25/04/2020

Cara Kirim Foto Video dan Aplikasi dari HP ke Laptop tanpa Kabel Data

Cara Kirim Foto Video dan Aplikasi dari HP ke Laptop tanpa Kabel Data

Mengirim data antar perangkat smartphone ke Komputer bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti via kabel USB, Jaringan Hotspot WiFi maupun via Bluetooth. Namun bagi yang ingin cara mudah transfer file dari HP ke PC bisa melalui jaringan WiFi bila tidak ingin menggunakan kabel data sebagai media transfernya.
Kirim foto video dan aplikasi dari HP ke laptop

Mungkin banyak yang sudah mengetahui aplikasi bernama Shareit yang populer untuk proses transfer file seperti Foto, Video, Musik, Aplikasi dan data lainnya. Namu sebenarnya masih banyak aplikasi serupa yang bisa dicoba, salah satunya adalah XENDER.

Aplikasi Xender sendiri menurut pendapat saya pribadi sangat cepat dan mudah dalam penggunaannya. Begitu juga dalam prakteknya, hanya di smartphone saja yang harus dipasang xender dan di perangkat tujuan seperti laptop tidak perlu menginstall aplikasinya.

Aplikasi Xender memanfaatkan jaringan yang sama dari kedua perangkat yang ingin dihubungkan. Jadi bila dirumah ada WiFi, maka Ponsel dan laptop harus terlebih dahulu terhubung ke router atau jaringan WiFi yang sama.

Bila dirumah tidak memiliki router WiFi, bisa menggunakan hotspot portable smartphone. Aktifkan dulu hotspot di HP Android dan sambungkan komputer / Laptop dengan jaringan ponsel.

Cara Transfer File dari HP ke laptop tanpa Kabel USB


Cara kirim file di aplikasi xender

  1. Download dan pasang aplikasi bernama Xender melalui google play store
  2. Setelah terinstall, jalankan Xender dan pilih menu pada pojok atas dengan ikon "+" dan pilih Connect PC
  3. Buka aplikasi browser di laptop (Bisa Chrome, Firefox, Opera dan sebagainya)
  4. Akses alamat IP yang sama dengan yang tampil di aplikasi browser
  5. Bila ada notifikasi sambungan, tekan tombol Terima supaya kedua perangkat terhubung
  6. Misalkan ingin kirim foto ke laptop, cukup beri tanda centang file yang diinginkan, lalu tekan tombol Download

Video tutorial lengkap Transfer data HP ke PC


Kita juga dapat transfer data dari laptop ke Ponsel android dengan Xender, caranya cukup mudah, pilih file mana yang ingin dikirim, lalu seret dan masukkan ke folder yang diinginkan.

Bahkan dengan aplikasi Xender kita bisa menyimpan file APK aplikasi di ponsel ke penyimpanan laptop, Untuk berjaga-jaga bila suatu saat ingin menginstall aplikasi secara manual dengan file APK tanpa melalui play store.

Itulah tips mudah melakukan transfer data melalui jaringan WiFi tanpa kabel USB dari ponsel android ke Laptop, semoga bermanfaat dan jangan lupa subscribe Like dan comment videonya.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon