25/09/2020

Cara Melihat Kode Virtual Account Kartu BPJS untuk Pembayaran via Bank

Cara Melihat Kode Virtual Account Kartu BPJS untuk Pembayaran via Bank

Para peserta asuransi BPJS kesehatan disaat ingin membayar iuran bulanan melalui Bank harus mengetahui kode virtual account (VA) dari kartu miliknya. Dimana setiap anggota pasti memiliki kakun virtual tersebut dan sewaktu-waktu bila ingin melunasi tagihan melalui Bank BNI, MANDIRI, BTN atau BRI tidak kebingungan saat sudah didepan mesin ATM, via internet maupun mobile banking.

kode virtual BPJS bankg BNI MANDIRI BRI BTN

Virtual account BPJS adalah rekening virtual yang diperuntukkan untuk identifikasi pembayaran melalui bank tertentu yang sudah bekerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan seperti Bank Mandiri, BTN, BNI maupun bank BRI.

Adapun kode virtual Account sebenarnya bisa dihafal dengan mudah karena masih terkait dengan angka yang ada di kartu peserta. Hanya ada penambahan dan merubah angka di depan kartu dengan kode virtual untuk masing-masing Bank yang diinginkan.

Adapun cara mengetahui dimana letak kode virtual account kartu BPJS meskipun tidak pernah menghafal angka nomor kartu peserta bisa menggunakan aplikasi JKN mobile dari smartphone.

Simak juga Cara pembayaran BPJS otomatis dari rekening Bank Mandiri dengan metode Auto debit dan cara Cek tagihan iuran BPJS tanpa menggunakan aplikasi JKN mobile.


Cara melihat kode virtual account BPJS

 
melihat kode akun virtual BPJS bank mandiri BNI BRI BTN

  1. Pastikan sudah memasang aplikasi JKN Mobile dari google play store
  2. Bila sudah, buka dan login ke akun BPJS sobat
  3. Pilih menu Cek VA, Letaknya ada di deretan menu paling akhir
  4. Setelah menekan Opsi Cek VA akan tertera daftar kode virtual account kartu BPJS


Bila anda perhatikan, kode virtual BPJS untuk setiap bank hampir sama, hanya Bakn mandiri saja yang memiiki awalan kode 89888. Untuk kode Virtual account pembayaran melalui Bank BNI, BTN dan BRI angka awalannya sama yaitu 88888.

Meskipun tanpa membuka aplikasi JKN Mobile, kita dapat dengan mudah menuliskan kode akun virtual sesuai Bank yang digunakan untuk membayar iuran BPJS. Cukup menambah lima angka didepannya dan diikuti nomor kartu BPJS dengan menghilangkan angka Nol dua didepannya.


Sebagai contoh Nomor kartu BPJS adalah 0002234567890, maka untuk metode pembayaran BPJS melalui ATM maupun mobile banking bisa dilihat cara penulisan Virtual account-nya sebagai berikut:

 

Virtual Account BPJS Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI


  • BTN : 8888802234567890
  • BRI : 8888802234567890
  • BNI : 8888802234567890
  • MANDIRI : 8988802234567890

Selain bisa untuk mengecek Nomor VA kartu BPJS kita, dengan aplikasi JKN mobile para peserta bisa memperoleh berbagai informasi, seperti dapat melihat riwayat pembayaran beberapa bulan sebelumnya, melihat denda keterlambatan pembayaran, melihat kartu secara virtual, merubah data peserta seperti menambah atau mengurangi dan lain sebagainya.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara mengetahui nomor kode virtual account BPJS untuk pembayaran melalui Bank BTN, Mandiri, BNI dan BRI, semoga bermanfaat

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon