03/07/2020

Cara Cek Tagihan BPJS Tanpa Install Aplikasi JKN Mobile

Cara Cek Tagihan BPJS Tanpa Install Aplikasi JKN Mobile

Banyak peserta BPJS kesehatan yang bingung berapa tagihan iuran yang nantinya harus dibayar. Dimana besarnya biaya mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 akhir-akhir ini ‘selalu’ berubah-ubah sesuai peraturan Pemerintah.
cek biaya tunggakan bpjs online

Dibalik semua polemik dan permasalahan yang ada di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, Admin tidak akan membahasnya. Fokus pembahasan kali ini hanya seputar cara melakukan pegecekan Online tagihan BPJS tanpa menginstall aplikasi JKN Mobile di smartphone.

Mungkin anda termasuk salah satu peserta BPJS Kesehatan yang ingin mengetahui berapa besarnya tagihan yang harus dibayar sebelum melakukan pelunasan bulanan.

Bahkan bagi yang khawatir berapa denda yang harus dibayar karena keterlambatan pembayaran iuran BPJS, bisa dilakukan pengecekan dengan menggunakan Aplikasi JKN maupun secara online menggunakan browser di ponsel atau komputer.

Cara Cek Iuran BPJS online tanpa install Aplikasi


Banyak pengguna smartphone yang malas untuk menambah dan memasang aplikasi dengan beberapa alasan, seperti ruang penyimpanan sudah hampir habis atau menambah lemot ponsel dan alasan lainnya, Bisa melakukan cara di bawah ini untuk memeriksa berapa tagihan BPJS maupun denda yang harus dibayarkan.

cara memeriksa tagihan BPJS online via HP android

  1. Pastikan koneksi internet sudah tersambung di smartphone (Bisa juga menggunakan perangkat komputer)
  2. Kunjungi alamat website resminya di sini > Cek iuran BPJS Online
  3. Bila muncul notifikasi di layar untuk Download BPJS Mobile, tekan saja tombol Cancel
  4. Setelah itu masukkan 13 angka atau nomor ID kartu peserta BPJS
  5. Lalu masukkan tanggal lahir sesuai yang tertera di kartu
  6. Ketik angka yang tertera di gambar untuk proses validasi, lalu tekan tombol Cek
  7. Bila data ditemukan, maka di bawah tombol Cek akan terisi nama, nomor dan status peserta beserta jumlah anggota keluarga
  8. Di bawahnya ada kolom yang terisi data berupa Tagihan, Denda, Tanggal pembayaran, Saldo dan keterangan lainnya, Geser kolom kekanan untuk melihat informasi lain.

Dari keterangan yang ditampilkan tersebut bisa membantu peserta BPJS untuk mengetahui berapa tagihan bulanan yang harus dibayarkan, sehingga semisal ada berita kenaikan atau penurunan iuran bisa langsung di cek via Online saat itu juga.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon