19/01/2020

Setting Youtube Tidak Mati Suaranya Saat Layar HP Dimatikan

Setting Youtube Tidak Mati Suaranya Saat Layar HP Dimatikan

Banyak pengguna Smartphone android menginginkan saat layar HP dimatikan video di youtube tetap terdengar suaranya. Tujuannya tentu hanya untuk menghemat baterai dan ingin suaranya saja yang didengarkan, seperti mendengar musik atau lagu, ceramah, pidato dan lain sebagainya.
layar HP nonaktif youtube bisa jalan

Di aplikasi bawaan youtube sampai saat ini belum ada fitur untuk berjalan pada background sistem ponsel. Sehingga saat layar ponsel dimatikan dengan menekan tombol power atau beralih ke aplikasi lain maka yutube aka berhenti juga. (Baca juga Cara nonton Youtube Premium tanpa berlangganan bulanan)

Padahal ada cara paling mudah untuk memutar youtube meskipun layar ponsel dinonaktifkan, sehingga hanya suaranya saja yang terdengar tanpa melihat tampilan videonya. Seperti ingin menikmati daftar musik yang durasinya panjang sehingga baterai tidak boros saat mendengarkan.

Seperti layaknya di perangkat komputer (PC), untuk mengakses youtube hanya memerlukan browser yang memiliki kelebihan bisa memutar suara meskipun layar dalam kondisi mati atau nonaktif. (Baca juga tutorial : Mencari Video youtube yang sudah diputar sebelumnya)

Jadi untuk pengguna smartphone android, bila ingin memainkan video di youtube namun hanya ingin mendengarkan suaranya saja meskipun tampilan layar HP dimatikan, maka bisa menggunakan browser bawaan ponsel atau peramban lain seperti Chrome, Opera, Safari, firefox dan lain sebagainya.

Simak tips dibawah ini untuk mendengarkan musik, pidato, ceramah dan selainnya di youtube tetap menyala walaupun layar HP kita matikan.

1. Bukalah aplikasi browser bawaan ponsel atau selainnya (Admin mencontohkan menggunakan Chrome).

2. Lalu akses alamat Url youtube.com , biasanya tampilan akan mode mobile layaknya di aplikasi.

3. Kita perlu mengubahnya ke mode tampilan desktop, caranya buka menu di pojok kanan browser.

tampilan youtube desktop di HP android

4. Kemudian beri centang pada opsi 'Situs Desktop', sehingga halaman akan memuat ulang dan tampilan menjadi seperti di komputer dan huruf terlihat kecil.

5. Untuk memperbesar tampilan bisa mencubit layar dengan dua jari ke luar atau kedalam. Setelah itu, cari video yang inginkan dan mainkan.

6. Setelah berjalan, tutup aplikasi browser dengan menekan tombol Navigasi Home di ponsel.




7. Lalu buka tampilan notifikasi, seperti biasa caranya usap layar dari atas ke bawah.

8. Akan tampak notifikasi browser seperti layaknya anda memutar lagu atau musik lengkap dengan tombol play, next atau prev.

9. Silahkan tekan tombol play yang sebelumnya kondisi pause untuk meutar kembali suara video youtube yang tadi anda tutup.

10. Setelah bersuara, coba matikan layar ponsel. Suara video dari browser masih akan terdengar meskipun layar nonaktif.

Bila ingin menghentikan cukup dengan menekan tombol pause. Dan bila ingin kembali memilih daftar video atau channel lagi, cukup jalankan browser kembali karena masih belum tertutup aplikasinya alias berjalan di background sistem.

Namun bila ingin menutup browser sehingga youtube yang berjalan ingin dimatikan, bisa dilakukan seperti pada aplikasi lainnya, yaitu cukup menekan tombol Silang pada notifikasi atau dengan membersihkannya dari tombol recent apps pada bilah navigasi.

Simak Video Tutorial Youtube di bawah ini agar lebih jelas:


Bagaimana, cukup mudah bukan cara memainkan youtube dalam kondisi layar ponsel nonaktif sehingga hanya terdenga suaranya saja ?, semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon