13/02/2019

Cara Format Kartu Memori di HP Samsung Galaxy dengan Aman dan Cepat

Format Memori di HP Samsung - Di saat kondisi tertentu sebuah memory Card atau kartu SD terkadang perlu untuk dilakukan format ulang. Bahkan banyak pemilik HP Samsung Galaxy yang baru saja membeli MicroSD baru juga terlebih dulu memformat ulang meskipun sebenarnya media penyimpanan tersebut bisa langsung untuk digunakan.

formatting SD Card MicroSD di HP Samsung

Beberapa alasan dan sebab kartu MicroSD dilakukan formatting ulang adalah file dalam memori sulit terbaca, lambat diakses, selalu gagal menyimpan aplikasi atau jenis file tertentu, terkadang terdeteksi kadang tidak muncul filenya, ada virus yang banyak menginfeksi file sehingga khawatir tidak bersih total saat dipindai dengan antivirus serta beberapa penyebab lainnya.

Tidak selalu proses format itu harus menggunakan media Komputer atau laptop, Dari smartphone seperti Android Samsung pun juga dapat digunakan untuk format memori MicroSD, bahkan lebih mudah dan cepat.

Jadi apapun merk kartu MicroSD yang terpasang di HP Samsung galaxy bisa diformat di menu yang disediakan, semisal merk kartu SD V-GEN, Samsung, Transcend, Sandisk dan lain sebagainya. Namun yang perlu diingat, setiap tipe ponsel ada limit maksimum ukuran kapasitas memori.

Simak juga:


Cara Format Kartu SD di Samsung Galaxy


1. Pastikan dulu kartu MicroSD terpasang dengan benar di slot memori

2. Selanjutnya Buka menu pengaturan, lalu menuju ke menu Pemeliharaan Perangkat

\menu pemeliharaan perangkat di HP Samsung

3. Kemudian masuk ke "Penyimpanan", letaknya ada di deretan ikon bagian bawah

4. Lalu kik pada ikon titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan Penyimpanan

5. Selanjutnya pilih Kartu SD dan lanjutkan memilih Format

format microSD di Samsung

6. Setujui notifikasi yang muncul, yang menandakan kalau proses format akan menghapus seluruh data yang ada di ruang Memori.

7. Tunggu sampai proses pemformatan MicroSD berlangsung, waktunya singkat, jadi bersabar sejenak. Setelah itu kartu SD siap untuk digunakan kembali.

Mengapa Memori tidak terdeteksi di HP Samsung ?





Bila kejadiannya demikian, Kartu MicroSD tidak terdeteksi di smartphone, silahkan lepas kartu, pastikan pada setiap PIN yang berupa lempengan tembaga di balik kartu tidak ada yang rusak atau kotor, lalu tancapkan kembali dengan benar. Kemudian nyalakan ulang HP samsung.

Bila berulangkali dicoba melepas dan pasang kartu SD namun tetap tidak terdeteksi, silahkan coba memasukkan ke smartphone lain, boleh pinjam teman.

Dan apabila kejadiannya sama, tetap tidak bisa diakses, cara pengecekan terakhir adalah melalui perangkat komputer, Bila terdeteksi silahkan format dari komputer dengan memilih sistem FAT atau FAT32 agar kompatibel dan terbaca oleh smartphone.

Demikianlah pembahasan tentang cara memformat ulang memory card di smartphone samsung galaxy beserta permasalahannya. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon