jari, Wajah dan Kode pass"

3. Akan tampil beberapa opsi pengunci layar di HP Realme, seperti opsi Kode sandi, Sidik jari, Kata sandi layar kunci dan juga Wajah

pengaktifan kunci face unlock Realme android

4. Nah, sekarang pilihlah opsi 'Wajah', nantinya akan terbuka halaman pembuatan kunci sandi layar, silahkan masukkan 6 digit angka passcode. Catatan: anda harus mengingat sandi tersebut karena nantinya dibutuhkan untuk membuka layar saat scan wajah tidak bisa diakses.

5. Setelah kunci sandi layar dibuat, masuk ke opsi "daftarkan wajah", lalu tekan tombol lanjutkan

6. Sekarang anda bisa mendekatkan wajah ke depan kamera depan ponsel realme, beri jarak antara 20 sampai 50 CM agar pembacaan kontur wajah sukses dilakukan. Begitu juga pencahayaan ruangan jangan terlalu cerah ataupun gelap.

7. Tunggu sampai di layar ada tanda centang yang berarti proses perekaman wajah berhasil disimpan di sistem.

8. Setelah itu keluarlah dari menu Pengaturan HP Realme, dan coba padamkan layar ponsel. Selanjutnya scan wajah anda di depan kamera depan dengan posisi seperti anda merekam face unlock sebelumnya. Bila layar ponsel berhasil terbuka maka pengaturan kunci wajah berhasil anda lakukan, selamat!

Bilamana suatu saat ada kesulitan membuka screenlock Realme dengan scan wajah karena tempat terlalu gelap atau terlalu terang, silahkan gunakan sandi layar untuk membukanya.

Mungkin itu dulu tips singkat tentang cara membuat kunci wajah di HP Realme, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca Detikinfo.com semuanya.


Emoticon Emoticon