19/02/2019

Cara Setting Kekuatan Jangkauan Sinyal WiFi Router Netis

Jangkauan sinyal WiFi yang dipancarkan Hotspot dari router Netis dapat diatur sesuai keinginan pemiliknya. Dimana dalam kondisi bawaan pabrikan, Router akan memancarkan sinyal dengan kekuatan penuh 100 persen dan nantinya kita bisa menurunkan transmit powernya untuk tujuan tertentu semisal hanya area dalam rumah saja yang dapat menjangkaunya.

mengatur kekuatan sinyal wifi router netis

Sinyal transmitter yang dipancarkan wireless dari sebuah router, apapun mereknya semisal Tenda, Netis, TP-LINK, LinkSys dan lainnya akan berlainan kekuatan serta jangkauannya. Semakin bagus kekuatan sinyalnya biasanya semakin mahal pula harganya.

Namun untuk router kelas rumahan atau kantor dengan ruangan skala kecil sudah banyak tipe Router yang dijual murah sekitar 150 ribuan dan berkualitas, Sebagai contoh merek Netis WF2419E, WF2411, WF2710 dan lain sebagainya. Simak juga tips mengubah SSID dan Password WiFi Router Netis.

Dan kali ini admin akan membahas bagaimana caranya membatasi kekuatan sinyal hotspot, semisal tidak sampai jauh keluar area rumah dengan tujuan agar penggunaan atau client hanya radius jarak dekat saja, tidak seperti settingan defaultnya.

Sebagai contoh, misalkan sebelumnya router Netis yang memancarkan hotspot WiFi milik anda jangkauannya sampai 20 meter, tetangga anda yang berjarak tiga rumah bisa terhubung, maka dengan mengecilkan settingan transmit powernya maka jangkauannya bisa dikurangi menjadi 10 meter saja.

Di bawah ini saya contohkan bagaimana setting jangkauan kekuatan pemancar WiFi di Router Netis WF2419E dari HP Android. Anda juga bsia menggunakan komputer, iPhone atau smartphone OS lain.

1. Hubungkan ponsel ke jaringan WiFi terlebih dulu

atur jangkauan sinyal hotspot router netis

2. Buka Aplikasi browser di HP Android, lalu di bagian alamat ketik IP Netis (defaultnya) yaitu 192.168.1.1, atau bisa anda ketik netis.cc

3. Untuk login, bila password belum diganti berarti menggunakan username: admin dan password: password. Ada sebagian tipe Netis router nama pengguna: admin dan untuk kata sandinya: admin




4. Setelah halaman utama terbuka, masuk ke menu Advanced

5. Selanjutnya pada bilah kiri, masuk ke menu Wireless > Wireless Advanced

6. Pada opsi transmit power silahkan pilih kekuatan sinyal antara 15 persen sampai 100 persen, semakin kecil prosentasenya maka jangkauan WiFi semakin pendek.

7. Setelah itu jangan lupa menekan tombol Save untuk menyimpan setelan.

Yang perlu diperhatikan, sebenarnya pengaruh kuat tidaknya sinyal WiFi dari router Netis atau tipe lain juga dipengaruhi masa pakainya, banyaknya penghalang seperti tembok rumah, pohon, perabot rumah dan lain sebagainya.

Meskipun kita atur transmi sinyal posisi 100 persen, kalau penempatan router ada banyak penghalang disekitarnya maka tidak akan menjangkau terlalu jauh dibanding menempatkan router semisal di ruang tamu, dekat pintu masuk rumah dan beberapa tempat yang tidak banyak sekatnya.


Emoticon Emoticon