09/02/2019

Inilah Perbedaan Realme 2 dan Huawei Y7 Pro, Bagus yang Mana?

Munculnya dua pendatang baru Smartphone Android di Indonesia yakni Huawei Y7 Pro disebut-sebut sebagai saingan produk HP Realme 2, dimana sekilas keduanya tampak mempunyai spesifikasi yang hampir sama namun mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan pada setiap varian tersebut.

Perbandingan HP Huawei Y7 PRO dan realme 2

Dengan harga jual yang murah, HP Realme 2 semakin dikenal masyarakat Indonesia yang suka akan produk smartphone murah dengan spek dan fitur yang bagus. Ternyata kehadiran Realme 2 akan mempunyai rival yakni android Huawei Y7 Pro. Keduanya sama-sama bersaing pada kelas entry-level yang notabene masyarakat paling banyak membeli ponsel dengan banderol murah.

Untuk mengetahui perbandingan dan juga kelebihan masing-masing ponsel yakni Realme 2 serta Huawei Y7 Pro, langsung saja kita simak sekilas ulasannya di bawah ini.

Desain Poni Full Layar

Huawei mempunyai letak kamera depan dengan desain Water-Drop layaknya smartphone terbaru Samsung galaxy M20 dan M10. Dimana model poni depan yang sekecil munkin dengan lengkungan layaknya tetesan air mempunyai kelebihan tampian di layar lebih luas, sehingga tidak banyak menutupi area layar saat aplikasi maupun game sedang dimainkan.

Desain notch realme 2 dan huawei y7 pro

Sedangkan model Poni layar HP Realme 2 tampak lebih kaku dan melebar ke samping. Dimana bila dibanding dengan bentuk letak kamera depan Huawei Y7 Pro yang melengkung kecil, Poni pada realme 2 akan banyak menutupi area layar bila game atau aplikasi dijalankan dengan mode full screen.

Dari sisi ukuran layar, Keduanya mempunyai spesifikasi sama yakni 6,2 inch dengan aspek rasio 19:9 HD+, akan tetapi Realme 2 akan lebih menarik penggunanya karena mempunyai fitur pengaman anti gores pada layar berteknologi Corning gorilla glass 3.

Baca Juga :


Prosesor Snapdragon 450

Chipset qualcomm snapdragon

Sistem yang lancar dan kinerja CPU yang stabil tentu menjadi perhatian serius para produsen smartphone saat ini. Tidak terkecuali HP Huawei Y7 Pro dan Realme 2, kedua gadget ini sama-sama dibekali chipset Qualcomm snapdragon 450 Octa-core dengan clock speed 1,8 GHz. Begitu juga untuk hardware pengolah grafisnya dipercayakan pada GPU Adreno 506. Jadi saat menjalankan game berat dan proses aplikasi multitasking akan ringan tanpa lag.

Meskipun sama-sama menggunakan Snapdragon pada chipsetnya, memori RAM (Random Access Memory) menjadi perangkat penting untuk membantu kinerja CPU untuk mengolah data agar lebih cepat. Semakin kecil RAM semakin membuat Lemot sistem dan ponsel seringkali panas karena prosesor harus bekerja ekstra untuk memproses data.

Ada dua Varian Realme 2 yang ada di pasaran yaitu RAM 3GB + ROM 32GB dan juga RAM 4GB + ROM 64 GB. Tentunya peminat smartphone android bisa memilih sesuai budget yang ada. Dan Huawei Y7 Pro hanya punya satu tipe varian saja yaitu dengan RAM 3GB plus ROM 32 GB.

Keduanya juga ada memori tambahan untuk ruang microSD, tapi keunggulan ada pada HP Huawei Y7 Pro yang mempunyai limit penyimpanan sampai 512 GB. Sedangkan untuk Realme 2 ada di bawahnya yaitu limit memori Eksternal sebesar 256 GB saja. Tapi anda tidak perlu berkecil hati, karena saat ini memori MicroSD yang banyak beredar dan umum ada di pasaran masih sebatas 64 GB sampai 128 GB. Bilapun ingin beli yang berukuran lebih dari 128GB tentunya masih banyak yang berfikir ulang karena harganya selangit.

Adapun spesifikasi baterai Realme 2 adalah 4.230 mAh, lebih besar sedikit dayanya dibanding Huawei Y7 Pro yang hanya 4.000 mAh. Daya diatas empat ribu mAh sudah termasuk besar dibanding beberapa produk smartphone android dengan kelas yang sama, apalagi dengan chipset dan sistem operasi terbaru pastinya daya hidup akan lebih lama.



Kamera Ganda di belakangnya

Smartphone Huawei Y7 PRO dan Realme 2 sama-sama mempunyai spesifikasi kamera belakang berupa double camera, masing-masing beresolusi 13 megapixel dan 2 megapixels. Begitu juga keduanya sama mengusung fitur kamera AI teknologi atau kecerdasan buatan, sehingga hasil jepretan foto semakin sempurna.

Di bagian kamera depannya, juga mempunyai fitur yang sama yakni sensor kamera beresolusi 8 MP. Dan kelebihan yang dimiliki Y7 Pro ada pada fitur Easy Hands-Free Shooting-nya.

Fitur Biometrik

Kekurangan Y7 Pro dalam hal kunci keamanan yakni tidak adanya scanner sidik jari seperti yang ada di Realme 2 yang bahkan ada fitur face unlock yang tersemat di bagian kamera depannya.

Jadi bagi anda yang sangat perhatian dengan keamanan sistem dan ingin memiliki smartphone dengan kunci layar berupa scan wajah dan fingerprint maka pilihan bisa anda jatuhkan ke Realme 2.

Berapa Harga Y7 Pro Huawei dan Realme 2 ?

Di Indonesia Harga HP Realme 2 dikisaran Rp 2.199.000 dengan RAM 3GB + ROM 32GB, Sedangkan Rp 2.599.000 untuk varian RAM 4GB + ROM 64GB. Tapi pada beberapa waktu ini ada penurunan harga Realme 2 sekitar Dua ratus Ribuan di beberapa pelapak smartphone.

Harga Huawei Y7 Pro sebenarnya hampir sama dengan Realme 2 yakni Rp 1.999.000, dan tentunya kalkulasinya disamakan dengan penurunan harga Realme.

Nah, Mau pilih yang mana, HP Huawei atau Realme ?, semua terserah pilihan sobat pembaca, dimana keduanya ada beberapa keunggulan di salah satu fitur dan kekurangan di fitur lainnya. Dan untuk rate harga yang tertera diatas bisa setiap saat berubah tanpa pemberitahuan, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon