07/10/2019

Cara Mengirim File Dokumen PDF DOC PPT via WhatsApp

Selain via Email kita bisa mengirim file dokumen seperti PDF, Word, Excel, file presentasi ppt, berkas terkompresi (Contoh: Zip, Rar) dan beberapa lainnya melalui aplikasi WhatsApp. Jadi tidak hanya gambar foto, video dan suara saja yang bisa kita kirim, hampr semua format file bisa dikirim melalui aplikasi chatting terpopuler di dunia saat ini yakni WA.

cara mengirim file dokumen di WA

Banyak pengguna WhatsApp yang memanfaatkan fungsi berkirim pesan gambar maupun video, dan untuk mengirim file selain itu menggunakan layanan email yang sudah umum dilakukan. Padahal, dengan aplikasi WA kita bisa mengirim file dokumen secara cepat sambil ngobrol dengan teman tanpa membuka aplikasi lain seperti Gmail ataupun google drive.

Semisal anda memiliki tugas untuk membuat file presentasi dengan format ppt / pptx, atau mengerjakan tugas mengetik di word. Lalu hasilnya disuruh mengirim via WhatsApp, caranya mudah. Silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Kirim File Dokumen via WA

tombol menu kirim dokumen di whatsApp

  1. Persiapkan file yang ingin dikirim di memori ponsel anda
  2. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih kontak teman yang ingin anda kirimi file tersebut
  3. Pada halaman chatting, di bagian bawah pilih menu tautan berupa ikon klip kertas yang letaknya di samping ikon kamera.
  4. Lalu pilih menu "Dokumen", lanjutkan mencari dan memilih file yang ingin dikirim
  5. Setelah selesai memilih, langsung saja tombol kirim.

Baca Juga: Cara menyimpan Foto dan Video Status WA ke memori HP

Selain melalui antarmuka langsung dari aplikasi WA seperti diatas, ada cara lain untuk mengirim file dokumen seperti Word, Excel, File presentasi via WhatsApp seperti berikut ini.

  • Buka berkas di memori smartphone, anda bisa membukanya melalui aplikasi File manager (Setiap tipe ponsel berbeda nama pembuka berkasnya)
  • Setelah itu carai file dokumen dan seleksi atau beri tanda centang
  • Pilih opsi Berbagi (Share), kemudian pilih ikon WhatsApp
  • Cari nama teman atau kontak tujuan dan kirim.
kirim berkas dokumen di WA

Bila ada pertanyaan, bagaimana cara membuka file Dokumen Word berformat DOCX, Excel (xlsx), Presentasi (pptx) dan PDF dari kiriman teman di WA ?.

Untuk membuka atau melihat isinya, tentu di ponsel harus terpasang aplikasi seperti WPS Office, MS Office dan aplikasi yang mensupport file-file tersebut.

Begitu pula bila anda menerima file berformat RAR atau ZIP lalu bingung bagaimana membukanya, andda harus install dulu aplikasi kompresi seperti Zip Tool, WinZip, Easy Unrar, Ekstrak RAR dan masih banyak lainnya.

Itulah tips singkat tentang caa mengirim pesan file dokuen melalui aplikasi WA, semoga bermanfaat untuk sobat pembaca DetikInfo.


Emoticon Emoticon