04/02/2020

2 Cara Reset / Format pada HP Realme 5 dan 5 Pro

2 Cara Reset / Format pada HP Realme 5 dan 5 Pro

Mengembalikan kondisi sistem HP Android ke versi bawaan pabrik biasa disebut dengan factory reset. Demikian halnya dengan smartphone Realme 5 / Pro, ketika mengalami problem seperti hanya tampil logonya saja (Bootlop), Realme lupa kunci masuk layar, aplikasi tiba-tiba berhenti, sistem terasa lemot, masalah wifi dan permasalahan lain bisa diatasi hanya dengan melakukan reset.

cara format sistem realme 5 / pro

Bahkan seringkali saat ingin menjual ponsel, hal yang wajib dilakukan adalah membersihkan seluruh data penting didalamya dengan cara format atau wipe data, seperti menghapus akun google, Akun media sosial, data aplikasi, file di galeri, menghapus kontak dan lainnya.

Melakukan format sistem pada HP Realme 5 atau 5 Pro bisa dilakukan dengan dua metode berbeda, yaitu Soft reset dan hard reset.
Baca Juga :


Dimana beda keduanya hanya terletak pada cara mengakses menu resetnya saja. Bila HP Realme masih bisa menyala dan mengakses menu pengaturan, maka untuk proses soft reset bisa dilakukan.

Namun sebaliknya, Hard reset bisa dijalankan ketika HP Android kondisinya bootlop, hanya muncul tulisan logonya saja dan tidak bisa masuk ke tampilan utama.

Cara Soft Reset Realme 5 / 5-Pro


Proses factory reset ini bisa untuk mengatasi beberapa problem seperti HP Realme sistem lemot, aplikasi selalu keluar sendiri atau macet, Jaringan WiFi mati-hidup, terinfeksi virus atau malware dan keperluan lainnya.

1. Buka menu setting > Additional Settings (Bila ponsel Realme berbahasa indonesia, maka sesuaikan arti setiap menunya ya..)

2. Masuk ke opsi Back Up and Reset, lalu pilih Reset in Factory Setting.

backup and reset realme

3. Pilih Clear All Data bila ingin total memformat data di ponsel

4. Tekan tombol Clear Data pada notifikasi yang muncul dan tunggu ponsel restart sendiri otomatis.

reset factory setting reamle 5

5. Tunggu proses Wipe data berjalan dan kembali sistem akan restart kedua kalinya.

6. Tunggu lagi sampai sistem booting dan keluar halaman select language atau pemilihan bahasa, berarti realme sudah berhasil direset.

Hard Reset Realme 5 / 5-Pro (Recovey Mode)





Bila kondisi Realme 5 bootlop alias tidak bisa masuk ke halaman utama layar, cuma tampak logonya saja dan selalu restart sendiri. Maka untuk mengakses menu reset harus masuk ke mode recovery, caranya sebagai berikut.

1. Kondisikan daya baterai sudah di-cas sekitar 50 persen keatas dan matikan ponsel.

2. Selanjutnya tekan tombol daya + volume bawah secara bersamaan, tekan terus jangan dilepas dulu.

3. Bila sudah muncul logo Realme dan dibawahnya ada logo Powered by Android, lepaskan kedua tombol tersebut.

reame recovery mode reset

4. Bila halaman recovery mode muncul, pilih bahasa 'English', Gunakan tombol volume untuk menaik turunkan pilihan dan tombol daya untuk melakukan ekseskusi perintah.

5. Di halaman berikutnya pilih menu Wipe Data, dan pilih opsi "Format Data"

6. Bila ada notifikasi untuk memasukkan kode, silahkan masukkan kode yang sudah tertera di layar ponsel untuk proses verifikasinya.

wipe data realme 5 / 5pro

7. Setelah menekan tombol OK, maka proses Wipe data akan berlangsung, tunggu dan jangan matikan paksa ponsel.

8. Bila selesai, pilih menu Reboot untuk memulai memuat ulang sistem realme

9. Tunggu sampai halaman utama pilihan bahasa muncul, yang berarti proses factory reset sudah berhasil dilakukan.

Peringatan ! pastikan melakukan backup data penting sebelum memutuskan reset ulang HP android, sebab data akan terhapus semua dan tidak dapat dikembalikan seperti semula.

Itulah dua metode mengembalikan pengaturan sistem HP Realme ke versi pabrikan, yaitu dengan soft dan hard reset. Smeoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan dengan mudah, terima kasih.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon